Contoh Penutup Proposal

Contoh penutup proposal berikut dapat menjadi sumber acuan buat kamu yang ingin menulis proposal, baik proposal kegiatan, penelitian, bisnis, ataupun proyek.

Sebelum membahas lebih lanjut contoh-contoh dari penutup proposal, sebaiknya kita pahami terlebih dulu apa yang dimaksud dengan proposal.

Contoh-contoh Bagian Penutup dari Proposal

Satu hal yang tak kalah penting dari bagian-bagian proposal yang meliputi pendahuluan, isi dan penutup adalah pada bagian penutupnya. Jika pada bagian pendahuluan dan isi membahas teknis kegiatan dan permasalahan utama, pada bagian penutup penulis proposal harus dapat meninggalkan kesan kepada donator sehingga tertarik untuk melakukan kerjasama.

Proposal yang baik adalah yang mengandung penutup karena bagian ini berfungsi sebagai penanda bahwa penjelasan sudah selesai. Inti dari bagian ini adalah penegasan kembali dari isi proposal serta harapan dari pembuat proposal.

Berikut ini adalah contoh penutup proposal berdasarkan jenis proposalnya, yang dapat kamu jadikan sebagai contoh dalam membuat proposal antara lain:

1. Contoh Penutup Proposal Bisnis

Demikian proposal ini kami buat dengan harapan permohonan pendirian bisnis kami dapat terkabulkan. Dari pendirian usaha ini kami berharap dapat membantu pemerintah dalam menyerap tenaga kerja yang berada di sekitar area usaha ini akan didirikan sehingga mengurangi jumlah pengangguran.

Saya menyadari bahwa kesempurnaan hanyalah milik Tuhan YME, sehingga dalam proses pembuatan proposal ini juga tidak lepas dari kekurangan. Oleh karena itu kritik dan saran yang bersifat membangun sangat kami harapkan agar penyusunan proposal selanjutnya menjadi lebih baik.

Akhir kata, terima kasih yang sebesar-besarnya kami ucapkan kepada pihak-pihak yang sudah membantu dalam proses terselesaikannya proposal ini, serta pihak yang berkenan membacanya. Kami berharap pelaksanaan bisnis yang akan kami dirikan dapat berjalan dengan lancar sesuai harapan.

2. Contoh Penutup Proposal Proyek

Demikian proposal pengadaan sarana dan prasarana SMA X ini kami buat sebagai bahan dalam melakukan pertimbangan. Meski masih jauh dari kata sempurna kami berharap permohonan yang kami ajukan dapat diterima.

Kritik dan saran juga kami harapkan agar penyusunan proposal di masa yang akan datang menjadi lebih sempurna. Atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih.

3. Contoh Penutup Proposal Penelitian

Sementara itu untuk penutup pada proposal penelitian terdiri atas kesimpulan, keterbatasan penelitian serta saran. Berikut adalah contoh penelitian yang dilakukan dalam bidang manajemen keuangan.

Kesimpulan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh goodwill dan intellectual capital terhadap nilai perusahaan pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda yang dilakukan, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:

  1. Goodwill tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Oleh karena itu, hipotesis pertama pada penelitian ini yang menyatakan bahwa goodwill berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan ditolak.
  2. Intellectual capital berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Oleh karena itu, hipotesis kedua pada penelitian ini yang menyatakan bahwa intellectual capital berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan

Keterbatasan Penelitian


Penelitian ini masih memiliki beberapa keterbatasan, diantaranya yaitu:

  1. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini masih sangat terbatas
  2. Penggunaan variabel yang memengaruhi nilai perusahaan hanya menggunakan variabel goodwill dan intellectual capital. Variabel lain yang mungkin berpengaruh tidak diikutsertakan dalam penelitian ini.
  3. Penggunaan periode penelitian yang kurang up to date

Saran

Berdasarkan kesimpulan dan keterbatasan yang dijelaskan sebelumnya, dapat disampaikan beberapa saran sebagai berikut:

  • Bagi calon investor yang ingin berinvestasi, sangat penting untuk mengetahui nilai intellectual capital yang dimiliki oleh sebuah perusahaan, karena terbukti bahwa nilai intellectual capital berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan.
  • Bagi peneliti selanjutnya yang mengangkat topik yang sama disarankan untuk menambah variabel dalam model penelitian serta menggunakan data terbaru agar hasil penelitian menjadi lebih up to date.

4. Contoh Penutup Proposal Kegiatan

Demikian proposal kegiatan sekolah Invitasi Bola Basket dalam rangka memperingati hari ulang tahun sekolah yang kami buat. Rencana kegiatan ini tidak akan dapat berjalan dengan lancar tanpa dukungan dari berbagai pihak. Oleh karenanya kami memohon dukungan dari Bapak/Ibu atas kesediaannya dalam memberikan bantuan berupa dana.

Kami berharap kegiatan ini dapat terlaksana dengan lancar sesuai dengan yang diharapkan dan dicita-citakan. Atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan banyak terima kasih.

Proposal dan bagian-bagiannya

Proposal sendiri memiliki banyak pengertian, sementara berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah rencana yang dituangkan sebagai rancangan kerja. Bentuk perencanaan tersebut bersifat sistematis, matang dan teliti yang dibuat sebelum penelitian, baik itu di lapangan ataupun di perpustakaan.

Tujuannya adalah untuk mendapatkan ijin, persetujuan ataupun dukungan dari pihak-pihak tertentu terhadap rencana yang ingin dilakukan. Selain itu, proposal juga dibuat guna mendapatkan dana atau sponsor dari rencana tersebut.

Sedangkan untuk fungsinya dibedakan berdasarkan jenis dari proposal, sebagai contoh proposal bisnis memiliki fungsi sebagai proyeksi dalam pendirian sebuah usaha atau bisnis. Proposal penelitian memiliki fungsi sebagai dasar pelaksanaan dari penelitian tersebut, penelitian proyek memiliki fungsi sebagai dasar dalam melakukan tender, serta masih banyak fungsi yang lainnya.

Proposal terbagi menjadi 4 jenis, yaitu:

  1. Proposal bisnis, proposal yang berkaitan erat dengan kegiatan bisnis baik yang dilakukan perorangan maupun kelompok seperti pengajuan kerjasama antar perusahaan, pendirian usaha, dll.
  2. Proposal proyek, proposal ini berisi rangkaian rencana kegiatan yang bersifat komersil seperti proyek pembangunan atau pengadaan sarana dan prasarana.
  3. Proposal penelitian, proposal ini digunakan dalam bidang akademik guna mengajukan kegiatan penelitian seperti skripsi, tesis, dll.
  4. Proposal kegiatan, proposal yang dibuat guna melakukan suatu kegiatan di lingkungan sekolah maupun luar sekolah, baik bersifat individu maupun kelompok. Proposal ini juga ditujukan untuk mengajukan permohonan dana yang mana timbal baliknya berupa space iklan.

Sementara itu untuk bentuk-bentuk proposal terbagi menjadi tiga, pertama adalah proposal non formal yang berupa memorandum atau surat terlampir, isinya tidak begitu lengkap namun mengandung unsur seperti masalah, pemecahan masalah, saran serta permohonan.

Kedua adalah proposal semi formal, unsur dan isinya mirip dengan proposal non formal namun penyajiannya lebih rapi lengkap dengan cover dan dijilid. Terakhir adalah proposal formal, yang terdiri atas 3 bagian meliputi pendahuluan, isi dan penutup.

Pendahuluan mengandung unsur sampul, halaman judul, kata pengantar, daftar isi dan lembar pengesahan. Isi mengandung latar belakang, batasan masalah, tujuan, ruang lingkup, kepanitiaan, waktu, dan biaya yang diperlukan sementara pada bagian penutup mengandung data pelengkap yang berupa daftar pustaka, tabel, lampiran, dll.

Untuk membuat sebuah proposal, harus ada aturan baku yang diikuti serta mengandung beberapa unsur wajib didalamnya. Unsur tersebut juga disesuaikan dengan jenis proposalnya, namun secara umum unsur yang terdapat didalam proposal antara lain:

  • Nama atau judul kegiatan
  • Latar belakang kegiatan
  • Tujuan kegiatan
  • Tema
  • Peserta atau sasaran
  • Tempat dan waktu kegiatan
  • Kepanitiaan
  • Rencana anggaran dan biaya kegiatan

Itu tadi adalah contoh penutup proposal, sebagai bahan masukan jangan lupa untuk memeriksa kembali proposal kamu sebelum menyerahkannya kepada pihak lain terkait tata bahasa, penggunaan kalimat serta tampilan dari proposal.


Leave a Comment