Contoh Surat Pengantar Proposal

Surat pengantar proposal adalah surat yang berada di halaman paling depan sebuah berkas. Dimana isi surat ini menginformasikan tujuan dari berkas yang akan diajukan.

Mungkin kamu pernah membuat surat permohonan untuk mengajukan permohonan izin, baik untuk mengambil cuti maupun kebutuhan mendesak lainnya yang disertai contoh surat pengantar proposal.

Seperti yang diketahui proses pengajuan izin tidak boleh hanya secara lisan saja. Melainkan kamu harus mencantumkan surat permohonan dengan isi yang sesuai tujuan. Selain itu siswa SMK maupun mahasiswa tingkat akhir yang akan magang di suatu perusahaan juga diwajibkan membuat surat permohonan.

Surat permohonan atau pengantar proposal juga diperlukan untuk pengajuan rekomendasi kerja ataupun juga beasiswa, meminta bantuan dan sebagainya.

Untuk mengetahui informasi yang lebih lengkap mengenai surat pengantar proposal atau surat permohonan. Alangkah baiknya langsung saja simak ulasannya pada paragraf berikut ini mengenai contoh surat pengantar proposal.

Contoh Surat Pengantar Proposal PIK Remaja

DESA KERJO

PIK REMAJA KARYA KREATIF

Sekretariat : Jl. Karangan Desa Kerjo Rt 016 Kec. Karangan Kab. Trenggalek

Telp. 081987654321 Kode Pos 66361

Nomor             : 031/B/PIK-R-Karya-Kreatif/III/2020

Lamp               : 3 (Tiga) Berkas

Hal                  : Permohonan Dana

Kepada Yth,

Kepala BP2PAKB Kab. Trenggalek

Di – Tempat

Assalamualaikum Wr. Wb.

Dengan salam dan doa semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat dan ridho-Nya kepada kita semua dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Aminn

Sehubungan dengan diadakannya Orientasi PIK Remaja Karya Kreatif Tahun 2020 dengan Tema “Mendidik Perilaku Remaja Zaman Now Untuk Menata Masa Depan Bangsa”, yang Insya Allah akan dilaksanakan pada:

Hari & Tanggal : Sabtu, 31 September 2020

Waktu                         : 09.00 WIB s/d selesai.

Tempat                       : Lapangan Sepak Bola Desa Kerjo

Maka kami selaku panitia pelaksanaan memohon bantuan dana demi kelancaran dan kesuksesan kegiatan tersebut. Sebagai bahan pertimbangan kami melampirkan proposal kegiatan.

Demikian surat permohonan ini kami buat atas perhatian, bantuan dan kerja samanya diucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Kerjo, 10 September 2020

Ketua Panitia


Puji Lestari

Sekretaris

Susi Susanti

Mengetahui
Ketua PIK R Karya Kreatif

Abdul Ahmad Walid

Kepala Desa Kerjo

Slamet Natanegara

Format Surat Pengantar Proposal

Surat pengantar proposal atau surat permohonan merupakan salah satu jenis surat resmi. Jadi dalam membuatnya kamu harus mengikuti pedoman atau format surat yang sudah dikenal secara umum.

Bahkan bahasa yang digunakan dalam surat permohonan atau pengantar proposal, juga harus menggunakan bahasa formal sesuai dengan kaidah baku.

Untuk mengatur tata cara penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Agar kamu tidak salah dalam membuat surat permohonan atau yang biasa disebut surat pengantar proposal. Sebaiknya simak beberapa format surat permohonan yang wajib kamu ketahui berikut ini.

1. Kop Surat

Pada umumnya surat resmi khususnya yang dibuat oleh sebuah instansi akan memiliki kop. Biasanya kop tersebut terletak di bagian paling atas kertas surat. Dimana fungsi kop surat ini untuk memberi informasi kepada penerima surat.

Surat ini dikirim oleh instansi yang namanya sudah tertera di kop tersebut. Keberadaan kop surat berfungsi untuk mempertegas keresmian dari sebuah surat. Sehingga penerima akan lebih serius untuk menanggapi yang termuat di dalam surat tersebut.

2. Tempat dan Tanggal Surat

Selanjutnya format kedua surat pengantar proposal yaitu tempat dan tanggal surat. Bagian ini berfungsi sebagai informasi mengenai dimana dan kapa surat tersebut dibuat. Sedangkan untuk penerima, biasanya bagian ini cukup penting agar mengetahui surat tersebut masih baru atau sudah lama.

3. Nomor Surat

Untuk format surat pengantar proposal ketiga yaitu nomor surat. Biasanya bagian ini berisi nomor surat yang berguna untuk proses pengarsipan oleh penerima.

4. Lampiran

Format surat pengantar proposal keempat adalah lampiran. Perlu kamu ketahui lampiran pada surat permohonan berisi informasi mengenai jumlah dokumen lain yang disertakan bersama surat tersebut.

5. Perihal

Selanjutnya format surat pengantar proposal kelima yaitu perihal. Dimana bagian ini akan menjelaskan secara singkat mengenai inti pokok yang ada di dalam surat tersebut kepada penerimanya.

6. Alamat Surat

Untuk format surat pengantar proposal atau surat permohonan keenam adalah alamat surat. Di sini alamat surat berisi nama orang atau nama jabatan yang ditujukan sebagai penerima surat tersebut.

7. Salam Pembuka

Format surat pengantar ketujuh yaitu salam pembuka yang berfungsi sebagai pembuka surat sebelum masuk ke bagian isi surat. Contoh dari salam pembuka surat permohonan yaitu dengan hormat dan sebagainya.

8. Isi

Untuk format pengantar surat kedelapan adalah isi yang umumnya sama dengan bagian isi pada beberapa surat resmi lainnya. Dimana bagian ini terdiri dari pembuka, isi dan penutup surat.

Bagian pembuka di sini berbeda dengan salam pembuka yang hanya berupa salam penghormatan saja. Untuk pembuka di bagian isi bisanya berupa kata-kata yang lebih panjang sebelum kamu menuliskan inti pokok surat tersebut.

Biasanya bagian ini berisi kata atau kalimat dia dan ungkapan rasa syukur pengirim serta harapannya. Supaya penulis dan penerima surat tetap dalam lindungan kuasa. Selain itu bagian ini juga diisi dengan latar belakang masalah yang menjadi dasar pengirim menyampaikan inti pokok surat tersebut.

Selanjutnya bagian isi merupakan inti pokok atau informasi utama yang terkandung dalam sebuah surat tersebut.

Di bagian ini kamu sebagai pengirim bisa mengutarakan berbagai permohonan kepada penerima. Selain itu juga terdapat penutup yang berfungsi menutup atau mengakhiri bagian isi maupun mengakhiri surat secara keseluruhan.

9. Nama Terang dan Tanda Tangan Pengirim

Selanjutnya format surat pengantar proposal terakhir adalah nama terang dan tanda tangan pengirim. Dimana bagian terakhir menyusun sebuah surat permohonan adalah nama terang penulis beserta tanda tangannya.

Download Contoh Surat Pengantar Proposal

Download DOC | Download PDF

Cara Membuat Surat Pengantar Proposal

Setelah mengetahui format yang digunakan sebagai pedoman penulisan surat pengantar proposal atau surat permohonan pada paragraf sebelumnya. Berikut terdapat beberapa cara membuat surat pengantar proposal yang wajib kamu ketahui.

  • Pertama, siapkan terlebih dahulu kop lembaga atau instansi. Buatlah kop surat yang informatif, jadi penerima dapat dengan mudah mengetahui dari mana atau instansi apa yang mengirim surat.
  • Kedua, tuliskan tempat dan tanggal pembuatan surat dengan benar. Di sini kamu bisa memposisikan bagian ini di sebelah kanan kertas maupun di sebelah kiri. Ketiga, tulis nomor surat dimana format nomor tersebut berbeda di masing-masing instansi.
  • Sebaiknya sesuaikan dengan format yang biasa digunakan di instansi mu. Apabila surat pengantar proposal memiliki lampiran, maka tuliskan berapa jumlah lampirannya. Pada bagian perihal kamu bisa menuliskan inti pokok dari pengiriman surat.
  • Keempat, tuliskan alamat surat yang isinya nama terang dan nama jabatan pihak penerima surat. Lanjutkan dengan menulis bagian isi surat permohonan dengan ringkas, padat dan jelas tanpa terlalu banyak basa-basi.
  • Terakhir, tulis nama kamu dan lengkapi dengan tanda tangan di atas nama pengirim. Untuk mempermudah para pemula khususnya kamu, sebaiknya langsung saja simak contoh surat pengantar proposal pada ulasan berikut ini.

Itulah tadi informasi singkat mengenai contoh surat pengantar proposal. Jika kamu bingung membuat proposal, silahkan baca contoh proposal di artikel yang lain.

Semoga dengan membaca ulasan di atas, kamu tidak lagi bingung dalam membuat surat jenis ini.


Leave a Comment