IAIN Kerinci Jambi adalah salah satu perguruan tinggi islam yang ada di Jambi. Perguruan tinggi tersebut termasuk ke dalam perguruan tinggi unggulan dan favorit.

Profil Dan Sejarah IAIN Kerinci Jambi

Pendirian dari perguruan tinggi ini diawali dengan pendirian Fakultas Syari’ah Muhammadiyah pada 1964. Pendiri fakultas tersebut adalah KH Daud Qahiri serta Sutan Abdullah Arifin. Pembangunan tersebut memperoleh dukungan penuh dari Bupati KDH Tk II Syamsu Bahrun.

Kemudian Prof Dr Mahmud Yunus memberikan suatu saran tentang penegrian fakultas tersebut serta menjadi bagian dari IAIN Imam Bonjol Padang. Sayangnya tawaran tersebut ditolak dan pihak dari fakultas Syari’ah Muhammadiyah lebih memilih untuk menjadi bagian dari IAIN STS Jambi.

Karena pada saat itu fakultas Syari’ah belum memenuhi syarat sebab jumlah mahasiswa kurang memadai. Oleh karena itu fakultas Syari’ah dijadikan satu bagian dengan fakultas lain. Setelah kapasitas mahasiswa memadai, fakultas Syari’ah pun kembali berdiri sendiri.

Dari waktu ke waktu fakultas Syari’ah tersebut mengalami suatu peningkatan hingga akhirnya menjadi fakultas Madya. Kemudian status dari fakultas Syari’ah tersebut kembali menjadi fakultas mandiri dengan nama fakultas Syari’ah IAIN STS Jambi di Kerinci. Walaupun telah mandiri, tetapi masih menginduk pada IAIN STS.

Karena letak dari IAIN STS sebagai perguruan tinggi induk dan fakultas Syari’ah mempunyai jarak yang cukup jauh, telah melanggar suatu ketentuan pemerintah. Sehingga fakultas Syari’ah tersebut diputuskan untuk menjadi perguruan tinggi induk dengan memanfaatkan PP No 11 tahun 1997. Sehingga fakultas Syari’ah pun berubah menjadi STAIN Kerinci dan tidak menginduk pada IAIN STS.

Setelah berhasil menjadi STAIN mandiri, perguruan tinggi tersebut pun meningkatkan kualitas status perguruan tinggi. Hingga pada akhirnya berhasil meraih status sebagai IAIN Kerinci.

Berikut ini adalah biaya kuliah di IAIN Kerinci Jambi untuk tiap fakultas tergantung kelompoknya:

UKT / SPP IAIN Kerinci Jambi

Fakultas Kel I Kel II Kel III Kel IV
Ekonomi dan Bisnis Islam 0 – 400.000 1.100.000 1.200.000 1.300.000
Syariah dan Bisnis Islam 0 – 400.000 1.000.000 1.200.000 1.300.000
Tarbiyah dan Keguruan 0 – 400.000 1.000.000 – 1.500.000 1.200.000 – 1.900.000 1.300.000 – 2.300.000
Ushuludin, Adab dan Dakwah 0 – 400.000 1.000.000 1.000.000 1.100.000

Fakultas dan Jurusan

FAKULTAS SYARI’AH

  • Hukum Ekonomi Syariah (Muamalat)
  • Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah)

FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN

  • Pendidikan Bahasa Inggris (PBI)
  • Pendidikan Agama Islam (PAI)
  • Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
  • Pendidikan Biologi (PBIO)
  • Pendidikan Matematika (PMTK)
  • Bimbingan Konseling Islam (BKI)
  • Manajemen Pendidikan Islam (MPI)

JURUSAN USHULUDDIN, ADAB DAN DAKWAH

  • Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IQT)
  • Manajemen Dakwah (MD)

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM

  • Ekonomi Syariah (ES)
  • Perbankan Syariah (PbS)

PASCA SARJANA

  • Pendidikan Agama Islam (PAI)

Arti Logo IAIN Kerinci Jambi

logo iain kerinci

logo iain kerinci

Logo dari IAIN Kerinci Jambi mempunyai makna yang sangat kompleks. Gambar segi lima merupakan simbol dari Pancasila. Untuk gambar bulu angsa sebagai simbol pena.

Sedangkan untuk kubah masjid merupakan simbol dari persatuan dan kesatuan akidah –akidah islam. Gambar buku pada logo merupakan alquran yang menjadi dasar ilmu pengetahuan.

Fasilitas dan Akreditasi IAIN Kerinci Jambi

Fasilitas yang diperoleh para mahasiswa sangat kompleks. Fasilitas tersebut meliputi perpustakaan, laboratorium, ruang kelas nyaman dan lain –lain. Dengan fasilitas tersebut mahasiswa dapat belajar dengan baik dan menjadi tokoh yang berguna dalam masyarakat.

Untuk akreditasi dari perguruan tinggi ini dalam peringkat B. Tetapi ada beberapa prodi yang masih memiliki status akreditasi C, yaitu Tadris Bahasa inggris, Tadris matematika, Tadris biologi dan pendidikan bahasa Arab.

Pendaftaran IAIN Kerinci Jambi

Perguruan tinggi ini menyediakan 3 buah jalur pendaftaran. Jalur tersebut meliputi UM PTKIN, SPAN PTKIN dan jalur mandiri. Itulah review lengkap mengenai IAIN Kerinci Jambi.