Politik luar negeri indonesia dalam menjalin hubungan internasional sangat diperlukan bagi kesejahteraan warganya. Dalam berinteraksi antarnegara, negara perlu mengetahui bagaimana cara menjalin hubungan antarnegara dengan baik. Tata cara pergaulan internasional tersebut sama halnya dengan manusia di dunia ini.

Yang mana dalam berinteraksi, ada beberapa tatanan ataupun aturan di dalamnya sehingga tidak akan timbul masalah-masalah yang lebih kompleks.

Dalam pergaulan dunia, setiap negara memiliki hak untuk membentuk kebijakan politiknya sendiri. Dalam konteks ini, kebijakan-kebijakan tersebut dikenal dengan politik luar negeri. Hubungan kerja sama negara Indonesia dengan negara lain misalnya, dapat dijadikan contoh perwujudan politik luar negeri Indonesia.

Lalu apa itu politik luar negeri? Dan apa itu politik luar negeri Indonesia? Beberapa ulasan dibawah ini akan menjawab keingintahuan Anda.

Pengertian Politik Luar Negeri Indonesia

Apakah yang dimaksud dengan politik luar negeri? Sebelum membahas lebih jauh tentang keterkaitannya dengan Indonesia, Anda perlu mengetahui hal tersebut terlebih dahulu.

Politik luar negeri adalah suatu tatanan atau kebijakan dalam berhubungan antar negara yang mencakup nilai, sikap, tatanan bagi setiap negara yang memiliki hubungan internasional dengan tujuan untuk mempertahankan, melindungi, dan untuk memajukan kepentingan suatu negara dengan negara lainnya.

Baca juga : Sistem Politik Di Negara Amerika Serikat

Apakah Politik Luar Negeri Indonesia dalam Menjalin Hubungan Internasional? Indonesia memiliki politik luar negeri yang bersifat bebas aktif.

Bebas memiliki maksud bahwa Indonesia tidak memihak suatu negara tertentu atau blok tertentu yang terdapat di dunia. Sedangkan aktif memiliki pengertian bahwa negara Indonesia selalu aktif dalam memecahkan permasalahan internasional dan menciptakan perdamaian dunia.

Politik luar negeri Indonesia telah memberikan warna tersendiri bagi interaksi, perjanjian, dan kerja sama internasional suatu negara tertentu. Warna tersebut dapat dilihat dari isi Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 pada alenia keempat.

Isinya tentang tujuan negara yang berbunyi “……ikut serta dalam perdamaian dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. Dari isi tersebut, dapat disimpulkan bahwa politik luar negeri Indoneasia memiliki warna tertentu.

Tujuan Politik Luar Negeri Indonesia

Menurut Muhammad Hatta, politik luar negeri Indonesia memiliki beberapa tujuan sebagai berikut:

  • Meningkatkan hubungan antarbangsa dari suatu negara tertentu sebagai wujud pelaksanaan cita-cita yang tersimpul di dalam Pancasila, dasar dan filsafat negara kita
  • Mendapat input barang dari luar negeri yang diperlukan oleh negara untuk menciptakan kemakmuran rakyat
  • Meningkatkan perdamaian antarnegara secara internasional
  • Memberikan pertahanan untuk kemerdekaan bangsa dan melindungi negara

Bukti Kerja Sama Indonesia Dengan Organisasi Internasional

Indonesia dikenal sebagai negara yang aktif berpartisipasi terhadap kegiatan internasional. Berikut adalah beberapa contoh partisipasi Negara Indonesia.

  • Ikut serta menjadi anggota PBB yang ke-60 pada tanggal 28 September 1950
  • Ikut serta dalam penyelenggaraan Konferensi Asia-Afrika atau KAA pada tahun 1955 yang menciptakan solidaritas dan semangat negara-negara Asia-Afrika lalu lahirlah Dasasila Bandung
  • Indonesia menjadi salah satu pendiri Gerakan Non-Blok atau GNB tahun 1961
  • Aktif mengikuti pesta olah raga internasional seperti Asian Games, SEA Games, Olimpiade, dan lainnya

Hal lain yang membuktikan adanya politik luar negeri Indonesia dapat dilihat dari pemikiran para pendiri negara atau founding fathers dalam mengemukakan bahwa Pembukaan UUD 1945 telah didasarkan pada kenyataan bahwa sebagai negara yang baru merdeka, Indonesia harus siap dihadapkan pada lingkungan interaksi. Interaksi tihak hanya mencakup nasional melainkan juga internasional.

Itu mengapa politik luar negeri Indonesia dalam menjalin Hubungan Internasional sangatlah penting bagi kemaslahatan bersama.

Referensi Tambahan:

  1. http://www.artikelsiana.com/2015/03/pengertian-politik-luar-negeri-tujuan.html?m=1
  2. https://googleweblight.com/i?u=https://www.padamu.net/politik-luar-negeri-indonesia-bebas-aktif&hl=en-ID
  3. https://googleweblight.com/i?u=https://www.zonareferensi.com/pengertian-politik-luar-negeri/&hl=en-ID
  4. https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-politik-luar-negeri/9281

Originally posted 2018-07-07 11:50:05.