Pancasila Sebagai Dasar Negara Indonesia

3 min read

Pancasila Sebagai Dasar Negara

Pancasila sebagai dasar negara memiliki peranan penting dalam mengatur kehidupan masyarakat di Indonesia. Pancasila memiliki kekuasaan tertinggi dan dijadikan referensi semua peraturan yang berlaku di Indonesia.

Agar perbuatan masyarakat tidak melenceng dari ajaran pancasila, oleh sebab itu mengerti nilai dasar pancasila wajib untuk dipelajari.

Kelahiran pancasila diawali oleh anggota BPUPKI yang merumuskan lima poin dasar yang disebut dengan pancasila. Sampai saat ini kelahiran pancasila selalu dirayakan pada setiap tanggal 1 Juni tiap tahunnya.

Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Negara

fungsi pancasila sebagai dasar negara
sumber gambar: Siedoo

Nama Pancasila diambil dari kitab Sansekerta karangan Sutasoma yang berarti lima prinsip. Pancasila sendiri dirumuskan dengan sangat alot oleh para pemikir Indonesia pada saat itu untuk menyambut kemerdekaan yang dinantikan.

Saat sudah memiliki tanda-tanda akan kalah perang, Jepang memperbolehkan Indonesia untuk merumuskan rancangan negara yang akan merdeka. Pengertian poin-poin nilai pancasila tiap sila juga dijabarkan dalam badan Undang-Undang Dasar 1945.

Pancasila adalah sebagai dasar negara memiliki beberapa fungsi yang dijelaskan dengan lengkap melalui artikel ini.

1. Dasar Negara

dasar negara pancasila
sumber gambar: Geotimes

Yang dimaksud pancasila sebagai dasar negara adalah letak atau posisi pancasila sebagai falsafah kehidupan warga negara Indonesia. Pemerintah untuk mengatur negara membutuhkan nilai-nilai pancasila agar tidak keluar dari koridor peraturan nilai-nilai falsafah bangsa Indonesia.

Isi sila pancasila sebanyak lima sila juga bercantum pembukaan dalam Undang-Undang 1945 yang selalu digunakan ketika upacara bendera berlangsung.

Pemerintahan tidak akan berjalan dengan lancar jika mengabaikan nilai-nilai yang terkandung dalam tubuh pancasila sebagai dasar negara.

Pancasila sendiri memiliki perjalanan yang sangat panjang sampai akhirnya disahkan oleh Soekarno sebagai perwakilan rakyat Indonesia pada masa itu.

Keinginan untuk mendirikan negara sendiri yang terbebas dari penjajahan juga terkandung dalam butir-butir sila pancasila.

Keinginan yang kuat dari pendiri bangsa mengantarkan Indonesia menuju kemerdekaan yang sarat dengan nilai Pancasila. Keistimewaan pancasila ini menjadi acuan dalam membuat segala peraturan hingga keputusan oleh seluruh rakyat Indonesia.

2. Kepribadian Bangsa

kepribadian warga negara bangsa indonesia
sumber gambar: CekAja

Selain sebagai dasar negara, pancasila juga berfungsi sebagai kepribadian bangsa yang erat dengan pembentukan karakter suatu bangsa. Nilai kepribadian ini bisa diimplementasikan melalui perbuatan ataupun sikap yang sesuai dengan nilai pancasila.

Sikap nasionalisme dan patriotisme adalah salah satu contoh kepribadian bangsa yang harus dimiliki oleh setiap masyarakat Indonesia.


Nilai pancasila juga mampu membendung efek negatif arus globalisasi seperti kebudayaan yang tidak cocok dengan kultur Indonesia dan pancasila.

Hingga hari ini, kepribadian bangsa masih bisa terkontrol dengan baik oleh nilai pancasila. Globalisasi memang membawa arus positif bagi perkembangan suatu negara dengan bertukar informasi melalui teknologi yang cepat.

Namun semua itu haruslah disaring dengan kepribadian bangsa yang bagus dan berlandaskan pancasila. Mental bangsa Indonesia juga haruslah kuat sehingga bangsa tidak jatuh dan terus berbenah menghadapi segala masalah yang datang silih berganti.

3. Pandangan Hidup Bangsa Indonesia

pandangan hidup indonesia
sumber gambar: The Jakarta Post

Suatu negara haruslah memiliki pandangan hidup. Hal ini dilakukan agar tidak adanya kekacauan dalam negara.

Memiliki pandangan hidup yang sama juga memudahkan masyarakat serta pemerintahan mencapai satu pemikiran yang sama dalam memajukan suatu negara. Seperti di Indonesia, pancasila dipilih menjadi alat yang mengatur serta membentuk pandangan hidup berbangsa dan bernegara.

Pandangan dalam hidup sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor baik dalam maupun luar negeri. Pengaruh ini harusnya disaring oleh nilai pancasila sebagai pandangan hidup.

Melalui nilai pancasila, masyarakat memiliki arahan juga pegangan dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Kekuatan pancasila yang mampu merangkul seluruh golongan tanpa pandang bulu haruslah dipatuhi dan ditaati.

Pandangan hidup melalui pancasila inilah yang akan membuat ciri khas atau keunikan tersendiri dari Indonesia terhadap negara lainnya.

4. Sumber dari Segala Sumber

sumber hukum indonesia
sumber gambar: Essay.Co.Id

Pancasila sebagai asas negara dan sumber hukum menjadikan masyarakat patuh dan tunduk terhadap pancasila dan juga semua nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Pancasila merupakan sandaran pembuatan peraturan hukum tertulis maupun tidak tertulis.

Bahkan hukum terkecil yang terdapat dalam keluarga tidak bisa dipisahkan atau dijauhkan dari nilai pancasila. Lima sila dalam tubuh garuda beserta lambang Bhineka Tunggal Ika harusnya sangat tertanam dalam kehidupan masyarakat Indonesia.

Beragam fungsi Pancasila sebagai dasar negara akan dipetakan dan dipecah dengan lebih detail dalam undang-undang dan peraturan lainnya. Hal ini memudahkan masyarakat Indonesia untuk menyusun peraturan dengan berpadoman dengan Pancasila.

5. Cita-Cita dan Tujuan Bangsa

cita cita tujuan bangsa indonesia
sumber gambar: Gesuri.id

Sebuah negara pastilah memiliki cita-cita dan juga tujuan dalam membangun bangsanya. Nilai-nilai pembangunan bangsa itu tertanam dalam pancasila di tubuh Garuda sebagai lambang negara Indonesia.

Keinginan kuat para pendiri Indonesia termasuk Bung Karnoe, Moh Hatta, dan seluruh rakyat Indonesia masih tetap tertanam dalam pancasila sampai kapanpun. Kekuatan pancasila akan selalu tertanam dalam sanubari setiap warga negara Indonesia yang harus dijunjung tinggi dimanapun dan kapanpun.

Oleh sebab itu, nilai pancasila jangan sampai terlupakan sehingga cita-cita serta tujuan Bangsa Indonesia akan tercapai dengan sempurna suatu saat nanti.

Pancasila sebagai dasar negara sangatlah penting untuk selalu dijunjung tinggi serta dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Nilai pancasila yang dirumuskan dengan baik dan terarah akan membantu Indonesia dari masa ke masa dalam meraih kejayaan.

Dengan begitu, kesejahteraan rakyat dan kinerja pemerintahan akan membawa Indonesia menjadi negara maju. Memperhatikan nilai pancasila dan juga mempraktikkan nilai pancasila tidak akan membuat negara Indonesia terjatuh sampai kapanpun.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *