Setiap organ pernapasan dan fungsi dari organ tersebut mempunyai peran besar dalam tubuh. Sistem pernapasan ini selalu bekerja tanpa henti dan tidak pernah beristirahat.

Pengertian Bernapas

apa itu bernafas

apa itu bernafas (kompas)

Pengertian bernapas secara umum adalah proses menghirup gas oksigen dari hidung dan mengeluarkan gas tersebut dalam bentuk karbondioksida. Pengertian tersebut merupakan pengertian bernafas secara ilmiah.

Dari definisi umum apa itu bernafas?,  tersimpan arti lain dari bernafas. Arti tersebut hanyalah bentuk kiasan kata bernafas.

Arti kiasan dari kata bernapas mengacu pada proses relaxasi tubuh. Hal tersebut merupakan manfaat ketika tubuh terlalu mendalami proses bernafas. Biasanya terjadi ketika meditasi.

Fungsi Bernafas

Fungsi bernafas menurut sudut pandang ilmiah antara lain sebagai berikut ini :

1. Melembabkan dan menyegarkan tubuh

fungsi bernafas

fungsi bernafas (Riaumandiri.co)

Oksigen yang dihirup ketika bernapas dapat membuat seluruh sel hingga organ tubuh menjadi lembab. Sehingga tubuh pun menjadi lebih segar.

2. Memperlancar proses pembakaran

Di dalam tubuh terjadi proses pembakaran zat makanan yang akan diubah menjadi sumber energi. Dengan adanya asupan gas oksigen dalam tubuh dapat memperlancar aliran darah. Sehingga proses pembakaran menjadi lancar.

3. Mengeluarkan gas yang berupa karbondioksida yang berguna untuk tumbuhan

Gas sisa hasil pernapasan tubuh yang berupa karbondioksida sangat berguna bagi tumbuhan. Karena tumbuhan bernafas dengan menghirup gas karbondioksida dan mengeluarkannya dalam bentuk oksigen.

Dalam hal ini merupakan bentuk simbiosis mutualisme antara manusia dengan tumbuhan.

Proses Pernapasan

proses pernapasan manusia

proses pernapasan manusia

Dalam pernapasan terdapat beberapa tahap, yaitu :

1. Ventilasi

Ventilasi merupakan proses masuknya udara melalui hidung serta ke dalam paru –paru hingga proses keluarnya udara tersebut.

2. Pernapasan luar

Proses yang satu ini merupakan pertukaran gas yang berada di dalam darah dan alveoli.

3. Transportasi gas dalam respirasi

Gas yang telah dihirup akan dibawa ke seluruh tubuh melalui darah.

4. Proses metabolisme

Bernapas termasuk ke dalam salah satu proses metabolisme tubuh. Apa yang dihirup saat bernafas? Gas tersebut adalah oksigen.

Oksigen tersebut nantinya akan dikeluarkan sebagai zat sisa metabolisme. Zat sisa hasil respirasi / pernapasan ialah karbondioksida.

Organ Pernapasan Dan Fungsi

organ pernapasan manusia

organ pernapasan manusia

Ada 6 organ tubuh dalam proses respirasi / pernapasan. Berikut ini adalah organpernapasan dan fungsi dari organ tersebut dalam pernapasan :

1. Hidung

organ pernapasan hidung

organ pernapasan hidung (ruang guru)

Organ hidung adalah salah satu organ tubuh yang nampak dari luar tubuh. Dalam organ hidung ini terdapat 2 buah rongga yang mempunyai peran penting dalam proses pernapasan.

Selain rongga hidung, dalam organ ini terdapat beberapa bagian yang berupa kerangka. Kerangka hidung tersusun atas tulang, otot, kulit dan tulang rawan.

Di dalam hidung juga terdapat bulu dan lendir / mucus. Fungsi dari bulu dan lendir adalah menangkap spora jamur, debu dan menyaring zat asing.

Fungsi dari rongga hidung yaitu tempat dimana keluar masuknya gas. Oksigen yang masuk akan dihirup melalui hidung. Begitu pula dengan gas karbondioksida yang akan keluar melalui rongga hidung tersebut.

2. Tenggorokan / Faring

organ pernapasan faring

organ pernapasan faring

Organ pernapasan dan fungsi dari faring ini adalah sebuah jalur yang akan membawa oksigen menuju ke organ pernapasan selanjutnya.

3. Pangkal Tenggorokan / laring

organ pernapasan laring

organ pernapasan laring

Pangkal tenggorokan ini disebut juga dengan kotak suara. Pada organ ini terdapat katup epiglottis dan pita suara. Fungsinya untuk memisahkan antara saluran pernapasan dan makanan. Untuk pita suara berfungsi sebagai mengeluarkan bunyi.

Dalam respirasi laring ini hanya berfungsi sebagai penghubung antara faring dan trakea.

4. Trakea

organ pernapasan trakea

organ pernapasan trakea (InformaZone)

Organ ini tersusun dari cincin tulang rawan yang terletak tepat di depan kerongkongan. Trakea ini berfungsi sebagai jalan masuk dan keluarnya udara dari paru –paru.

5. Bronkus

Bronkus ini merupakan cabang dari trakea yang terhubung dengan paru –paru  kiri dan kanan. Fungsi organ ini dalam pernapasan hanya sebagai jalur penghubung antar trakea dan paru –paru.

Udara yang telah melalui bronkus akan diteruskan menuju ke bronkiolus. Kemudian akan menuju ke alveolus / gelembung udara.

6. Paru-Paru

organ pernapasan paru paru

organ pernapasan paru paru (Sekolahan.Co.Id)

Organ ini adalah organ pernapasan yang paling vital. Organ ini terletak di rongga dada atas diafragma.

Organ ini dibungkus dengan lapisan pleura. Paru –paru memiliki 2 buah bagian, yakni bagian kiri dan kanan. Pada bagian kiri mempunyai 2 segmen, untuk bagian kanan memiliki 3 segmen.

Fungsi dari organ ini dalam pernapasan adalah menukar / mengubah oksigen menjadi karbondioksida. Setelah ditukar, karbondioksida akan keluar melalui bronkus dan diteruskan ke organ lainnya.

Itulah penjelasan dari organ pernapasan dan fungsi dari masing –masing organ yang terlibat dalam proses pernapasan tersebut.