6 Fungsi Pokok Dasar Negara Secara Umum

1 min read

Secara umum dasar negara memiliki peranan yang penting dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara terutama bagi pemerintah, yang mana dasar negara atau sering disebut sebagai ideologi ini sangat penting yaitu sebagai hukum dalam menjalankan negara agar negara tersebut dapat terjamin kerukunan dan ketertibannya.

Fungsi Utama dari Dasar Negara

Kata fungsi dasar negara terdiri dari kata fungsi dan dasar negara, kata fungsi merupakan kata untuk menunjukkan suatu jabatan (pekerjaan) yang dilakukan.

Dan kata dasar negara adalah landasan atau paham yang menjadi asas hukum bagi suatu negara, dimana dasar negara tersebut digunakan sebagai dasar dalam pemerintah menjalankan dan menyelenggarakan pemerintahan.

Baca juga : Pengertian Dasar Negara (Ideologi), Fungsi dan Hubungan dengan Konstitusi

Setiap negara pasti memiliki landasan negara, karena suatu negara tanpa landasan negara pasti negara tersebut tidak mempunyai tujuan yang ingin dicapai dalam suatu negara tersebut.

Jadi fungsi dasar negara merupakan sebuah landasan yang dapat dimanfaatkan dan didayagunakan untuk kemaslahatan bersama.
Maka dari itu dasar negara memiliki beberapa fungsi antara lain:

1. Dasar bagi berdirinya suatu negara

Bagi suatu negara yang berdaulat dan ingin berdiri sendiri, maka harus memenuhi beberapa persyaratan antara lain memenuhi komponen konstitutif dan komponen deklaratif. Komponen ini harus difikirkan ketika negara tersebut hendak didirikan atau ingin merdeka dari penjajah, karena dasar negara sebagai pedoman dasar dalam kehidupan bernegara.

2. Dasar bagi menjalankan dan menyelenggarakan kegiatan kenegaraan

Dalam setiap penyelenggaraan kegiatan kenegaraan dilandaskan pada dasar negara, agar dapat meraih cita-cita dan tujuan negara sesuai tujuan luhur dimasing-masing negara.

3. Dasar serta sumber hukum nasional


Dasar negara memiliki jabatan yang sangat penting dalam negara karena didalam dasar negara terdapat norma dasar yang harus dijadikan landasan bagi negara yang bersangkutan.

Baca juga : Asas Kewarganegaraan Berdasarkan Kelahiran Dan Perkawinan

Disisi lain, dasar negara merupakan sumber perundang-undangan negara dan merupakan norma yang tertinggi dalam suatu bangsa, sehingga semua aktivitas kegiatan dan penyelenggaraan  negara dan warganya harus berlandaskan hukum yang berlaku.

4. Dasar untuk hubungan antarwarga negara

Dasar negara harus menjadi landasan dalam kita dalam menjalakan aktivitas dan kerjasama dengan warga negara lain. Kebebasan antarwarga harus dimanfaatkan sebagai kesempatan untuk kerja sama individu jangan untuk merusak kerjasama individu, dan kebebasan individu jangan sampai merusak semangat dalam menjalankan kerjasama antarwarga.

Jadi dasar negara tidak hanya berfungsi menjaga hubungan antara warga dan negara tetapi diharapkan juga mampu menjaga hubungan antarawarga.

5. Dasar bagi sikap dan tingkah laku negara.

Dasar negara sebagai petunjuk sikap serta perilaku politikus dan warganya. Rancangan dasar negara yang tertanam didalam diri penyelenggara negara dan warga negara akan membangun sikap dan perilaku politik mereka.

6. Dasar dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan negara

Dasar negara merupakan alat yang menyatukan keragaman dalam masyarakat. Dasar negara disusun berdasarkan keadaan rakyatnya dengan mempertimbangkan latar budaya, sosial, agama, dan ekonomi dalam masyarakat tersebut.

Baca juga : Pengertian Pancasila Sebagai Ideologi Indonesia, Peran & Fungsinya

Demikian artikel yang penulis sampaikan yaitu tentang fungsi dasar negara, semoga dapat dimanfaat sebaik-baiknya. Jika ada kendala silahkan memberi komentar dibawah ini.

Originally posted 2018-05-31 04:40:48.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *