Letak Geografis dan Astronomis Indonesia

Letak geografis Indonesia diposisikan secara strategis antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia, Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki lebih dari 18.000 pulau.

Di Indonesia, pulau-pulau besar seperti Sumatra, Jawa, Kalimantan  Sulawesi, dan Irian Jaya cukup bergunung karena memiliki beberapa puncak mencapai 12.000 kaki.

Ketinggian tertinggi (lebih dari 16.000 kaki) ditemukan di Irian Jaya di timur, dengan titik tertinggi adalah Puncak Jaya di 16.502 kaki (5.030 m). Lalu seperti apakah letak geografis dan astronomis negara ini?

Letak Geografis

letak geografis indonesia
sumber gambar: aljazeera.com

Pengertian letak geografis adalah mengacu pada posisi di bumi. Lokasi geografis absolut ditentukan oleh dua koordinat, bujur dan lintang. Dua koordinat ini dapat digunakan untuk memberikan lokasi spesifik yang tidak bergantung pada titik referensi luar.

Lokasi relatif, di sisi lain, mendefinisikan lokasi dalam hal yang lain. Misalnya, Pontianak berada di garis tengah khatulistiwa.

Kedua jenis lokasi geografis ini berguna dalam keadaan yang berbeda. Berikut adalah letak Indonesia secara geografis dan bagaimana pengaruh dari letak tersebut.

Lokasi Letak Geografis Indonesia

Secara geografis, Indonesia memiliki posisi yang terapit oleh Benua Australia dan Asia. Negara Indonesia juga serta di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Dari segi luas, Indonesia adalah negara ke 15 terbesar di dunia. Indonesia membentang 5.120 kilometer (3.575 mil) di sepanjang khatulistiwa.

Melintasi  tiga kali zona dari Malaysia di barat ke Papua Nugini di timur, dan 1.760 kilometer 1.100) mil dari utara ke selatan, dari Kalimantan utara di Kalimantan di utara ke sekelompok kecil pulau di selatan Timor di selatan.

Jarak dari titik barat terjauh di lautan India ke titik timur terjauh di Pasifik adalah kira-kira sama dengan jarak antara California dan Bermuda atau London dan Baghdad.

Penyebab Letak Geografis

penyebab letak geografis indonesia
sumber gambar: Shutterstock

Lalu apa yang membuat negara Indonesia memiliki letak geografis dekat dengan dua benua dan samudera? Hal itu karena dipengaruhi oleh posisi Indonesia di bumi yang cross position sehingga mengacu pada titik lokasi geografis sebagaimana dijelaskan di atas.

Pengaruh Letak Geografis

pengaruh letak geografis indonesia
sumber gambar: Grid.ID

Apa pengaruh letak Indonesia secara geografis bagi masyarakatnya? Nah, pengaruh dari letak geografinya adalah Indonesia jadi memiliki dua iklim yakni tropis dan subtropis karena dipengaruhi oleh angin yang berasal dari samudera. Indonesia juga kaya akan suku dan budaya karena diuntungkan dari letak geografis ini.

Keuntungan Letak Geografis

keuntungan letak geografis indonesia
sumber gambar: straitstimes.com

Adapun keuntungan dari letak Indonesia secara geografis adalah :

  1. Mudah menjalin hubungan multilateral atau bilateral
  2. Iklimnya yang tropis maka Indonesia jadi kaya akan hasil alam
  3. Tanah-tanah di Indonesia sangatlah subur dan mudah ditanami oleh berbagai tanaman

Kelemahan Letak Geografis

kelemahan letak geografis indonesia
sumber gambar: detik.net.id

Selain memiliki keuntungan, tentu adapula kerugian yang dimiliki oleh Indonesia secara geografis, di antaranya adalah :

  1. Minimnya usaha untuk mengembangkan kekayaan alam Indonesia
  2. Sering terjadi pengrusakan alam
  3. Banyak terjadi bencana alam

Letak Astronomis

letak astronomis indonesia
sumber gambar: mistertoyyib.com

Pengertian letak astronomis adalah sebuah posisi pada daerah yang mana posisinya ikut dipengaruhi oleh garis khayal bumi. Garis khayal bumi adalah garis yang mengelilingi bumi ini yang bulat dan garis itu ada dua macam yang dinamakan garis lintang dan garis bujur.

Untuk garis lintang sendiri adalah sebuah garis vertikal dan garis inilah yang kemudian membagi bentuk bumi yang bulat menjadi dua bagian yakni bagian bumi utara dan bumi bagian selatan.

Adapun untuk pengertian garis bujur sendiri adalah garis horizontal yang mana garis ini kebalikannya dari vertikal karena garis ini membelah bumi yang bulat menjadi dua belahan yakni bumi bagian barat dan timur. Adapun ciri-ciri dan akibat dari letak astronomis Indonesia sendiri adalah :

Letak Astronomis Indonesia

angka letak astronomis indonesia
sumber gambar: rajasoal.com

Apabila dilihat secara astronomis, letak garis lintang negara indonesia tercinta ini berada pada titik 6 ° Lintang Utara (LU) hingga 11 ° Lintang Selatan (LU). Sementara untuk letak garis bujurnya, Indonesia berada pada 98 ° Bujur Barat (BB) hingga 141 ° Bujur Timur (BB).

Kenyataan bahwa ada begitu banyak pulau dan begitu banyak air dan pulau-pulau itu sering bergunung-gunung dan ditutupi oleh hutan lebat secara tradisional menghambat transportasi dan komunikasi dan membantu menjelaskan mengapa Indonesia memiliki begitu banyak kelompok etnis yang berbeda.

Ciri-ciri astronomis indonesia

ciri ciri letak astronomis indonesia
sumber gambar: BMKG

Adapun karakteristik negara Indonesia karena letak astronomisnya adalah :

  1. Ada dua musim yang berlangsung di negara ini yakni kemarau dan hujan
  2. Curah hujan yang bisa dikatakan tinggi
  3. Memiliki kelembaban udara yang cukup tinggi

Akibat Letak Astronomis Indonesia

akibat letak astronomis indonesia
sumber gambar: berbagaireviews.com

Terletak di garis katulistiwa, kepulauan ini mengalami sedikit perubahan dalam waktu siang hari dari satu musim ke musim berikutnya; perbedaan antara hari terpanjang tahun dan terpendek hanya 48 menit. Matahari terbit dan terbenam muncul dengan cepat dengan waktu senja yang relatif kecil.

Kepulauan Indonesia ini membentang di tiga zona waktu:

  1. Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB) tujuh jam sebelum Waktu Greenwich Rata-rata (GMT) yang berlaku untuk Sumatera, Jawa, dan Kalimantan bagian barat dan tengah.
  2. Waktu Indonesia Tengah (WITA) atau delapan jam lebih awal dari GMT yang berlaku di Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan selatan dan timur, dan Sulawesi
  3. Waktu Indonesia Timur (WIT) sembilan jam lebih awal dari GMT berlaku di Maluku dan Papua.

Batas antara zona waktu barat dan tengah dicetuskan pada tahun 1988 akibat dari garis yang membentang ke utara antara Jawa dan Bali melalui pusat Kalimantan.

Perbatasan antara zona waktu tengah dan timur membentang ke utara dari ujung timur Timor ke ujung timur Sulawesi.

Memang banyak sekali hal yang diuntungkan dari letak geografis dan astronomis Indonesia. Negara ini kaya akan alam dan suku yang beragam.

Originally posted 2020-03-11 08:39:36.

Leave a Comment