Kata pengantar ialah salah satu bagian dari makalah, proposal atau skripsi yang harus ada. Kata pengantar berbeda dari isi karena membahas inspirasi, penulisan, dan penerbitan buku.

Seperti apakah penjelasan mengenai kata pengantar lebih lanjut dan bagaimana contoh sebuah kata pengantar yang baik? Berikut adalah penjelasannya.

Pengertian Kata Pengantar

apa itu kata pengantar

apa itu kata pengantar (education.cu-portland.edu)

Apa itu kata pengantar? Kata pengantar adalah sebuah kalimat perkenalan semata-mata tentang konten atau isi yang menjelaskan tema, karakter atau judul. Kata pengantar adalah esai yang ditulis oleh penulis atau penulis lain tentang buku dan pengarangnya.

Kata pengantar bisa jadi adalah sebuah prolog atau bagian dari cerita dan terdiri dari satu adegan atau beberapa adegan yang berkaitan dengan plot. Ketika seseorang ditugaskan membaca, mereka seringnya melompat langsung ke halaman satu dan mulai membaca.

Kebiasaan ini menunjukkan bahwa seseorang tidak tahu apa isi teks itu atau bahkan tentang apa bab itu. Melewati bab sama halnya dengan melompat di mobil untuk mengemudi di suatu tempat tanpa arah.

Anda mungkin sampai di sana pada akhirnya tetapi sering kali Anda akhirnya tersesat.

Salah satu hal pertama yang harus dilakukan seseorang adalah membaca kata pengantar sebuah buku. Pendahuluan memberi Anda beberapa informasi berikut

  • Informasi tentang penulis
  • Tujuan buku ini
  • Penonton buku
  • Tema utama teks
  • Asumsi

Mengetahui tujuan teks bermanfaat untuk memahami sudut pandang penulis. Mengetahui tema-tema utama buku atau makalah juga membantu dari sudut pandang psikologis.

Tema-tema ini berfungsi sebagai keterkaitan mental dalam pikiran Anda di mana Anda dapat menggantung rincian bab-bab yang akan Anda baca.

Sangat penting untuk melihat ikhtisar dan gambaran besar teks sehingga Anda memiliki kerangka kerja untuk menempatkan ide-ide dari bab-bab yang akan Anda baca.

Kata pengantar berfungsi untuk memperkenalkan pembaca pada teks. Salah satu tujuan kata pengantar adalah untuk meyakinkan pembaca mengapa mereka harus membaca buku atau proposal.

Kata pengantar memberikan gambaran besar dari teks, berbagi tentang penulis, dan menunjukkan untuk siapa buku dari berbagai sudut pandang penulis.

Hal yang tidak perlu di kata pengantar adalah isi-isi lebih lanjut dan rinci tentang penjelasan setiap bab pada buku ini.

Cara Menulis Kata Pengantar

cara menulis kata pengantar

cara menulis kata pengantar (thewritelife.com)

Pembaca Anda ingin mengenal Anda. Jadilah buku yang terbuka. Cara untuk menulis sebuah kata pengantar sendiri bisa dikatakan cukuplah mudah. Anda hanya perlu menuliskan bagian-bagian kata pengantar. Bagian-bagian dari kata pengantar yang bisa dituliskan adalah :

  • Ucapan terimakasih
  • Alasan menulis buku, skripsi, laporan atau essay
  • Menjelaskan poin-poin yang ada dalam isi buku, skripsi, laporan atau essay

Menulis adalah kerja keras, dan kata pengantar adalah tempat yang tepat untuk mencurahkannya. Bagaimana buku atau skripsi Anda menjadi hidup adalah sebuah perjalanan dalam dirinya sendiri. Tuliskan semua dalam sebuah kata pengantar.

Jelaskan kepada pembaca mengapa mereka harus membaca tulisan Anda. Kriteria kata pengantar yang baik adalah ketika bisa menjadi alat pemasaran yang baik.

Jika Anda merasa ada sesuatu yang perlu dikatakan untuk penulisan Anda, baik itu penjelasan atau klarifikasi, kata pengantar adalah tempat yang tepat untuk melakukannya.

Contoh Kata Pengantar Buku

contoh kata pengantar buku

contoh kata pengantar buku (medium)

Di bawah ini adalah beberapa contoh kata pengantar untuk memberi Anda ide tentang bagaimana menulis kata pengantar untuk buku Anda :

Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta raya. Shalawat dan salam semoga tetap terlimpah kepada Nabi Agung junjungan kita, Nabi Muhamad SAW, keluarga, sahabat dan seluruh umatnya hingga akhir zaman.

Pembaca yang budiman, buku ini kami hadirkan di hadapan Anda dengan judul “DOA DAN DZIKIR HARIAN UNTUK IBU HAMIL DAN MENYUSUI”.

Buku ini sengaja kami susun dengan sederhana, agar mudah dibawa, ringan dibaca dan mudah diamalkan oleh ibu-ibu yang sedang mengandung atau yang sedang menyusui disela-sela kesibukan mereka.

Buku ini kami susun dengan harapan dapat menjadi pegangan bagi ibu-ibu yang sedang hamil atau menyusui untuk tetap selalu ingat dan menyandarkan segala hal hanya kepada Allah semata. Namun, bukan berarti meninggalkan ikhtiar lainnya.

Ikhtiar untuk merawat dan membesarkan anak adalah kewajiban sebab anak adalah titipan, namun segala sesuatu yang akan terjadi hanyalah Allah semata yang tahu.

Untuk itulah, usaha lahir batin harus dilakukan orang tua untuk memberikan yang terbaik untuk tittipan-Nya.

Dalam buku ini disusun, beberapa do’a di dalam Al Qur’an yang memiliki berbagai manfaat dan faedah untuk ibu hamil dan menyusui.

Beberapa faedah juga telah didukung oleh hadis-hadis kuat yang pada zaman dahulu memang telah disetujui oleh Rasululllah SAW.

Selain terdapat dzikir-dzikir harian yang bisa dibaca dan diamalkan oleh ibu hamil dan menyusui untuk selalu dekat dengan Allah sang Maha Pemberi.

Untuk mempermudah bacaan dan pemahaman, dalam buku ini kami susun pula tulisan latin untuk setiap doa dan dzikir yang disebutkan.

Selain itu, kami sertakan arti untuk lebih mudah dalam dipahami dan dihayati sehingga, doa dan dzikir yang dibaca nantinya benar-benar sepenuh hati dan keyakinan.

Terakhir, semoga buku ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Tentunya masih banyak kekurangan dalam penyusunan buku ini, oleh karena itu saran dan masukan selalu kami harapkan untuk menjadikan buku ini lebih baik lagi.

Ucapan terima kasih kami haturkan kepada semua pihak yang membantu terselesaikannya buku kecil ini. Semoga Allah mencatatnya sebagai tanaman yang selalu tumbuh dan dapat kita panen buahnya di akhirat nanti. Amin.

Jazakumullah khairaon jaza’.

Tim Penyusun

Contoh Kata Pengantar Skripsi

contoh kata pengantar skripsi

contoh kata pengantar skripsi (woodsholemuseum.org)

Untuk Anda yang ingin membuat sebuah skripsi, berikut adalah contoh pengantar skripsi : 

Puji syukur kehadirat Allah SWT. karena berkat rahmat dan karunia-Nya saya dapat menyelesaikan penulisan skripsi ini meskipun banyak sekali rintangan dan hambatan di dalam prosesnya.

Saya menyadari dengan sepenuh hati bahwa berkat pertolongan Allah SWT. skripsi ini dapat terselesaikan. Shalawat serta salam semoga dilimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya yang telah memberikan uswatun khasanahkepada semua umat.

Skripsi yang berjudul BrandingWayang Orang Sriwedari Melalui Akun Instagram @wayang_orang_sriwedari dan @wayang_wong_sriwedari Untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung ini merupakan branding melalui media sosial Instagram yang saat ini sedang populer untuk mempengaruhi masyarakat agar mau menyaksikan kesenian tradisional sekaligus budaya asli Surakarta yaitu Wayang Orang Sriwedari.

Saya sepenuhnya menyadari bahwa skripsi ini tidak akan terwujud tanpa adanya bantuan, bimbingan serta dukungan dari berbagai pihak. Dalam kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah banyak membantu dalam proses penyusunan penulisan skripsi di antaranya:

  1. Dr. Mudhofir, S.Ag., M.Pd selaku Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta.
  2. Dr. Imam Mujahid, S.Ag., M.Pd selaku Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Surakarta.
  3. Fathan, S.Sos., M.Si selaku Ketua Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Surakarta.
  4. Dr. Sarbini, M.Ag selaku Dosen Pembimbing yang senantiasa memberikan dukungan, motivasi serta meluangkan waktu di sela-sela kesibukan untuk memberikan arahan dan petunjuk demi kelancaran penyusunan skripsi ini.
  5. Eny Susilowati, S.Sos., M.Si selaku Dosen Penguji Utama dan Rhesa Zuhriya B.P., M.Ikom selaku Dosen Penguji I, yang telah memberikan masukan, sanggahan, saran, koreksi serta dukungan sehingga skripsi ini dapat terselesaikan.
  6. Segenap dosen dan karyawan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Surakarta, yang telah sabar membimbing saya selama ini.
  7. Orang tua saya, Papa Makmur Suryadi, Mama Zumri Makrifah dan Bunda Arik Sunaryati yang selalu memberikan dukungan secara moril dan materiil, memberikan kasih sayang dan doa tiada henti serta memberikan motivasi agar tidak putus asa dalam proses kuliah dari awal hingga proses pengerjaan skripsi ini.
  8. Bapak Agus Prasetyo S.Sn selaku koordinator pentas Wayang Orang Sriwedari, Bapak Handarutomo Kartosiswojo dan Bapak Yogi Kurniawan selaku tim publikasi Wayang Orang Sriwedari, terima kasih atas kesediaannya meluangkan waktu, membantu dan memberikan dukungan sehingga skripsi ini dapat terselesaikan dengan baik. Saya berdoa semoga bantuan, bimbingan, dukungan dan motivasi tersebut diterima sebagai amal baik oleh Allah SWT. Aamiin.

Surakarta, 20 Agustus 2019

 

Paijo 

Contoh Kata Pengantar Laporan Penelitian

contoh kata pengantar laporan penelitian

contoh kata pengantar laporan penelitian (essaydragon.com)

Untuk Anda yang ingin tahu contoh kata pengantar laporan, berikut adalah contohnya :

Tidak ada yang bisa penulis sampaikan selain ungkapan puji syukur atas kehadirat allah SWT. Sebab atas limpahan rahmat-Nya lah, penulis dapat menyelesaikan penyusunan laporan penelitian ini.

Laporan penelitian yang penulis susun ini merupakan syarat yang wajib dipenuhi guna memperoleh beaseseorang penelitian dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UIN Sunan Ampel, Surabaya.

Tidak lupa sholawat dan salam senantiasa tercurahkan kepada junjungan umat Islam, Nabi Muhammad SAW. Atas risalah kenabiannya, umat Islam bisa mendapatkan pencerahan dan terhindar dari kejahiliyyahan.

Adalah suatu kebahagiaan tersendiri, apabila suatu riset dapat diselesaikan dengan sebaik-baiknya. Penulis menyadari bahwa penyusunan laporan riset ini merupakan tugas yang tidak ringan.

Ada banyak sekali hambatan yang menghadang dalam proses penyusunan laporan penelitian ini. Hal ini dikarenakan keterbatasan dari kemampuan yang dimiliki penulis sendiri.

Jika pun pada akhirnya karya tulis ini dapat terselesaikan tentulah karena bantuan dari beberapa pihak yang telah menyukseskan penulisan laporan riset ini.

Atas bantuan berbagai pihak, penulis menyampaikan banyak terimakasih kepada yang telah memberikan bantuannya, yaitu :

  1. Dr. H. Muhibbin, M. Ag., selaku Rektor UIN Sunan Ampel, Surabaya.
  2. Rifka Iftihamah, M.Ag. selaku pembimbing riset penulis. Beliau yang tak kenal lelah meluangkan waktu, tenaga dan pikirannya untuk memberikan bimbingan dan pengarahan dalam penyusunan laporan riset ini.
  3. Muhsoni selaku pengasuh Yayasan Gema Pemuda Surabaya.
  4. Sahabat-sahabat terbaik penulis, yang telah berkenan memberikan motivasi dan dukungan hingga laporan penelitian ini bisa selesai.

Ya, tidak ada yang dapat penulis berikan kepada nama-nama di atas selain iringan do’a yang tulus dan ikhlas. Semoga segala amal baik mereka diterima dan mendapat balasan yang lebih baik dari Allah SWT.

Terakhir, penulis mengharapkan saran dan kritik yang konstruktif dari pembaca demi kesempurnaan laporan penelitian ini.

Penulis sangat berharap semoga laporan penelitian ini bermanfaat di bidang akademik. Amin.

 

Surabaya, 09 September 2013

 

Penulis

Contoh Kata Pengantar Proposal

contoh kata pengantar proposal

contoh kata pengantar proposal (College Info Geek)

Sementara untuk Anda yang ingin membuat kata pengantar proposal, berikut adalah contohnya : 

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat dan hidayah-Nya lah saya dapat menyelesaikan proposal usaha ini.

Saya sangat berharap proposal ini dapat berguna dan bermanfaat. Saya menyadari bahwa di dalam proposal ini masih terdapat kekurangan-kekurangan dan jauh dari apa yang saya harapkan.

Untuk itu, saya berharap adanya kritik, dan saran dan usulan demi perbaikan di masa yang akan datang.

Pada kesempatan ini tidak lupa saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak-pihak terkait yang telah berkenan memberikan idenya dan membantu saya.

Bantuan baik moril maupun materiil tersebut sangat bermanfaat hingga saya dapat menyelesaikan proposal usaha ini.

Semoga dengan adanya proposal usaha ini, bisa menarik para investor untuk ikut menanamkan investasinya di usaha ini.

Jakarta, 12 Juli 2015

 

Penulis

Bagaimana? Apakah Anda masih merasakan kesulitan dalam membuat sebuah kata pengatar? Dengan beberapa contoh kata pengantar diatas, semoga Anda bisa menulis sebuah kata pengantar yang bagus.