Pengertian Bisnis Online Menurut Para Ahli

2 min read

pengertian bisnis online

Belajar tentang bagaimana membangun bisnis online harus dilakukan dengan beberapa tahap. Mulai dari memahami pengertian bisnis online itu apa (dari ahlinya tentunya), bagaimana cara memulainya, sampai ke mengembangkan menjadi bisnis yang serius.

Penting untuk memahami teori terlebih dahulu. Bukan berarti melupakan praktek, tetapi untuk membangun rencana yang matang. Rencana matang inilah yang harus kita ulik dan hanya bisa didapat dari mereka yang sudah ahli. Istilahnya, belajar dari pengalaman orang lain.

Nah, dalam tulisan ini, kita akan membahas tentang pengertian bisnis online menurut para ahli. Mulai dari KBBI, Wikipedia, dan para pakar bisnis di Indonesia maupun luar negeri. Langsung simak aja yuk!

Pengertian Bisnis Online Menurut KBBI

KBBI menerangkan, bisnis online adalah usaha komersial dalam bidang perdagangan yang dilakukan menggunakan internet sebagai medianya. Usaha komersial ini bisa berupa barang atau jasa.

Jika dilihat dari pengertian tersebut, maka fokus dari bisnis online tetaplah sama dengan bisnis offline. Sama-sama melakukan transaksi jual beli dengan menggunakan uang sebagai alat transaksinya. Hanya berbeda media saja.

Pengertian Bisnis Online Menurut Wikipedia

Wikipedia menjelaskan, bisnis online merupakan serangkaian aktivitas dalam jual beli barang dan jasa lewat internet. Aktivitas tersebut juga meliputi proses pengenalan produk yang dilakukan melalui kegiatan pemasaran digital.

Selain menggunakan uang sebagai alat transaksinya, dalam bisnis online bisa saja menggunakan uang elektronik. Uang elektronik di Indonesia sudah banyak berkembang, sebut saja Gopay, Dana, Ovo, LinkAja, dan masih banyak lainnya.

Pengertian Bisnis Online Menurut Pakar Indonesia

Mengenal bisnis online secara lebih mudah melalui pengertian dari para pakar bisnis di tanah air. Bisnis yang dilakukan tentu sangat bergantung pada lokasi, budaya, dan kebiasaan masyarakatnya.

Yudhi Wicaksono

Bisnis online ialah aktivitas jual beli dalam jaringan (daring) dengan memanfaatkan fitur belanja online seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli, hingga toko online sendiri. Selain itu juga ada aktivitas untuk membangun merek kepada calon konsumen.

Dalam aktivitas tersebut juga nantinya akan ada proses pemasaran produk. Pemasaran dimulai dari mengenali target audiens, mencari di mana mereka biasanya berkumpul, menggali apa saja masalah mereka, memberikan solusi-solusi kreatif kepada mereka, dan barulah mengenalkan produk kita.

Jasmadi dan Solusindo

Bisnis online merupakan wadah untuk berbagi informasi yang kita miliki dan ahli di bidangnya, kemudian berhasil mengumpulkan banyak orang yang punya minat sama dan membentuk komunitas yang saling mendukung di sosial media maupun forum internet.


Barulah, nanti kita hadir sebagai pembawa solusi untuk mereka yang memiliki kendala dengan menawarkan produk berkualitas. Hal ini lebih mengarah pada fase untuk mengajak orang-orang yang ada di internet mulai dari mengenal, tertarik, mencoba, hingga berlangganan dan jadi pelanggan loyal.

Dedik Kurniawan

Bisnis online merupakan serangkaian aktivitas yang dilakukan oleh orang di internet untuk bertransaksi atau dalam bahasa sehari-hari disebut juga belanja online. Aktivitas belanja tentu tidak serta merta langsung pergi ke pasar online seperti Shopee atau Tokopedia lalu membayar barang yang dibeli.

Tetapi, lebih dari itu. Kita memulai dari kegiatan yang bersifat kasual, seperti berbagi foto di sosial media, melihat orang lain punya barang yang bagus, mencari tau brand apa dari barang tersebut, di mana kita bisa membelinya, hingga memutuskan untuk membeli barang yang diincar.

Pengertian Bisnis Online Menurut Pakar Luar Negeri

Menilik definisi sederhana tentang bisnis online jika ditinjau dari para pakar bisnis luar negeri yang sudah malang melintang sebelumnya. Pakar-pakar ini telah mempelajari seluk beluk ilmu ekonomi dengan cukup baik.

Menurut Hent dan Urwick

Bisnis online adalah serangkaian kegiatan dalam proses jual beli yang dilakukan oleh beberapa pihak, meliputi produsen, distributor, dan konsumen. Proses ini tidak serta merta terjadi begitu saja. Namun harus melalui proses yang panjang dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Selain produk, bisnis online menurut Hent dan Urwick juga meliputi pelayanan jasa. Jasa yang diberikan haruslah memenuhi kebutuhan konsumen. Konsumen bisa dari masyarakat, pemerintah, hingga korporasi itu sendiri. Pemenuhan kebutuhan

Menurut L. R. Dicksee

Bisnis online dikaitkan dengan ilmu ekonomi yang umum meliputi 3 hal utama, yakni produsen, distributor, dan konsumen. Roda tersebut-lah yang akhirnya menunjang setiap aktivitas belanja online di internet yang kita lakukan sehari-hari.

Peran ketiga pihak tadi sangat berhubungan dan sama pentingnya. Apabila salah satu tidak terpenuhi kebutuhannya, atau ada kendala, maka akan terjadi ketidakseimbangan dalam roda bisnis online.

Menurut Owen

Bisnis online merupakan kegiatan yang fokus pada pemenuhan kebutuhan konsumen yang dilakukan oleh produsen dengan cara membuat produk berupa barang dan jasa. Barang dan jasa inilah yang nantinya didistribusikan kepada konsumen supaya masalah mereka bisa terselesaikan.

Dalam pertukaran tersebut, ada yang namanya nilai transaksi. Nilai transaksi ini bisa berbeda-beda sesuai kesepakatan penjual dan pembeli. Faktor yang mempengaruhi besaran nilai transaksi juga bermacam-macam, mulai dari pengaruh brand, tingginya permintaan, hingga langkanya barang atau jasa.

Nah, itulah tadi beberapa penjelasan singkat tentang pengertian bisnis online menurut para ahli. Mulai dari definisi KBBI, Wikipedia, pakar bisnis di Indonesia hingga luar negeri.

Mudah-mudahan, Anda bisa terbantu dengan beberapa penjelasan di atas. Semoga makin jago dan siap untuk memulai bisnis online, ya. Semangat!


Pengertian Wirausaha

admin-yusron
7 min read

Pengertian Statistik

admin-yusron
3 min read

Pengertian Koperasi

admin-yusron
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *