Pengertian Komputer

3 min read

Definisi Umum Komputer

Pengertian komputer adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengolah data berdasarkan prosedur – prosedur tertentu yang telah dirumuskan. Pengertian tersebut merupakan makna dari komputer pada saat ini.

Mulanya, komputer hanya digunakan sebagai alat yang dipergunakan untuk segala hal perhitungan yang berhubungan dengan aritmatika. Dari waktu ke waktu fungsi komputer lebih dari hanya sekedar perhitungan aritmatika.

Penemuan Komputer

Komputer pertama kali ditemukan oleh Charles Babbage tahun 1821. Oleh karena itu Charles Babbage mendapat julukan sebagai bapak komputer. Charles Babbage ini adalah seorang ilmuan yang berkebangsaan inggris. Penemuannya sangat bermanfaat bagi manuasia dan perkembangan moderniasai serta perkembangan kebudayaan.

Komputer pertama kali yang diciptakan oleh Charles Babbage, bukanlah sebuah komputer seperti saar ini melainkan dalam bentuk mesin kalkulator otomatis. Hingga saat ini alat yang disebut sebagai kalkulator masih dipergunakan meskipun perkembangan alat yang awalnya sebagai alat hitung menjadi suatu alat yang multifungsi.

Arti Komputer di Era Modern / Milenial

Penemuan dari Charles Babbage yang diberi nama komputer mempunyai arti tersendiri. Kata komputer diambil dari bahasa yunani computare, yang berarti menghitung. Nama ini sesuai dengan fungsi komputer untuk pertama kalinya yaitu digunakan sebagai perhitungan aritmatika.

Pada perkembangannya kata komputer mengalami perubahan makna. Artikata komputer yang disesuaikan dengan fungsi komputer pada saat ini. Walaupun masing – masing pendapat mendeskribsikan makna komputer sesuai dengan pemahaman masing – masing, namun masih dalam satu pengertian.

Pengertian komputer yang paling umum adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengolah data dalam berbagai bentuk serta mengakses jaringan internet. Makna komputer tersebut adalah definisi komputer pada saat ini. Dengan komputer dapat mengolah data dalam bentuk apapun entah dokumen, gambar, video hingga animasi. Selain itu komputer juga sangat berguna sebagai akses jaringan internet.

Definisi Komputer Menurut Ahli

1. Donald H Sanders

Komputer ialah suatu sistem elektronik yang digunakan untuk memanipulasi berbagai macam data dengan tepat dan cepat serta dirancang suatu organisasi yang berjalan secara otomatis untuk menerima, memproses, menyimpan suatu input supaya menghasilkan output yang sesuai dengan intruksi yang telah tersimpan.

2. William M Fouri

Komputer merupakan data prosesor yang dapat menghitung dengan cepat Alaupun dalam jumlah yang besar, termasuk perhitungan aritmatika ataupun operasi logika tanpa adanya campur tangan manusia dalam prosesnya.

3. V C Hamacher, Z G Vranesic, S G Zaky

Definisi komputer adalah sebuah mesin penghitung berbasis elektronik yang menerima input digital dengan cepat, lalu memprosesnya dalam suatu program untuk menghasilkan output.

4. Blissmer

Arti kata komputer yaitu sebuah alat elektronik yang mempu untuk menjalankan berbagai macam tugas atau menerima input,  lalu memprosesnya dan menyimpannya hingga menyajikan output dalam bentuk sebuah informasi

Berdasar arti kata komputer menurut para ahli, komputer dapat diartikan sebagai alat elektronik yang bekerja sama untuk menerima berbagai macam input, lalu mengolahnya sesuai dengan sistem dan memberikan output yang sesuai. Itulah perkembangan dari definisi komputer. Selain definisi, jenis dan bentuk dari komputer juga mengalami perubahan.

Sejarah Generasi Komputer dari Periode ke Periode

Secara garis besar, komputer dibagi kedalam 5 generasi dan sebuah prediksi generasi komputer masa depan. Pembagian dari generasi komputer berdasarkan dari fungsi dan bentuknya. Inilah 5 generasi komputer :

a. Generasi Vacuum Tube 1940 – 1956


Generasi komputer untuk pertama kalinya berbentuk vacuum tube atau tabung vacum. Vacuum tube ini berukuran cukup besar hingga bida mencapai sebuah gedung. Contoh dari produk komputer generasi pertama adalah UNIVAC dan ENIAC.

Komputer generasi pertama ini memiliki banyak kelemahan, diantaranya adalah :

  1. Membutuhkan waktu beberapa minggu hanya untuk set up ulang.
  2. Ukurannya terlalu besar.
  3. Input masih mengandalkan pipa tape dan kartu punch.
  4. Output hanya berupa print out.
  5. Membutuhkan tenaga listrik yang seper ekstra.
  6. Cepat panas, sehingga membutuhkan pendingin ruangan.

b. Transistor 1956 – 1963

Pada komputer generasi kedua telah menggunakan bahasa simbolik sebagai input, jadi lebih mudah untuk digunakan. Selain itu bentuknya lebih kecil dan tidak menyerap tenaga listrik yang berlebihan. Selain itu outpunya juga juga lebih beragam seperti disk maknetik, tape drive hingga printer. Contoh produk dari komputer generasi kedua adalah IBM 7094 dan IBM 1400 series.

c. Integrated Circuit 1964 – 1971

Pada generasi ketiga, komponen dari komputer jauh lebih simple dan fungsinya juga lebih kompleks. Pada integrated circuit, sudah menggunakan komponen monitor, keyboard, mouse, printer dan processor. Komputer generasi ini merupakan bentuk dan komponen komputer yang masih dipergunakan hingga saat ini.

Pada komputer generasi inilah sistem operasi pertama kali digunakan. Hal ini juga merupakan awal mula dari software atau aplikasi dalam bentuk format ‘.exe’. Untuk contoh produk dari komputer generasi ini seperti IBM 370, UNIVAC 1108.

d. Microprocessor 1971- sekarang

Pada komputer generasi ini masih mempertahankan bentuk dan komponen dari komputer generasi sebelumnya. Pada generasi keempat ini perkembangan dari komputer sangat signifikan, multifungsi dan bentuknya lebih simple. Generasi komputer ini merupakan awal dari perkembangan microprocessor.

Microprocessor dari awal mula generasi ini hanya terdapat satu produk yang menjadi komponen utama dan hingga saat ini belum adanya microprocessor dari brand lain. Microprocessor tersebut adalah keluaran dari intel. Proseccor intel pertama kali adalah jenis intel 4004.

Hal ini juga merupakan awal mula dari perkembangan laptop. Program aplikasi pada generasi juga lebih kompleks dan yang paling terpenting adalah munculnya jaringan internet.

e. Artifical Intelegence 2010 – sekarang

Generasi komputer kali ini adalah generasi komputer terbaru. Inovasi dari komputer generasi ini sangat canggih dengan dukungan dari artifical intelligence dan touch screen. Contoh produk dari komputer generasi ini antara lain lcd touch sreen, tablet, hybrid.

Input dari komputer bukan danya berasal dari keyboard, mouse dan scanner. Namun juga terdapat input suara dan input dari lcd monitor yang berbasis touch screen. Kelebihan lain dari generasi ini jiga terletak di penggunaan kabel yang berkurang. Misalnya printer yang menggunakan bluetooth sebagai transfer data.

Teknologi puncak dari komputer dari generasi ini adalah laptop hybrid. Laptop ini dapat digunakan sebagai laptop pada umumnya dan dalam versi tablet yang sistem operasinya akan berganti secara otomatis.

Teknologi Hologram di Masa Depan

Dari generasi komputer terbaru yaitu generasi aritifical intelegence, telah diprediksi oleh sebagian orang mengenai generasi komputer berikutnya. Sebagian besar berpendapat jika komputer generasi mendatang hanya berbentuk pen ataupun arlogi dalam tampilan hologram. Walaupun masih dalam prediksi, teknologi hologram telah digunakan atau dipertunjukkan dalam beberapa film sci-fi.

Dengan perkembangan dari komputer, hingga saat ini pengertian komputer sendiri belum mengalami perubahan yang cukup drastis. Hal ini kemungkinan besar arti dari komputer masih dalam lingkup, input – proces – output. Selama fungsi dari komputer belum bergeser dan belum mengalami perubahan yang sangat drastis tidak akan mempengaruhi pengertian secara umum dari komputer.

Originally posted 2018-08-06 01:59:36.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *