Contoh Teks Cerita Sejarah Non Fiksi

Konten

Judul Teks Cerita Sejarah:

Meninggalnya Nelson Mandela, Kebanggaan Dunia

Orientasi:

Nelson Mandela meninggal dunia dalam usia 95 tahun, ia meninggal karena penyakit infeksi paru di kediamannya, Johannesburg, Afrika Selatan, pada 5 Desember 2013.

Urutan Peristiwa:

Seluruh penjuru dunia memberikan ucapan duka atas kepergiannya. Mandela yang merupakan mantan Presiden Afrika Selatan ini bahkan semasa hidupnya pernah diberi gelar sebagai pahlawan penentang apartheid.

Mandela merupakan tokoh inspirasi bagi dunia karena gerakannya menentang diskriminasi. Dengan tegas, Mandela menolak adanya dominasi kulit putih ataupun dominasi kulit hitam.

Atas gagasannya tersebut, ia berhasil meraih Nobel Perdamaian pada tahun 1993. Selain itu, ia juga mendapatkan penghormatan yang luar biasa dari kalangan masyarakat dunia.

Hampir 100 kepala negara yang menghadiri upacara penghormatan resmi yang berlangsung di Stadion FNB, Soweto, Afrika Selatan, pada 10 Desember 2013.


Para pemimpin yang selama ini berbeda pandangan selama puluhan tahun berada di panggung yang sama untuk memberikan penghormatan kepada Mandela. Tidak terkecuali Presiden AS saat itu Barrack Obama, dan Presiden Kuba, Raul Castro.

Reorientasi:

Setelah meninggal, Nelson Mandela dimakamkan di Desa Qunu, tempat ia menghabiskan masa kecilnya dengan adat Xhosa, pada 15 Desember 2013.

Pemakaman ini dibangun Mandela setelah ia terbebas dari penjara pada tahun 1990 di tanah luas milik keluarga yang dibangun Mandela sendiri.

Mandela pernah dipenjara selama 27 tahun dari tahun 1964 sampai 1990 oleh pemerintah rezim kulit putih yang rasial.

Sebelum dimakamkan di Desa Qunu, jenazah Mandela sempat disemayamkan selama tiga hari di Union Buildings di Pretoria.

Pada tahun 1944, tempat tersebut merupakan tempat dirinya dilantik menjadi presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan.

Sekian contoh teks cerita sejarah non fiksi. Semoga bermanfaat!


Leave a Comment