Application Letter

Membuat Application Letter akan membantu Anda mendapatkan pekerjaan yang keren dengan penghasilan yang cukup besar.

Application Letter atau dalam bahasa indonesia artinya surat lamaran pekerjaan yaitu surat resmi berupa surat bisnis atau surat yang digunakan untuk melamar pekerjaan di sebuah perusahaan atau instansi tertentu.

Apa Itu Application Letter?

pengertian application letter
gambar: Forbes

Application Letter atau sering disebut juga dengan nama cover letter. Application letter adalah dokumen yang dipergunakan untuk melamar kerja.

Surat ini biasanya disertakan dengan resume yang berisi mengenai informasi tambahan terkait kemampuan dan pengalaman kerja sang pelamar.

Ada hal penting yang harus Anda sertakan dalam membuat Application letter yaitu memberikan penjelasan detail mengapa Anda adalah kandidat yang sesuai dengea pekerjaan yang dilamar.

Pemilihan kata dan bahasa harus efektif dan alasannya juga harus sesuai atau dengan pekerjaan yang akan dilamar tersebut.

Application letter yang baik akan menjadikan Anda sebagai kandidat kuat untuk pekerjaan yang dilamar. Selain itu, dokumen ini akan menambah kemungkinan Anda dipanggil lagi untuk mengikuti wawancara kerja.

Format Application Letter

format application letter
gambar: mentalfloss.com

Cara membuat Application Letter yang baik yaitu dengan menggunakan format penulisan bisnis formal. Format penulisan pada dokumen ini memiliki beberapa ciri khusus yaitu dengan menggunakan bahasa profesional.

Pastikan dalam penulisan application letter tidak ada typo dan kesalahan gramatikal sekecil apapun. Jangan lupa untuk mencantumkan informasi berupa kontak agar mudah untuk dihubungi.

Application letter harus menjelaskan mengapa pekerjaan yang dilamar tersebut sangat cocok untuk dipegang oleh Anda.

Anda juga dapat menjelaskan pengalaman-pengalaman yang pernah dialami dimana pengalaman tersebut masih berkaitan dengan pekerjaan yang Anda lamar.


Format application letter yang bagus tidak bertele-tele, singkat, padat dan jelas.

Format detail membuat Application Letter

1. Heading

Pada bagian heading, Anda dapat menuliskan informasi-informasi detail tentang identitas Anda. Seperti nama, alamat lengkap meliputi kota provinsi dan kode pos, nomor telepon dan email.

Kemudian tulis tanggal surat pada baris selanjutnya. Jangan lupa menuliskan nama dari perekrut, jabatannya dan alamat lengkap perekrut.

2. Subjek

Ketika melamar pekerjaan dilakukan secara online, maka Anda harus menuliskan pada bagian subjek bertuliskan pekerjaan yang dilamar beserta nama Anda.

Dengan menuliskan nama pada subjek tersebut maka perekrut akan lebih jelas mengenai nama dan posisi apa yang akan Anda ambil.

3. Greeting

Mulailah penulisan application letter dengan greeting atau sapaan. Misalnya Dr / Mr / Mrs. Namun jika Anda tidak mengetahui nama perekrut, maka dapat menuliskan Deaing hiring manager.

4. Body of Letter

Paragraf pertama dapat dijelaskan mengapa Anda membuat surat tersebut. Sebutkan pekerjaan yang Anda lamar dan dimana Anda menemukan lowongan pekerjaan tersebut, misalnya Anda dapat dari situs jobskarir.id.

Paragraf kedua sebaiknya berisi apa yang Anda tawarkan pada perekrut termasuk dalam kemampuan dan pengalaman kerja Anda. Sebutkan mengapa Anda cocok menjadi kandidat terkuat untuk pekerjaan tersebut.

Paragraf ketiga berisi ucapan terima kasih kepada perekrut.

5. Signature

Signature pada application letter dengan bahasa yang sopan seperti regards atau sincerely. Kemudian tambahkan tanda tangan yang diikuti dengan nama jelas. Jika mengirim melalui email, Anda cukup menuliskan nama jelas yang diikuti dengan informasi kontak.

Contoh Application Letter

Jakarta, May 6th, 2019

Attention To:

Dearing Hiring Manager

In Jakarta

 

Dear Sir/Madam,

I am writing express my interest in applying as an Manager. My name is Zaskia Syella Putri, 26 years old, female, single, healthy and energic. I graduated from UII on February 2015.

I have over 4 year experience as broadcast manager at Grand Nusa Hotel. While working there, I often get awards.

I hope my past experience is intruguin enough. I hope my qualification and working experiences could be your consideration and look forward to your repplay.

 

Sincerely yours,

Zaskia Syella Putri

Hone : 086 8922 8293

Perhatikan dengan benar dan teliti ketika menulis Application Letter.

Karena application letter berpengaruh besar apakah Anda akan diterima atau tidak mengenai pekerjaan yang dilamar.


24 thoughts on “Application Letter”

  1. application letter is a letter made by someone who contains information or data from job applicants and applicants to determine certain positions.

    Aplication letter adalah surat yang di buat seseorang yang berisi tentang informasi atau data dari pelamar kerja dan pemohon untuk menetapkan posisi tertentu.

    Reply

Leave a Comment