SBMPTN merupakan salah satu seleksi bersama untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang diadakan oleh pemerintah.

Jalur tes tertulis ini dapat diikuti oleh peserta lulusan sekolah menengah tahun ini, tahun kemarin dan 2 tahun sebelumnya. Ada beberapa bidang studi dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN)

Kenali Lebih Jauh SBMPTN

kenali sbmptn

kampus UGM Jogja -tribun

SBMPTN merupakan singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Tes tertulis ini dilaksanakan serentak pada hari yang sama di seluruh wilayah Indonesia.

Sedangkan Um SBMPTN Adalah SBMPTN untuk mendaftar ke Universitas Negeri Malang. Universitas ini menjadi salah satu kampus favorit yang banyak diburu oleh calon mahasiswa.

Penilaian SBMPTN tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. SBMPTN tahun kemarin nilai sangat rahasia dan tidak pernah keluar.

Sehingga para peserta tidak tahu berapa nilai yang diperolehnya. Tetapi berbeda dengan tahun ini, peserta akan mengetahui hasilnya dan dapat mendaftar ke PTN yang diinginkan.

Alur Pendaftaran SBMPTN yaitu mendaftar UTBK, kemudian test UTBK. Tunggu nilai UTBK dan daftar SBMPTN. Nilai UTBK tersebut yang menjadi penentu peserta lolos atau tidak dalam ujian SBMPTN.

Setelah mendaftar, tunggu hingga adanya pengumuman hasil SBMPTN. Jika sudah lulus SNMPTN, siswa tidak bisa mengikuti jalur SBMPTN.

Syarat

syarat sbmptn

kampus UI Jakarta – kampusaja.com

Syarat Um SBMPTN yaitu :

  1. Siswa SMA/ SMK/ MA/ Sederajat lulusan tahun 2017, 2018, dan 2019.
  2. Siswa lulusan 2017 dan 2018 harus sudah memiliki ijazah.
  3. Bagi Siswa lulusan 2019 harus memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah yang disertai dengan informasi diri dan pas foto berwarna serta terbaru. SUrat juga ditandatangani oleh Kepala Sekolah dan di cap stempel yang sah.
  4. Memiliki Nilai UTBK.
  5. Memiliki NISN.
  6. Memiliki kesehatan yang memadai.
  7. Mengunggah porfotolio bagi peserta yang memilih studi bidang kesenian dan olahraga.
  8. Biaya ditanggung oleh peserta dan subsidi pemerintah.
  9. Tidak lulus jalur SNMPTN.

Cara Daftar

daftar sbmptn

daftar sbmptn – its.ac.id

Cara Daftar SBMPTN yaitu dengan membuka laman resmi SBMPTN yang sudah disepakati. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Mengisi biodata bagi peserta yang belum terdaftar di SNMPTN.
  2. Memilih PTN dan program studi sesuai dengan ketentuan bahwa pendaftaran hanya dapat memilih maksimal du PTN dengan dua program studi.
  3. Mengunggah porfotolio sesuai syarat bagi pendaftar yang memilih program studi bidang kesenian dan olahraga.  Porfotolio dapat diunggah di laman resmi SBMPTN.
  4. Mengunggah dokumen lainnya sesuai dengan persyaratan yang dibutuhkan dalam pendaftaran SBMPTN.

Biaya Um SBMPTN yaitu sebesar Rp. 200.000. Calon mahasiswa dapat mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebanyak dua kali. Jadwal SBMPTN dapat Anda lihat di laman resmi SBMPTN. Tentu data di laman tersebut valid dan terpercaya.

Tips Masuk SBMPTN

tips masuk sbmptn

tips masuk sbmptn – tirto

1. Urutkan Pilihan Jurusan Sesuai Peringkat dan Peminat

Tips Masuk SBMPTN yang pertama yaitu mengurutkan pilihan jurusan sesuai peringkat maupun peminatnya. Jangan sampai Anda gagal karena salah memilih jurusan. Selain itu, Anda juga perlu mengurutkan prodi apa yang menjadi minat Anda terbesar menuju prodi dengan minat agak besar.

2. Memanfaatkan Sistem Penilaian Baru

Tips selanjutnya yaitu memanfaatkan sistem penilaian baru yang tidak menyertakan pengurangan nilai. Sehingga Anda dapat menjawab lebih banyak soal. Jika Anda memang tidak dapat mengerjakan, Anda tetap harus mengisinya.

3. Mengikuti Try Out SBMPTN

Banyak media-media yang menawarkan try out bagi kalangan pelajar maupun alumni. Dengan mengikuti try out atau latihan soal, Anda dapat mengukur kadar kemampuan Anda dalam mengerjakan soal.

Strategi memilih PTN dan Program Studi

tips pilih kampus sbmptn

tips pilih kampus sbmptn

1. Mengetahui peraturan terkait pilihan Prodi SBMPTN

Strategi pertama dalam menentukan Pilihan PT SBMPTN Dan Program Studi. Jika Anda memilih kedua prodi semua Saintek, maka pilihlah kelompok ujian Saintek.

Jika kedua prodi yang diincar Soshum, maka pilihlah kelompok ujian Soshum. Sedangkan ketika Anda memilih prodi Saintek dan Soshum, maka pilih ikuti kelompok ujian Saintek dan Soshum.

2. Pahami Peta Persaingan

Pilihan program studi yang pertama tentu menjadi pilihan yang menunjukkan prioritas Anda. Anda juga harus menentukan pilihan yang rasional yaitu ketika skor tinggi dan diatas prodi pilihan Anda dapat memilihnya.

Tetapi jika skor anda lebih rendah dibanding dengan pilihan prodi, sebaiknya prodi tersebut diganti sesuai dengan skor yang Anda peroleh.

3. Daya Tampung dan Peminat Tahun Sebelumnya

Sebelum memilih prodi, Anda dapat menyeleksi prodi-prodi tersebut berdasar daya tampung. Terkadang ada pengurangan atau penambahan kuota dari tahun sebelumnya. Selain itu, Anda juga perlu melihat peminat prodi tersebut pada tahun sebelumnya.

SBMPTN menjadi salah satu jalur seleksi untuk masuk ke perguruan tinggi yang bisa Anda pilih. Ikuti perkembangan dan informasi seputar SBMPTN agar Anda tidak ketinggalan beritanya.

Jangan sampai Anda tidak mengetahui informasi lengkap sehingga Anda mengalami kegagalan atau tidak ikut tes seleksi.