Pendapatan Nasional

4 min read

pembahasan pendapatan nasional

Tiap-tiap negara memiliki perbedaan serta tantangannya sendiri dalam menghadapi pendapatan nasional. Untuk mengetahui pendapatan produksi dalam masyarakat maka laporan tahunan sangat diperlukan.

Perhitungan ini juga bisa membantu menentukan tingkatan kemajuan atau kemunduran suatu negara. Laporan ini juga mampu menentukan apakah suatu negara bisa dikatakan sebagai negara maju atau negara berkembang berdasarkan tingkat produksinya.

Lebih jauh mengenai pendapatan nasional akan dibahas secara rinci pada artikel informatif di bawah ini.

Pengertian Pendapatan Nasional

pengertian pendapatan nasional
sumber: thecollegeinvestor.com

Definisi pendapatan nasional adalah suatu alat ukur untuk mengetahui kesejahteraan masyarakat pada suatu negara. Laporan ini dibuat agar mengetahui hasil total produksi seluruh masyarakat dalam suatu negara dalam kurun waktu satu tahun.

Dengan mengetahui ini, permasalahan ekonomi, tujuan serta arah perekonomian suatu negara dapat terstruktur dengan baik. Laporan tahunan ini juga bisa menjadi rujukan atau perbandingan atas pembangunan ekonomi suatu negara di setiap tahunnya.

Pengeluaran untuk memberikan dana untuk produksi nasional juga dapat dipantau melalui laporan tahunan ini.

Manfaat Pendapatan Nasional

manfaat pendapatan nasional
sumber: thelendersnetwork.com

Masing-masing negara bisa mendapatkan berbagai manfaat melalui perhitungan menyeluruh terhadap pendapatan nasional. Salah satu manfaat pendapatan nasional adalah mengetahui kesejahteraan masyarakat di negara tersebut.

Selain itu, evaluasi kinerja perekonomian juga dapat diketahui secara lebih detail dan menyeluruh. Melihat pendapatan negara satu dan negara lainnya juga akan lebih mudah melalui laporan pendapatan nasional.

Hal ini jelas menguntungkan suatu negara sebab mengkaji kekurangan dan kelebihan tingkat produksi dalam masyarakat akan jauh lebih mudah.

Konsep Pendapatan Nasional

konsep pendapatan nasional
sumber: udemycdn.com

Untuk membuat suatu laporan, dibutuhkan sebuah konsep yang jelas agar dapat dijadikan bahan acuan dan referensi yang jelas. Laporan pendapatan nasional juga harus menggunakan konsep yang terstruktur agar dapat mudah dipahami.

Ada beberapa konsep pendapatan nasional yang terdapat dalam laporan keuangan akan dikupas habis melalui artikel ini.

1. Produk Domestik Bruto (PDB)

pengertian produk domestik bruto
sumber: pymnts.com

Produk Domestik Bruto atau biasa juga disebut dengan Gross Domestic Product (GDP) adalah seluruh barang maupun jasa yang diproduksi dalam negara tersebut. Selain hasil barang dan jasa dari warga negara, warga negara asing yang sedang bekerja di negara tersebut juga ikut dihitung.

Perusahaan asing yang juga membuka cabang di negara tertentu maka hasil barang atau jasanya bisa diperhitungkan sebagai modal atau bruto. Untuk menghitung Produk Domestik Bruto (PDB) sangatlah mudah.

Cukup menambah hasil produksi dalam negeri ditambah dengan hasil produksi perusahaan atau warga asing di negara tersebut.

GDP = Pendapatan Masyarakat DN (dalam negeri) + Pendapatan Asing DN

2. Produk Nasional Bruto (PNB)

pengertian produk nasional bruto
sumber: arborinvestmentplanner.com

Produk Nasional Bruto yang bisa juga disebut Gross National Product (GNP) adalah penghasilan dari produksi masyarakat dalam negeri. Hasil produksi maupun jasa dari warga negara tersebut di luar negeri dalam kurun waktu tertentu juga masuk dalam perhitungan.

Sebagai contoh jika ada warga Indonesia yang menjual produk atau menjual jasa di negara lain, maka itu termasuk dalam hitungan PNB. Cara menghitung PNB atau GNP adalah dengan menambahkan pendapatan warga negara dalam negeri dan pendapatan warga negara di luar negeri.

GNP = Pendapatan WNI DN + Pendapatan WNI LN (luar negeri) – Pendapatan Asing DN

Setelah itu, hasil pendapatan dikurangi dengan pendapatan perusahaan asing maupun warga negara asing di dalam negeri.

3. Produk Nasional Neto (PNN)

pengertian produk nasional netto
sumber: thebalance.com

Produk Nasional Neto (PNN) yang biasa juga disebut Net National Product (NNP) adalah hasil pendapatan dari produksi maupun jasa. Hal ini dilakukan agar mengetahui hasil bersih dari pengeluaran baik investasi neto dan investasi bruto bersamaan dengan pengurangan angka depresiasi.

Barang yang dihasilkan akan mengalami penyusutan seiring perkembangan waktu, sehingga nilai jual menjadi berkurang. Alat-alat produksi yang juga mengalami kerusakan diperhitungkan melalui PNN bisa disebut sebagai pergantian barang atau penyusutan barang.

NNP = GNP – depresiasi (penyusutan barang modal)

Biasanya perhitungan penyusutan barang atau alat bersifat perkiraan sehingga sering memunculkan kesalahan perhitungan.

4. Pendapatan Nasional Neto (PNN)

pengertian pendapatan nasional netto
sumber: debt.org

Pendapatan Nasional Neto (PNN) atau Net National Income (NNI) adalah hitungan balas jasa dari masyarakat yang memproduksi barang atau jasa. Dalam menghitung NNI, jumlah pajak tidak langsung juga haruslah diperhitungkan.

NNI = NNP – Pajak Tidak Langsung

Yang dimaksud pajak tidak langsung adalah pajak yang bisa ditanggung oleh pihak lain seperti pajak undian dan pajak hasil jual. Cara menghitungnya adalah dengan mengurangi Net National Product (NNP) dengan pajak tidak langsung.

5. Pendapatan Perseorangan

pengertian pendapatan perseorangan
sumber: thestreet.com

Yang dimaksud Pendapatan Perseorangan atau biasa disebut sebagai Personal Income (PI) adalah angka yang didapatkan oleh semua orang dalam masyarakat. Walaupun tidak melakukan produksi atau pekerjaan apapun, pendapatan tetap dihitung sebagai Personal Income (PI).

Hal ini termasuk juga dengan menghitung gaji para pekerja baik swasta maupun negeri juga wiraswasta yang didapatkan dalam kurun waktu tertentu.

PI = NNI – Pajak Perusahaan – Iuran – Laba Ditahan + Transfer Payment

Untuk menghitung hal ini dibutuhkan transfer payment atau jumlah yang dibayarkan untuk tunjangan seperti tunjangan pensiun kepada karyawan pensiunan. Tunjangan pensiun ini diambil dari PNN tahun lalu.

6. Pendapatan Siap Dibelanjakan (DI)

pengertian pendapatan siap dibelanjakan
sumber: justcreative.com

Pendapatan Siap Dibelanjakan yang memiliki istilah lain Disposable Income (DI) adalah pendapatan bersih yang bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan hidup seseorang.

DI juga bisa digunakan untuk melakukan investasi ataupun membeli suatu produk dan jasa yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari.

DI = PI – Pajak Langsung

Jumlah pendapatan yang siap dibelanjakan adalah hasil pengurangan pendapatan perseorangan dikurangi dengan pajak langsung. Jika sebelumnya pajak tidak langsung dibebankan kepada orang lain, maka pajak langsung ditanggung oleh pihak atau orang yang bersangkutan.

Komponen dan Rumus

komponen rumus pendapatan nasional
sumber: investopedia.com

Komponen dan rumus menghitung pendapatan nasional sangat beragam dan harus dipahami agar tidak salah dalam mengimplementasikan pendapatan nasional. Untuk menggunakan rumus perhitungan, dibutuhkan pendekatan agar hitungan tepat sasaran.

Komponen dan rumus ini juga mampu menghitung tingkat efektivitas sumber daya manusia untuk memproduksi barang maupun jasa. Pendekatan yang digunakan ada tiga jenis yaitu, rumus pendekatan pengeluaran, rumus pendekatan pendapatan, dan rumus pendekatan produksi.

1. Rumus Pendekatan Pengeluaran

rumus pendekatan pengeluaran
sumber: lifeandmyfinances.com

Rumus untuk mengetahui jumlah total pengeluaran suatu negara dalam kurun waktu tertentu cukup mudah. Yaitu menjumlah seluruh hasil pengeluaran bidang ekonomi dari mulai pihak negeri hingga swasta.

Produksi rumah tangga juga tidak bisa luput untuk dihitung guna mengetahui pengeluaran. Rumusnya adalah dengan menghitung penjumlahan konsumsi, investasi, pengeluaran pemerintah yang ditambah juga dengan hasil pengurangan ekspor impor.

2. Rumus Pendekatan Pendapatan

rumus pendekatan pendapatan
sumber: businesstoday.in

Rumus ini penting untuk menghitung pendapatan masyarakat dalam suatu negara baik dari sektor usaha kecil hingga pihak negeri maupun swasta.

Hal ini dilakukan karena memproduksi suatu barang ataupun jasa membutuhkan pekerja, pemilik modal, dan juga keahlian sesuai dengan bidang pekerjaan.

Rumusnya lengkapnya adalah pendapatan ditambah dengan pendapatan bersih, bunga pendapatan dan keuntungan perusahaan atau perseorangan.

3. Rumus Pendekatan Produksi

rumus pendekatan produksi
sumber: thebalance.com

Rumus yang bisa menghitung produksi dalam pendapatan nasional adalah dengan dengan mengalikan harga barang dan juga jenis barang. Nilai ini juga berlaku dalam kurun waktu tertentu. Seperti misal di Indonesia hanya berjarak satu tahun sekali.


Pengertian Wirausaha

admin-yusron
7 min read

Pengertian Statistik

admin-yusron
3 min read

Pengertian Koperasi

admin-yusron
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *