Jadwal dan Syarat Pendaftaran SPAN PTKIN

3 min read

Ingin kuliah di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN)? Jika iya, tentu Anda sudah mengetahui bahwa terdapat dua jalur seleksi nasional untuk bisa masuk ke PTKIN yakni jalur SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih dalam tentang jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri atau biasa disingkat dengan jalur SPAN PTKIN. Nah untuk mengetahui lebih jauh tentang apa itu seleksi SPAN-PTKIN, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Tentang SPAN PTKIN

Apa itu SPAN-PTKIN? Mungkin sebagian dari Anda khususnya yang baru lulus SMA masih cukup asing dengan istilah tersebut. Secara umum SPAN-PTKIN merupakan sebuah pola seleksi yang dilakukan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam sebuah sistem yang terpadu.

Seleksi yang dilakukan secara nasional tersebut dilakukan serentak oleh panitia pelaksana yang telah ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia.

Berbeda dengan mandiri, untuk biaya pelaksanaan seleksi jalur SPAN-PTKIN ini seluruhnya ditanggung pemerintah. Sehingga para peserta yang mendaftar pada jalur ini tidak dikenakan biaya pendaftaran sedikit pun.

Dalam pelaksanaan SPAN-PTKIN secara nasional tersebut umumnya diikuti oleh seluruh PTKIN yang memenuhi prinsip adil, transparan dan juga tidak adanya diskriminatif. PTKIN selaku penyelenggara pendidikan setelah SMA/ SMK/ MA/ MAK/ Pesantren adalah akan berusaha menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik.

Selain itu mahasiswa tersebut juga diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi dengan sangat baik. Secara konsisten prestasi yang dimiliki tersebut layak untuk mendapatkan kesempatan menjadi calon mahasiswa di UIN/IAIN/STAIN.

Tujuan SPAN-PTKIN

Lalu apa tujuandari diadakannya seleksi jalur SPAN-PTKIN? Tujuan diadakannya seleksi ini adalah untuk memberikan kesempatan dan juga kepercayaan kepada pihak sekolah/madrasah agar mendaftarkan para siswanya melalui jalur SPAN-PTKIN untuk bisa memperoleh pendidikan tinggai di UIN/STAIN/IAIN.

Selain itu tujuan lainnya yaitu untuk mendapatkan calon mahasiswa baru yang berprestasi secara akademik melalui seleksi siswa SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah.

Jadwal Seleksi

Langkah Tanggal
Pengisian PDSS 6-31 Januari 2020
Verifikasi PDSS 6-31 Januari 2020
Pendaftaran 3 – 28 Februari 2020
Proses Seleksi I. 2-13 Maret 2020
II. 16-20 Maret 2020
Pengumuman Hasil Seleksi 10 April 2020
Proses verifikasi dan/atau pendaftaran ulang di PTKIN masing-masing bagi yang lulus seleksi Ditetapkan tiap PTKIN

Ketentuan Umum Seleksi SPAN-PTKIN


Hampir sama dengan jalur seleksi perguruan tinggi lainnya, jalur seleksi SPAN-PTKIN ini juga memiliki ketentuan umum dan persyaratan yang harus dipenuhi. Berikut ini beberapa ketentuan umum yang terdapat dalam seleksi jalur SPAN-PTKIN, yaitu

  1. SPAN-PTKIN adalah jalur seleksi nasional yang berdasarkan pada penyaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor atau prestasi lainnya. Dengan kata lain jalur SPAN-PTKIN ini tidak menggunakan ujian atau tes tertulis.
  2. Pihak Sekolah/Madrasah yang memiliki hak untuk mendaftarkan para siswanya untuk mengikuti seleksi SPAN-PTKIN adalah sekolah/madrasah yang secara sah memiliki izin dari Pemerintah.
  3. Siswa yang berhak untuk mengikuti seleksi SPAN-PTKIN ini merupakan siswa yang sudah didaftarkan oleh masing-masing Kepala Sekolah/Madrasah.

Selain ketentuan umum yang sudah dijabarkan diatas, ada beberapa syarat daftar yang harus dipenuhi oleh para pendaftar. Berikut ini beberapa persyaratan siswa pelamar yang harus dipenuhi untuk bisa mengikuti seleksi SPAN-PTKIN, antara lain:

  1. Siswa yang mendaftar merupakan siswa SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah kelas terakhir pada tahun 2020.
  2. Wajib memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
  3. Siswa yang mendaftar SPAN-PTKIN wajib memperoleh rekomendasi dari masing-masing Kepala Sekolah/Madrasah.
  4. Memiliki kesehatan yang baik atau memadai sehingga nantinya tidak mengganggu kelancaran dalam pembelajaran selama di PTKIN.

Tata Cara Pendaftaran Seleksi SPAN-PTKIN

Terdapat beberapa tahapan atau cara daftar yang harus dilakukan baik oleh pihak sekolah maupun oleh siswa dalam mendaftar jalur SPAN-PTKIN ini. Berikut ini ulasan singkat terkait tata cara atau tahapan pendaftaran baik yang dilakukan oleh pihak sekolah ataupun siswa.

  1. Pendaftaran Sekolah
    cara daftar span ptkin sekolah
    cara daftar span ptkin sekolah
    • Masing-masing Sekolah/Madrasah membuka laman resmi pendaftaran seleksi SPAN-PTKIN yaitu span-ptkin.ac.id
    • Pihak Kepala Sekolah/Madrasah mengisikan data sekolah dan juga siswa pada formulir pendaftaran resmi yang sudah tersedia.
    • Setelah melakukan pengisian formulir pendaftaran, pihak Kepala Sekolah/Madrasah akan mendapatkan User ID dan juga password untuk setiap calon peserta yang mendaftar.
    • Kepala sekolah/madrasah akan memberikan User ID dan juga password kepada setiap siswa.
    • Selanjutnya setiap siswa sudah bisa melakukan pendaftaran SPAN-PTKIN melalui User ID yang diberikan.
  1. Pendaftaran Siswa
    cara daftar span ptkin siswa
    cara daftar span ptkin siswa
  2. Siswa login menggunakan akunnya masing-masing di https://siswa.span-ptkin.ac.id
  3. Jika sudah, langkah selanjutnya adalah siswa memasukkan data pribadi dengan benar dan memastikan jangan sampai ada yang terlewat. Selanjutnya pilih program studi atau jurusan yang diinginkan.
  4. Setelah itu lakukan finalisasi data dan cetak kartu peserta sebagai bukti Anda telah melakukan pendaftaran.

Setelah melakukan tahap pendaftaran, maka siswa akan melakukan seleksi yang didasarkan pada nilai pelajaran yang menjadi mata Ujian Nasional.

Umumnya nilai yang digunakan mulai dari semester 1 (satu) hingga semester 5 (lima). Terakhir tahap pengumuman seleksi pada jalur SPAN-PTKIN. Para peserta yang telah mendaftar bisa mengecek kelulusan nya pada web http://pengumuman.span-ptkin.ac.id dengan memasukkan nomor pendaftaran masing-masing siswa.

Program Studi dan Jumlah Pilihan Seleksi SPAN-PTKIN

Nah bagi para siswa yang memiliki banyak pilihan jurusan yang hendak diinginkan. Pada seleksi SPAN-PTKIN ini para siswa diberikan beberapa kesempatan dalam pemilihan Program Studi dan Jumlah Pilihan yaitu:

  1. Para siswa yang mendaftar pada seleksi SPAN-PTKIN diperbolehkan untuk memilih 2 (dua) PTKIN yang diminati atau yang diinginkan.
  2. Setiap siswa pelamar berhak untuk memilih 2 (dua) program studi yang diminati atau diinginkan pada masing-masing PTKIN.
  3. Setiap urutan pilihan PTKIN yang dipilih dalam akun pendaftaran menyatakan prioritas pilihan dari pendaftar.

Itulah ketentuan pemilihan PTKIN dan juga program studinya. Sesuai yang sudah dijelaskan diatas bahwa urutan pemilihan PTKIN dan juga program studi menyatakan prioritas pilihan. Oleh karena itu sebaiknya Anda meletakkan pada posisi pertama  untuk PTKIN dan program studi yang paling Anda minati.

Kriteria Penerimaan Seleksi SPAN-PTKIN

Ada beberapa kriteria penerimaan dalam seleksi SPAN-PTKIN. Apa saja itu? Simak ulasan lengkapnya dibawah ini:

  1. Dinyatakan lulus dari satuan pendidikan SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah atau yang masih setara.
  2. Dinyatakan lulus SPAN-PTKIN
  3. Wajib sehat baik secara jasmani maupun rohani.
  4. Memenuhi persyaratan yang telah ditentukan atau ditetapkan oleh masing-masing PTKIN penerima.

Jika Anda merasa telah memenuhi beberapa persyaratan yang sudah disebutkan diatas, besar kemungkinan untuk Anda diterima dalam seleksi SPAN-PTKIN tersebut. Mudah-mudahan harapan Anda untuk bisa diterima atau lulus SPAN-PTKIN dapat tercapai dan terkabul.

Selanjutnya untuk mengetahui jadwal pelaksanaan SPAN-PTKIN mulai dari tahap pendaftaran hingga pengumuman Anda bisa mengikuti jadwal SPAN-PTKIN dengan tepat. Perlu diingat bahwa jadwal pelaksanaan SPAN-PTKIN ini setiap tahunnya berbeda. Oleh karena itu sebaiknya Anda terus mengecek informasi terbaru dari laman resmi pendaftaran SPAN-PTKIN.

Demikian beberapa informasi singkat tentang Seleksi Prestasi Akademik Nasional – Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri atau SPAN-PTKIN. Semoga informasi diatas bermanfaat dan juga memudahkan Anda untuk mencapai mimpi diterima atau lulus di PTKIN yang Anda impikan dan idamkan. Jangan pernah lelah berusaha dan berdoa, ingat bahwa mimpi yang besar juga wajib membutuhkan perjuangan yang besar pula.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *