Kelebihan Minyak Bumi

Minyak bumi adalah campuran hidrokarbon cair. Minyak bumi ditemukan dalam strata batuan tertentu dan itulah mengapa tidak setiap negara di dunia memiliki sumber minyak bumi.

Minyak bumi adalah salah satu komoditas paling populer yang menyediakan bahan bakar untuk gaya hidup manusia saat ini.

Ada banyak manfaat minyak bumi namun ada pula kerugiannya yang bahkan menciptakan kerusakan jangka panjang. Apa sajakah kegunaan minyak bumi?

1. Minyak Sangat Mudah Diekstraksi

Meskipun minyak ditemukan dalam strata batuan, mengakses sumber daya ini agak sederhana. Berbagai metode dapat digunakan untuk mengebor ke dalam lapisan batuan dan kemudian memompa minyak bumi sehingga dapat disempurnakan di masa depan.

Bahkan ketika cadangan minyak bumi berada jauh di bawah tanah atau di bawah dasar lautan, teknologi modern memungkinkan manusia untuk mengakses sumber daya bahan bakar ini untuk kepentingan masyarakat.

2. Bahan Bakar Berkepadatan Tinggi

Minyak bumi bukan sumber bahan bakar dengan kepadatan tertinggi di bumi, tetapi ini adalah salah satu yang terbaik. Ketika minyak bumi disuling dan dibakar, minyak bumi menghasilkan rasio kekuatan 1: 10.000.

Hanya membutuhkan sedikit bahan bakar untuk menghasilkan energi yang besar. Bahan bakar kemudian dapat diubah menjadi sumber daya yang memungkinkan manusia untuk mengoperasikan segala sesuatu dari kendaraan ke mesin pemotong rumput.

3. Minyak Bumi Dapat Diangkut Dalam Jarak Jauh

Ketika minyak bumi diekstraksi, bentuk cairnya akan mudah dipindahkan dari satu lokasi ke lokasi lain karena viskositasnya.


Jaringan transportasi yang mencakup jaringan pipa, truk, dan pengiriman berbasis tanker dapat dengan cepat membawa minyak bumi dari satu bagian dunia ke bagian lainnya.

4. Menyediakan Bahan Bakar Yang Bekerja Dengan Banyak Infrastruktur

Sejak awal Revolusi Industri di akhir abad ke-17, masyarakat telah membangun infrastruktur mereka di sekitar potensi energi besar-besaran yang dapat disediakan minyak bumi.

Dengan lebih dari dua abad inovasi yang berfokus pada teknologi ini, minyak bumi memberi manusia bahan bakar yang bekerja dengan infrastruktur ini dengan tingkat efisiensi yang tinggi.

Teknologi energi yang lebih bersih mungkin ada, tetapi tidak semuanya dapat diintegrasikan ke dalam jaringan ini.

5. Dapat Digunakan Dalam Berbagai Cara

Manusia tahu bahwa minyak bumi dapat menciptakan bahan bakar untuk transportasi. Minyak bumi juga menciptakan bahan bakar yang digunakan untuk memanaskan rumah dan bisnis.

Bahan bakar bisa dibakar untuk menghasilkan listrik. Plastik, bahan kimia, dan bahan sintetis lainnya juga dibuat dengan minyak bumi.

6. Minyak Bumi Menyediakan Sumber Daya Energi Yang Stabil

Meskipun sumber daya energi terbarukan lebih bersih, sumber daya ini tidak konstan. Matahari dan angin bukan merupakan produsen listrik 24/7, tetapi minyak bumi dapat digunakan sepanjang waktu.

Untuk menciptakan energi matahari dan angin, produk minyak bumi tetap diperlukan.

Komponen Minyak Bumi Pengeboran Minyak Bumi Sejarah Minyak Bumi
Proses Pengolahan Minyak Bumi Kekurangan Minyak Bumi

Leave a Comment