Mengucapkan doa makan akan memberikan keberkahan pada setiap suap yang kita makan. Sebagai orang Islam atau muslim pastinya sangat dianjurkan ketika sebelum dan sesudah melakukan sesuatu untuk membaca doa.

Doa sendiri adalah permohonan kepada Allah SWT yang disertai dengan kerendahan hati untuk mendapatkan kebaikan dan ridho dari Allah SWT.

Ketika sebelum atau akan melakukan sesuatu hendaknya minimal membaca basmalah (Bismillahirrahmanirrahim) dan ketika sudah selesai membaca tahmid (Alhamdulillahirabbil ‘alamin).

Doa tersebut adalah minimal yang bisa digunakan dalam hal apa saja, karena sebenarnya semua yang dilakukan manusia sudah ada ketentuannya, termasuk dalam membaca doa.

Doa makan juga sudah dijelaskan dan dicontohkan oleh baginda Nabi Muhammad SAW. Sebelum melanjutkan membahas masalah doa, sebaiknya kita ketahui dulu bagaimana tata cara makan yang benar sesuai dengan syariat Islam.

Doa Sebelum Makan dan Minum

Pada poin 7 dibawah salah satu tata cara makan yang sesuai dengan ajaran agama Islam adalah berdoa sebelum dan sesudah makan. Untuk doa sebelum makan sebagai berikut.

doa sebelum makan minum

Yang artinya: “Ya Allah, berkahilah kami pada apa yang telah Engkau karuniakan dan lindungilah kami dari siksa neraka”

Doa Sesudah Makan dan Minum

Untuk doa sesudah makan sebagai berikut.

doa sesudah makan minum

Yang artinya, “Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan telah memberi kami minum, dan menjadikan kami termasuk orang yang patuh.”

Ketika Lupa Doa Makan dan Minum

Sifat lupa adalah sifat yang sangat melekat pada diri manusia. Agama telah menganjur kan untuk berdoa ketika akan melakukan sesuatu, termasuk berdoa sebelum makan.

Pertanyaannya, bagaimana jika lupa belum berdoa sebelum makan? Dalam sebuah hadist telah dijelaskan ketika lupa belum membaca doa sebelum makan, dan saat ingat itu membaca “Bismillahi Awwalahu wa Akhiruhu”.

Doa Ketika Ditraktir Teman

Makan gratis adalah suatu rezeki yang tidak baik untuk ditolak. Apalagi ditraktir makan oleh teman, pastinya kita akan mendoakan kebaikan untuk teman tersebut. Rasulullah SAW juga telah menjelaskan tentang cara mendoakan orang mentraktir kamu. Doanya adalah.

doa ditraktir makan minum

Yang artinya, “Tuhanku, berkatilah mereka (yang mentraktirku) pada nikmat yang Kau anugerahkan kepada mereka. Ampuni dan rahmatilah mereka.”

Doa makan dan minum sangat perlu diucapkan agar setiap suapan yang kita telan selalu memberikan keberkahan.

Selain itu, Allah juga akan menjaga kamu dari godaan syaitan yang berusaha menggoda ketika kamu makan. Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah, Amiin.

Tata Cara Makan dan Minum

Sudah dinyatakan bahwa Islam adalah agama yang paling sempurna. Segala hal dibahas di dalamnya. Mulai dari perkataan hingga perbuatannya.

Sebelum masuk belajar tentang bagaimana doa tersebut, kamu bisa mengetahui dulu bagaimana tata cara makan dan minum yang sesuai dengan syariat Islam.  Diantaranya adalah

1. Makan makanan yang halal

Allah SWT akan tetap menginginkan setiap hambanya untuk tetap sesuai perintahnya. Allah SWT telah berfirman dalam Al-Qur’an mengenai makan-makanan halal tersebut.’

2. Memuji makanan tersebut dan tidak mencelanya

Kita tidak pernah boleh mencela suatu makanan ketika kamu memakan makanan tersebut. bagaimana rasa dari makanan tersebut, tidak boleh untuk mencelanya. Enak atau tidak enak rasa yang tercipta, kamu tidak pernah boleh mencela, dan selalu berusaha untuk datang tepat waktu.

3. Tidak menggunakan alat makan yang terbuat dari emas atau perak.

Dalam sebuah firman telah dijelaskan juga bahwa dalam tata cara ini diperintahkan, karena sebagai seorang muslim tidak menggunakan peralatan berlebihan. Karena peralatan yang digunakan makan terbuat dari emas dan perak dikategorikan  sebagai barang mewah.

4. Menggunakan tiga jari ketika makan.

Tiga jari di sini adalah ibu jari, jari telunjuk dan jari tengah. Ini berlaku untuk makanan-makanan kering yang bisa dinikmati menggunakan tanya secara langsung. Makan menggunakan tiga jari ini telah dicontohkan oleh panutan kita Nabi Muhammad SAW

5. Tidak menyantap makanan atau minuman yang masih panas atau terlalu dingin.

6. Cuci tangan sebelum makan

Cuci tangan ini dilakukan untuk menjaga kebersihan tangan agar terhindar dari bakteri-bakteri yang dan menjadi penyebab penyakit.

7. Berdoa sebelum dan sesudah makan