Pengertian Jaringan Komputer

4 min read

Definisi Umum Jaringan Komputer

Definisi atau pengertian network komputer merupakan suatu jaringan telekomunikasi yang dapat membuat dua komputer atau lebih saling berkomunikasi dengan bertukar data, aplikasi dan perangkat lunak lainnya. Pengertian jaringan komputer sendiri juga dapat diartikan sebagai kumpulan dari sejumlah terminal komunikasi yang terdiri dari dua komputer maupun lebih yang saling terhubung.

Tujuan dibentuknya computer network adalah supaya data atau informasi yang dibawa oleh pengirim dapat sampai ke penerima dengan cepat, tepat dan akurat. Jaringan komputer memungkinkan penggunanya untuk dapat melakukan komunikasi satu dengan yang lainnya menjadi mudah.

Selain hal tersebut, peran jaringan komputer juga sangat diperukan untuk mengintegrasikan data antar komputer yang ain sehingga diperoleh suatu data yang sangat relevan.

Pengertian Jaringan Komputer Menurut Ahli

Ada banyak definisi-definisi jaringan komputer menurut para ahli komputer, berikut ini adalah beberapa pengertian jaringan komputer menurut ahli :

1. Abdul Kadir

Menurut Abdul Kadir, jaringan komputer adalah hubungan antara dua buah simpul yang berupa komputer dengan tujuan melakukan pertukaran data.

2. Umi Proboyekti

Sedangkan menurut Umi Proboyekti yang juga ahli dalam bidang jaringan, mengemukakan bahwa jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer dalam jumlah banyak yang terpisah namun tetap saling berhubungan dalam melaksanakan tugas dan fuungsinya.

Dua buah komputer dapat dikatakan terkoneksi satu sama lain jika keduanya dapat saling bertukar informasi melalui adanya sebuah koneksi baik itu berupa kawat tembaga, serat optik, ataupun gelombang mikro dan satelit.

Sejarah Jaringan Komputer

Jaringan komputer pertama kali lahir pada tahun 1940 di Amerika. Pengagas dari konsep jaringan komputer ini adalah proyek pengembangan komputer Model 1 di laboratorium Bell dan grup riset Universitas Harvard yang di pimpin professor Howard Aiken.

Baca juga : Pengertian Komputer Umum dan Menurut Ahli dan Sejarahnya

Sepuluh tahun kemudian yaitu pada tahun 1950 ketika munculnya super komputer yang menyebabkan satu komputer harus melayani beberapa terminal sehingga memunculkan sebuah konsep distribusi proses berdasarkan waktu atau yang biasa dikenal sebagai TSS ( Time Sharing System ). Di tahun ini pula mulai diaplikasikan jaringan ( network )komputer.

Pada tahun 1970 atau dua puluh tahun kemudian 10 komputer berhasil dihubungkan untuk berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan. Di tahun 1972 Roy Tomlinson menyempurnakan surat elektronik ( email )dan di tahun yang sama ikon at ( @ ) mulai dikenal sebagai lambang penting dalam sebuah jaringan.

Setahun kemudian yaitu pada tahun 1973 dua orang ahli komputer memperkenalkan sebuah gagasan yang menjadi cikal bakal International Network ( Internet ). Pada tanggal 26 Maret 1976 Ratu Inggris berhasil mengirimkan email dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern.

Hingga pada tahun – tahun berikutnya jaringan komputer berkembang secara cepat mulai dari munculnya IP ( Internet Protocol ), DNS ( Domain Name System ), IRC ( Internet Relay Chat )hingga di pertengahan tahun 1990 Tim Berners Lee berhasil menciptakan sebuah program yang biasa kita sebut sebagai WWW ( World Wide Web ).

Manfaat Jaringan Komputer

Jaringan komputer mempunyai beberapa manfaat bagi orang yang memakainya. Manfaat tersebut adalah:

  1. Berguna untuk mengakses file yang kita miliki sekaligus file orang lain yang telah disebarluaskan menggunakan bantuan dari jaringan internet.
  2. Berguna untuk melakukan proses pengiriman data secara efisien dan cepat.
  3. Berguna untuk membantu seseorang berhubungan dengan orang lain baik itu dari daerah satu dengan daerah lain atau bahkan dari negara satu dengan negara lain.
  4. Dapat mengirim data berupa teks, lagu, gambar ataupun video secara langsung.
  5. Berguna untuk mengakses berita maupun informasi yang didukung dengan adanya jaringan internet.
  6. Berguna untuk menghubungkan beberapa komputer agar tersambung dengan satu printer saja guna mempermudah anda dalam menyelesaikan pekerjaan.

Kelebihan Network Internet pada Komputer

Ada beberapa kelebihan pengertian jaringan komputer diantaranya adalah :

  1. Sistem keamanan dan administrasi jaringan lebih baik, karena ada seorang administrator jaringan yang mengelola sistem keamanan jaringan dan administrasinya
  2. Backup data lebih baik, karena pada jaringan client-serversemua data tersimpan di komputer server.
  3. Bisa berbagi fasilitas antar komputer dalam satu jaringan, seperti printer, modem ataupun harddisk.
  4. Kecepatan akses lebih tinggi, karena penyedia fasilitas jaringan terpusat di komputer server.
  5. Biaya operasional lebih murah
  6. Keberlangsungan jaringan tidak tergantung pada satu server saja. Sehingga jika ada salah satu jaringan yang mati maka jaringan lainnya tidak mengalami gangguan.

Kekurangan Network di Komputer

Selain memiliki kelebihan, jaringan komputer juga memiliki kekurangan yaitu :

  1. Sistem keamana jaringan tergantung dari masing-masing pengguna (user)
  2. Backup data harus dilakukan di masing-masing komputer karena data jaringan tersebar di masing-masing komputer tersebut
  3. Biaya operasional relatif lebih mahal
  4. Troubleshooting jaringan relatif lebih sulit, karena di jaringan peer-to-peer semua komputer terkoneksi dalam satu jaringan.
  5. Keberlangsungan jaringan tergantung pada komputer server. Apabila komputer server bermasalah maka keseluruhan komputer client tidak dapat mengakses data yang ada di komputer server.

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Jaringan komputer pada dasar dibagi menjadi 5 macam, yaitu jaringan komputer berdasarkan jangkauan geografis, jaringan komputer berdasarkan distribusi sumber informasi atau data, jaringan komputer berdasarkan media transmisi data, jaringan komputer berdasarkan peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data dan jaringan komputer berdasarkan topologi jaringan yang digunakan.

1. Berdasarkan Jangkauan Geografis

Jaringan komputer berdasarkan jangkauan geografis mempunyai beberapa jenis jangkauan yang berbeda beda, antara lain LAN, MAN, WAN.

a. Local Area Network / LAN


Jaringan komputer LAN (Local Area Network) adalah jenis jaringan komputer yang hanya mencakup wilayah kecil saja. jaringan ini menjangkau luas area tidak jauh dari 1 km. Jaringan LAN menggunakan teknologi IEE 802.3 Ethernet yang mempunyai kecepatan transfer data mencapai 1000 mb per second. Selain menggunakan teknologi Ethernet, banyak juga yang memanfaatkan teknologi nirkabel yaitu wifi.

b. Metropolitan Area Network / MAN

Jaringan komputer MAN (Metropolitan Area Network) adalah jenis jaringan komputer yang dapat mencakup satu kota dengan dibekali kecepatan transfer data yang cukup tinggi. Jaringan MAN terdiri dari beberapa jaringan LAN. Jaringan MAN biasanya menjangkau jarak dari 10 KM hingga 60 KM. Jaringan MAN mempunyai satu atau dua kabel dan tidak dilengkapi dengan elemen switching yang berguna untuk membuat rancangan menjadi lebih simpel.

c. Wide Area Network / WAN

Jaringan komputer WAN (Wide Area Network) adalah jenis jaringan yang jangkauannya mencakup daerah yang sangat luas. Suatu komputer dapat berhubungan dengan komputer lain yang beda negara bahkan beda benua. Jaringan WAN ini pada umumnya digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan lokal.

2. Berdasarkan Sumber Data Atau Informasi

Jaringan komputer berdasarkan distribusI sumber data atau informasi dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :

a. Terpusat

Jaringan terpusat. Jaringan ini terdiri atas komputer client dan komputer server yang masing masing mempunyai tugas berbeda. Komputer client bertugas sebagai perantara dalam mengakses sumber data atau informasi yang berasal dari komputer server.

b. Terdistribusi

Jaringan terdistribusi. Jaringan ini merupakan hasil paduan antara berbagai macam jaringan yang terpusat sehingga memungkinkan adanya beberapa komputer sebagai server dan komputer sebagai client yang saling terhubung.

3. Berdasarkan Transmisi Data Yang Digunakan

Jaringan komputer berdasarkan media transmisi data yang digunakan terbagi menjadi dua jenis, yaitu :

a. Kabel

Jaringan berkabel. Jaringan jenis ini menggunakan media tranmisi data yang dapat menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya dengan menggunakan kabel. Salah satu jenis kabel yang digunakan adalah kabel UTP. Kabel yang digunakan dalam jaringan ini tentunya harus dalam kondisi yang baik dan pemasangan yang benar karena akan berpengaruh pada kecepatan perpindahan data dan informasi.

b. Tanpa Kabel / Wirelss / Wifi

Jaringan nirkabel. Jaringan nirkabel adalah jaringan yang tidak memerlukan kabel, sebagai gantinya digunakan gelombang elektromagnetik sebagai media dalam transmisi data. Gelombang elektromagnetik yang dimaksud dalam jaringan nirkabel ini dapat berupa wireless adapter atau yang lebih kita kenal dengan wifi.

4. Berdasarkan Peranan  Komputer Pemrosesan Data

Jaringan komputer berdasarkan peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data dibagi menjadi dua yaitu :

a. Client Serve

Jaringan client serve. Jaringan ini terdiri atas satu atau lebih komputer server dan juga komputer client. Komputer server mempunyai tugas sebagai penyedia sumber daya data sedangkan komputer client berguna untuk menggunakan sumber daya data dari komputer server yang telah tersedia.

b. Peer to Peer

Jaringan peer to peer. Jaringan dimana masing masing komputer akan mempunyai kedudukan yang sama dalam hal sumber data sekaligus sebagai pengguna data dari komputer yang lainnya.

5. Berdasarkan Topologi Jaringan

Berdasarkan toplogi jaringannya, jaringan komputer dikatakan sebagai sebuah bentuk dan struktur jaringan yang dapat menghubungan satu komputer dengan komputer lainnya.

Contoh dari topologi jaringan jenis ini adalah topologi star, topologi bus, topologi hybrid, dan topologi linear yang masing masing mempunyai ciri khas dan kelebihan sekaligus kekurangannya masing masing yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda dalam menggunakan jaringan komputer.

Tokoh-tokoh yang Berperan Penting dalam Jaringan Komputer

Jika membahas tokoh yang berperan dalam jaringan komputer maka ada beberapa nama yang akan muncul diantaranya adalah :

1. Howard Aiken

Prof H. Aiken merupakan pemimpin proyek pengembangan komputer di Universitas Harvard. Di dalam proyek ini mulai di gagas jaringan komputer.

2. James Gosling

James Gosling atau yang lebih terkenal sebagai Bapak Java adalah seorang pengembang perangkat lunak. Java dalah bahasa pemograman yang dipakai didalam komputer

3. Adam Osborne

Adam Osborne adalah salah satu tokoh yang berpengaruh pada awla mulanya terbentuk personal computer( PC ).

Originally posted 2018-01-02 10:00:00.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *