Jenis-Jenis Koloid

Karena sistem koloid dibentuk dari campuran zat dengan terlarut dan pelarut, terdapat berbagai macam jenis koloid. Jenis-jenis koloid ini dikelompokkan berdasarkan zat yang terdispersi dan yang mendispersinya.

1. Aerosol

Jenis yang pertama adalah aerosol. Aerosol merupakan jenis koloid yang zat terdispersinya berupa cairan atau disebut sebagai aerosol cair.

Sedangkan cat pendispersinya adalah gas. Contoh dari aerosol yang terdispersi cair adalah awan dan kabut. Aerosol juga memiliki zat terdispersi padat yang dinamakan aerosol padat. Contoh dari aerosolpadat ini adalah debu dan asap yang ada di udara.

2. Sol

Jenis yang kedua adalah sol. Sol merupakan salah satu jenis koloid yang merupakan zat padat. Zat padat ini kemudian terdispersi dan berubah menjadi zat cair. Contoh dari koloid jenis sol ini adalah sol detergen, sol sabun, air sungai, tinta, dan cat.

3. Emulsi

Jenis yang ketiga adalah emulsi. Emulsi merupakan salah satu jenis koloid yang berasal dari partikel zat cair. Partikel zat cair ini kemudian terdispersi menjadi zat cair lain.


Dalam kasus ini, kedua zat cair tersebut (pendispersi dan terdispersi) tidak dapat saling melarutkan. Contoh dari emulsi adalah minyak ikan, susu, santan, dan mayonnaise.

4. Buih

Selanjutnya, terdapat juga buih sebagai salah satu jenis koloid. Buih merupakan jenis koloid yang merupakan partikel gas. Zat partikel gas ini kemudian terdispersi menjadi zat cair.

Buih yang menjadi zat cair ini contohnya bisa dilihat di beberapa kosmetik, alat pemadam kebakaran.

Koloid buih cair ini juga dapat terlihat pada proses pengolahan bijih logam.

Selain buih cair,juga terdapat buih padat. Buih ini merupakan hasil disperse gas yang berubah menjadi padat. Contohnya adalah batu apung, Styrofoam, dan juga spons.

5. Gel

Jenis koloid yang terakhir adalah gel. Gel merupakan jenis koloid yang bersifat setengah padat atau kaku dan setengah cair. Contoh dari koloid yang berbentuk gel ini adalah agar-agar dan lem.

Sifat koloid | Jenis muatan koloid
Cara buat koloid | Contoh koloid | Perbedaan koloid liofob dengan koloid liofil

Leave a Comment