Present Perfect Tense

Present perfect tense, kamu yang tengah belajar bahasa inggris pastinya sudah tidak asing dengan istilah yang satu ini.  Perfect tense sendiri merupakan salah satu tenses yang seringkali kita gunakan dalam aktivitas sehari-hari, tentunya dalam hal berbicara bahasa inggris.

Ada beberapa alasan mengapa kamu perlu mempelajari tentang tenses ini. Salah satunya yakni memudahkan kamu membuat kalimat yang merujuk pada kegiatan yang sudah terjadi.

Nah, bagi kamu yang masih bingung dengan penggunaan dari tenses ini, kamu bisa menyimak ulasan di bawah ini!

Apa Itu Present Perfect Tense?

Present perfect tense merupakan salah satu tenses yang berfungsi untuk menjelaskan kegiatan yang sudah terjadi tetapi tidak jelas kapan selesainya. Jika dibandingkan dengan Simple Past, tentu lebih mudah untuk dibedakan karena Simple Past selalu menggunakan waktu yang spesifik. Misalnya:

I watched the movie with him at 7 last night. (Simple Past)

Kalimat di atas memiliki waktu yang spesifik untuk menjelaskan kapan kegiatan itu terjadi. Berbeda dengan contoh di bawah ini:

I have watched the movie with him 2 times. (Present Perfect)

Pada kalimat di atas dapat diketahui bahwa tidak ada waktu spesifik mengenai kapan kegiatan terjadi.

Dari perbandingan di atas, tentu kamu sudah tidak perlu bingung lagi jika dihadapkan perbandingan antar keduanya.

Rumus Present Perfect Tense

Tak lengkap jika sudah mengetahui pengertian present perfect namun tidak mengetahui rumusnya, berikut adalah rumus dari tenses ini:

Verbal Patterns:

(+) S + Have/Has + V3 + O

(-) S + Have/Has + not + V3 + O

(?) Have/Has + S + V3 + O?

(-?) Haven’t/ Hasn’t + S + V3 + O?

Nominal Pantterns:


(+) S + Have/Has + been + Complement (pelengkap, bisa Adjective, adverb, atau noun)

(-) S + Have/Has + not + been + Complement

(?) Have/Has + S + been + Complement?

(-?) Haven’t/ Hasn’t + S + been + Complement?

Have digunakan untuk subjek I, you, we, they saja, sedangkan untuk Has hanya digunakan subjek she, he, it, nama orang, atau benda. Nah, agar kalimat yang kamu buat benar, kamu harus mengikuti aturan pemakaian have dan has. Jangan sampai salah dalam penggunaannya.

Untuk verb atau kata kerja yang digunakan, present perfect menggunakan verb 3. Dari keduanya akan muncul penerjemahan yang mudah dipahami yakni kata “sudah”.

Jadi, jika kamu ingin mengatakan semisal, “saya sudah….”, kamu bisa menggunakan rumus di atas untuk berbicara.

Lalu untuk kalimat interrogative atau pertanyaan, aturan strukturnya menggunakan struktur yang sudah paten untuk semua tenses.

Maksudnya paten adalah, dalam pertanyaan kita membutuhkan kata kerja bantu yang disebut dengan auxiliary. Ada banyak auxiliary yang ada pada pembahasan grammar, salah satunya adalah auxiliary have atau has untuk present perfect ini.

Time Expression Present Perfect

Walaupun present perfect tidak menyebutkan waktu spesifiknya kapan menyelesaikan suatu pekerjaan, tetapi ada cara mudah memahaminya. Yakni, dengan mengetahui time expression atau waktu-waktu yang bisa dijadikan penanda bahwa kalimat yang kamu jumpai adalah kalimat present perfect.

  • Just: baru saja
  • Just now: baru saja
  • Already Sudah
  • Often : Sering
  • Yet : belum
  • For : Selama
  • Since : Sejak

Contoh Kalimat Present Perfect Tense.

Ketika sudah mengetahui pengertian, rumus, hingga time expressionnya, tentu tidak lengkap jika kamu tidak mengetahui penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari atau dailylife. Nah berikut adalah contoh-contoh dari present perfect yang mudah dipahami.

  • I have already eaten : Aku sudah makan
  • She has not come yet : Dia belum datang
  • Lisa has just texted me : Lisa baru saja mengirimiku pesan
  • We have studied since they have left this place : Kita sudah belajar sejak mereka meninggalkan tempat ini.
  • You have not understood yet about that lesson : Kamu belum paham mengenai pelajaran itu.

Nah, setelah mengetahui tentang present perfect tense, kini kamu tidak perlu bingung lagi jika ingin mengucapkan berbagai kegiatan yang sudah atau belum kamu kerjakan.

Kamu hanya perlu memperhatikan pola kalimat yang ada pada rumus agar kalimat yang kamu buat benar. Semoga informasi di atas membantu.


Leave a Comment