Contoh Teks Cerita Sejarah: Candi Borobudur

Konten

Judul Teks Cerita Sejarah:

Sejarah Candi Borobudur, Warisan Buddha Terbesar di Dunia

Orientasi:

Candi Borobudur merupakan salah satu keajaiban dunia yang berasal dari Indonesia. Candi Borobudur sendiri merupakan peninggalan terbesar agama Buddha yang ada di dunia. Candi ini dibangun sekitar tahun 824 M pada masa Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra.

Urutan Peristiwa:

Candi Borobudur merupakan monumen Buddha yang memiliki 504 patung Buddha, 72 stupa terawang dan 1 stupa induk. Candi Borobudur memiliki arsitektur Gupta yang menggambarkan kekentalan gaya arsitektur dari India.

UNESCO telah mengakui Candi Borobudur sebagai salah satu monumen Buddha terbesar di Indonesia dan dunia serta memuji kemegahannya. Dalam pembangunannya, Candi Borobudur membutuhkan waktu sekitar 75 tahun di bawah komando arsitek Gunadarma.

60 ribu meter kubik batuan vulkanik yang digunakan untuk pembangunan candi ini diambil dari Sungai Elo dan Progo yang terletak sekitar 2 Km di sebelah timur candi. Pada saat pembangunan, belum dikenal sistem metrik.


Bahkan, satuan panjang yang digunakan dalam pembuatan candi adalah tala yang dihitung dengan cara merentangkan ibu jari dan jari tengah. Metode pengukuran ini biasa digunakan untuk mengukur panjang rambut dari dahi sampai dasar dagu.

Reorientasi:

Berdasarkan tulisan yang tertulis prasasti Karangtengah dan Kahulunan, sejarawan J.G. de Casparis memprediksi bahwa pendiri Candi Borobudur adalah Samaratungga.

Ia adalah Raja Mataram Kuno dari dinasti Syailendra. Samaratungga mulai membangun candi ini sekitar tahun 824 M. Namun, candi ini baru dapat diselesaikan pada masa Ratu Pramudawardhani yaitu putrinya.

Jadi, dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa teks sejarah memiliki beberapa ciri-ciri. Pertama, disajikan secara kronologis berdasarkan urutan kejadian atau urutan peristiwa di masa lampau. Kedua, teks cerita sejarah berbentuk recount text (teks cerita ulang).

Ketiga, dalam teks sering menggunakan konjungsi (kata penghubung) temporal. Keempat, isinya berupa fakta yang diperoleh berdasarkan data-data yang dikumpulkan. Kelima, struktur teksnya yaitu orientasi, urutan peristiwa, dan reorientasi.

Jadi, itu tadi beberapa informasi penting mengenai teks cerita sejarah dan juga contoh teks cerita sejarah lengkap yang bisa menjadi bahan belajar kamu. Selain yang telah disebutkan di atas, teks sejarah memiliki beberapa ciri-ciri.


1 thought on “Contoh Teks Cerita Sejarah: Candi Borobudur”

Leave a Comment