Resensi Buku

3 min read

penjelasan resensi buku

Resensi buku bisa anda dapatkan di perpustakaan atau tempat khusus untuk buku, bisa juga di toko buku dan toko lainnya.

Biasanya resensi buku juga dijadikan pelajaran untuk kalangan mahasiswa untuk mengetahui seberapa kemampuan membaca dan menulis kembali dari apa yang sudah dibaca.

Seperti halnya ketika anda akan merangkum anda harus membaca secara keseluruhan, resensi juga seperti itu. Bedanya resensi setiap orang berbeda-beda kata dan penyampaian dalam bentuk verbal, tapi intinya sama satu tujuan untuk menjelaskan tentang karya tulis yang sudah dibaca.

Apa Itu Resensi Buku?

pengertian resensi buku
sumber gambar: wired.com

Resensi buku merupakan tulisan yang berisi ulasan buk sedangkan Resensi berasal dari kata bahasa latin yaitu “recensere” yang artinya menilai, melihat kembali dan menimbang.

Nah dengan begitu anda akan mengetahui bahwa resensi itu seperti halnya anda melihat ulang buku tersebut sehingga anda akan lebih mudah lagi untuk memahaminya.

Resensi juga juga disebut sebagai suatu penilaian dari sebuah karya, tidak harus buku tapi bisa juga dram dan kaya seni film.

Resensi sendiri memiliki kelebihan dan juga kekurangan, karena memang sebuah karya tulisan yang ditulis kembali oleh orang yang meresensi untuk disampaikan kepada khalayak umum.

Jenis-Jenis Resensi Buku

jenis jenis resensi buku
sumber gambar: smithsonianmag.com

Resensi buku memiliki beberapa jenis secara garis besarnya terdapat 3 jenis. Untuk lebih lengkapnya silahkan kamu baca paragraf selanjutnya.

  1. Informatif, resensi yang disampaikan ini bersifat umum dan juga singkat dari keseluruhan buku yang dibaca. Jadi sifatnya itu memberikan informasi secara singkat dari pada kamu harus menunggu membaca buku yang cukup tebal. Hal ini bisa kamu pilih jika kamu ingin mencari informasi dari buku dengan waktu yang singkat.
  2. Deskriptif, resensi yang berisi tentang bahasan secara detail pada tiap bagian buku atau setiap babnya. Seperti halnya namanya yaitu deskriptif yang artinya menjelaskan, dengan demikian kamu dapat mengetahui lebih jelas tentang suatu karya dengan resensi deskriptif.
  3. Kritis, resensi yang bertujuan untuk mengulas secara detail buku dengan menggunakan metodologi ilmu pengetahuan. Resensinya biasanya bersifat objektif dan juga kritis dalam hal penilaian buku.

Tidak sepenuhnya resensi menggunakan satu jenis saja tetapi menggunakan dua atau tiga jenis secara bersamaan yang intinya sama yaitu menulis kembali. Ketiga jenis resensi tersebut dapat dilakukan secara bersamaan karena tidak baku.

Struktur Resensi Buku

struktur resensi buku
sumber gambar: rd.com

Setiap resensi buku terdapat strukturnya yang harus kamu ketahui ketika ingin meresensi buku. Jadi kamu tidak langsung asal menuliskan kembali informasi yang kamu baca.

Berikut ini urutan dalam meresensi buku.

  1. Adanya identitas buku yang terdiri dari judul, penerbit, tahun terbit, pengarang, ukuran buku dan tebal halaman. Bagian seperti ini bisa jadi tidak nampak secara langsung pada ulasan lagu dan film.
  2. Orientasi, terletak di paragraf pertama yaitu menjelaskan tentang kelebihan dan penghargaan yang didapatkan buku resensi tersebut.
  3. Sinopsis, bagian ini berupa ringkasan dari isi buku sesuai dengan apa yang dipahami oleh penulis. Biasanya berupa gambaran singkat dari karya tersebut.
  4. Analisis, berisi berbagai keberadaan unsur-unsur cerita misalnya tokoh, tema, dan juga alur
  5. Evaluasi, bagian ini memuat tentang kelebihan dan kekurangan karya tersebut

Unsur Resensi Buku

unsur resensi buku
sumber gambar: washingtonpost.com

1. Judul

Judul resensi sebaiknya berhubungan dengan resensi dari isi novel atau suatu karya lainnya. Judul juga dapat menarik pembaca untuk membaca lembaran selanjutnya. Untuk itu buatlah judul yang menarik tapi masih berhubungan dengan isi karya tersebut.

2. Data buku

Biasanya data buku berisi tentang Judul buku, pengarang, penerbit, tahun terbit serta cetakan ke berapa, dimensi buku dan harga buku. Anda bisa menyertakan data lainnya jika diperlukan.

3. Pembukaan resensi


Tentunya anda pasti melihat diawal sebelum isi buku terdapat kata sambutan dari penulis atau kata pengantar yang lainnya. Nah resensi buku juga terdapat pembukaan yang dapat berupa kata pengantar dari penulis resensi

4. Isi resensi

Bagian isi resensi biasanya berupa sinopsis. Anda dapat menyebutnya ulasan singkat dari isi buku atau karya tersebut. Nah kutipan yang singkat ini seperti ringkasan dari cerita novel.

Selain itu bagian ini juga berisi kelemahan dan kelebihan dari buku atau karya tersebut. Bagian ini juga terdapat rumusan kerangka buku serta bahasa yang digunakan.

5. Penutup resensi

Semua karya pasti ada penutupnya baik karya seni, sastra dan karya lainnya. Begitu juga dengan resensi harus ada penutupnya.

Cara Membuat Resensi Buku

cara membuat resensi buku
sumber gambar: wikimedia.org

Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu gunakan untuk membuat resensi buku

1. Silahkan tentukan buku yang akan diresensi

Hal ini menjadi hal pertama yang harus kamu tentukan sebelum meresensi. Anda dapat mempertimbangkannya sesuai dengan kemampuan menganalisis dari jenis buku. Misalnya saja buku roman, puisi, antologi puisi novel ataupun cerpen.

Kamu juga dapat meresensi buku non fiksi seperti halnya sejarah, biografi tokoh dan ilmu pengetahuan lainnya. Orang yang meresensi buku harus tahu jenis buku apa yang akan diresensi agar memudahkan kamu untuk dapat memahaminya.

2. Membaca buku yang akan diresensi

Selanjutnya anda harus membaca buku yang akan kamu resensi. Kamu dapat menggunakan cara cepat membaca untuk mempersingkat waktu.

Anda dapat mempelajari cara cepat membaca di artikel selanjutnya. Hal yang penting dari membaca yaitu kamu dapat mengambil inti dari novel atau karya tersebut.

3. Catatlah data atau informasi dari buku yang akan diresensi

Anda dapat mencatat informasi penting seperti judul buku, pengarang, tahun terbit, cetakan ke berapa, tebal buku dan harga buku.

4. Tulislah poin dari dalam buku

Nah inilah langkah yang cukup sulit dalam meresensi buku. Anda dapat menulis poin-poin yang penting. Jika ada kutipan yang mengesankan juga bisa anda ikutkan. Tulis gagasan yang dianggap penting secara singkat.

5. Menuliskan isi resensi

Kamu dapat memberikan komentar dan pandangan dari buku yang diresensi. Langkah untuk menulisnya yaitu buat informasi umum, ringkasan, penilaian buku, memperlihatkan sisi lain, kekurangan dan kelebihan serta penilaian dari segi bahasa.

6. Kesimpulan

Kamu dapat mengungkapkan kepada pembaca kenapa harus membaca buku ini dan apa ruginya jika tidak membaca buku ini.

Masih banyak hal lain tentang Resensi buku yang biasa anda ketahui di artikel selanjutnya. Kamu dapat membuat resensi seperti langkah yang sudah dijelaskan sebelumnya. Selain itu kamu juga dapat memahami apa saja yang harus ada dalam sebuah resensi dari penjelasan sebelumnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *