Kekurangan Minyak Bumi

Lalu apa kerugian dari menggunakan minyak bumi?

1. Gas Yang Berbahaya Bagi Lingkungan

Minyak bumi, ketika dibakar, menghasilkan tingkat karbon dioksida yang tinggi. Metana dan gas rumah kaca lainnya dapat diproduksi juga, tergantung pada bagaimana minyak bumi telah disuling.

Jejak belerang memasuki atmosfer juga, bahkan ketika minyak bumi diklasifikasikan sebagai bahan yang safety.

Tetap saja minyak bumi  merupakan faktor yang berkontribusi terhadap perubahan lingkungan yang telah diamati sejak tahun 1970-an.

2. Minyak Bumi Adalah Sumber Daya Yang Terbatas

Minyak bumi adalah bahan bakar fosil, sumber daya yang memiliki keterbatasan.

Berbagai ilmuwan dan teknisi mungkin terus menemukan cadangan minyak bumi baru untuk dieksploitasi, yang menyediakan cadangan baru untuk ditimbun, tetapi pada titik tertentu, cadangan itu mungkin habis.

Beberapa perkiraan menunjukkan bahwa dua pertiga dari sumber daya minyak bumi dunia mungkin telah digunakan.

3. Proses Perbaikan Minyak Bumi Bisa Beracun

Minyak bumi sendiri bisa mematikan semua bentuk kehidupan dengan cara tertentu. Benzena yang ada dalam minyak mentah dan bahan bakar yang disuling darinya adalah karsinogen yang dikenal.

Paparan minyak bumi menurunkan jumlah sel darah putih pada manusia, yang membuatnya lebih rentan terhadap penyakit.

4. Minyak Bumi Bisa Menciptakan Dampak Suhu Tinggi


Ketika minyak bumi terbakar maka akan menciptakan dampak suhu tinggi dengan udara di sekitarnya. Hal itu juga menyebabkan nitrogen di atmosfer teroksidasi.

Nitro oksida, ketika dikombinasikan dengan kandungan sulfur yang ditemukan dalam minyak bumi, dapat bergabung dengan kelembaban atmosfer untuk menghasilkan hujan asam.

Saat hujan turun, hujan asam dapat menciptakan air asam di danau, kolam, dan sungai. Bahkan terumbu karang dapat secara langsung dipengaruhi oleh hujan asam saat jatuh.

5. Transportasi Minyak Bumi Tidak 100% Aman

Dalam sebuah laporan dari Business Insider menyatakan bahwa lebih dari 9 juta galon minyak bumi telah tumpah dari jaringan transportasi negara Amerika Serikat dari 2010-2016.

Lebih dari 1.300 total tumpahan terjadi selama periode itu, yang setara dengan satu tumpahan setiap 2 hari. Lebih dari 73.000 mil minyak bumi untuk transportasi pipa setiap hari, ditambah lebih banyak lagi yang diangkut dengan tanker dan kereta api.

6. Komoditas Yang Dieksploitasi Untuk Tujuan Politik

Nilai minyak bumi menjadikannya sumber daya yang berusaha dieksploitasi oleh setiap sisi kekuasaan politik. Bangsa-bangsa berperang melawan sumber daya minyak bumi.

Teroris berusaha menyabotase jaringan minyak bumi. Diktator dapat mengambil kendali atas sumber daya suatu negara, mengumpulkan miliaran atau triliunan dana, dan kemudian menggunakan nilai itu untuk menekan orang di bawahnya.

Keuntungan dan kerugian minyak bumi menunjukkan kepada manusia bahwa memang sumber daya ini masih penting. Meski demikian manusia harus terus berinovasi.

Teknologi penangkapan minyak bumi yang bersih dapat membatasi banyak hal negatif, sementara perbaikan pemeliharaan dan pengawasan jaringan transportasi dapat mencegah kebocoran.

Komponen Minyak Bumi Pengeboran Minyak Bumi Sejarah Minyak Bumi
Proses Pengolahan Minyak Bumi Kelebihan Minyak Bumi

2 thoughts on “Kekurangan Minyak Bumi”

  1. Terima kasih sekali , ini….memang saya sedang mencari materi pembelajaran home learning dalam masa tanggap darurat corona.

    Hatur Nuhun ….sangat membantu..

    Reply

Leave a Comment