Definisi Umum Data

Data merupakan catatan dari fakta yang telah dikumpulkan. Data secara kata per kata disebut sebagai bentuk jamak dari datum yang merupakan bahasa Latin dan mempunyai makna “sesuatu yang sudah diberikan”.

Dalam keseharian, data ini merujuk pada sebuah pernyataan yang dapat diterima langsung dengan apa adanya. Pernyataan ini didapat dari hasil pengukuran dan pengamatan atas sebuah variabel tertentu yang dapat berupa angka, kata kata tertentu, maupun sebuah citra.

Di bidang ilmiah atau keilmuan, fakta fakta akan senantiasa dikumpulkan menjadi sebuah data yang kemudian akan diolah sehingga dapat diutarakan dan dijabarkan dengan tepat dan jelas agar dapat dipahami dan juga dimengerti oleh orang lain yang tidak mengalami langsung sebuah hal tersebut.

Baca Juga: pengertian visi dan misi

Dalam bidang ilmu tertentu, apa yang telah diuraikan tersebut dikenal dengan sebutan deskripsi. Sedangkan untuk sebuah upaya memilih dan memiliah sekian banyak data yang telah dkumpulkan dengan terlebih dulu melihat persamaan dan perbedaan yang dikandung oleh masing masing data disebut dengan klasifikasi.

Di dalam studi manajemen pengetahuan, data dicirkan sebagai sebuah hal yang sifatnya masih mentah dan belum berkonteks. Data sekedar ad dan eksis tanpa mempunyai signifikansi makna diluar keberadaannya tersebut. data dapat muncul dan berbentuk apapun, terlepas dari apakah data tersebut dapat dimanfaatkan oleh pemakai atau pengumpul data ataupun tidak.

Sifat-Sifat Data

Data menurut sifatnya dapat dibedakan menjadi data kualitatif dan data kuantitatif.

1. Kualitatif

Data kualitatif merupakan sebuah data yang bentuknya bukan angka angka seperti misalnya sebuah kuesioner yang berisikan berbagai macam pertanyaan tentang suasana kerja, gaya kepemimpinan, dan masih banyak lagi.

2. Kuantitatif

Data kuantitatif merupakan sebuah data yang berupa angka seperti misalnya harga saham, pendapatan, dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Data Menurut Sumbernya

Menurut sumbernya, data dapat dibedakan menjadi data internal dan data eksternal.

1. Internal

Data internal merupakan sebuah data yang diperoleh dari dalam sebuah instansi atau organisasi tertentu dimana data tersebut memang menggambarkan keadaan dari instansi atau organisasi yang bersangkutan. Contoh dari data ini adalah jumlah karyawan atau jumlah modal dari sebuah perusahaan.

Baca Juga: pengertian novel

2. Eksternal

Data eksternal merupakan sebuah data yang didapat dari luar organisasi atau instansi tertentu dimana data tersebut tetap menggambarkan berbagai faktor yang dapat mempengaruhi output dari sebuah instansi atau organisasi. Contohnya adalah daya beli dari masyarakat yang mempunyai kaitan dengan hasil penjualan dari sebuah perusahaan.

Jenis-Jenis Data Menurut Cara Memperolehnya

macam macam data

macam macam data (Metal Tech Alley)

Berdasarkan cara memperoleh data tersebut, data dibedakan menjadi data primer dan data sekunder.

1. Primer

Data primer atau primary data merupakan sebuah data yang memang secara khusus dikumpulkan langsung oleh orang perorangan atau oleh suatu organisasi dengan cara langsung didapat dari obyek yang akan diteliti dan memang digunakan langsung dalam studi yang berkaitan dengannya dengan cara interview ataupun observasi.

2. Sekunder

Data sekunder atau secondary data merupakan sebuah data yang didapat dan dipersatukan oleh displin ilmu atau studi yang telah dilakukan sebelumnya ataupun dikeluarkan oleh instansi atau organisasi lainnya. Contoh dari data ini adalah data dokumentasi maupun arsip arsip yang sifatnya penting dan juga resmi.

Baca Juga: pengertian surat

Jenis-Jenis Data Menurut Waktu Pengumpulannya

Sedangkan menurut waktu pengumpulannya, data dibedakan menjadi data cross section dan data berkala.

1. Cross Section

Data cross section merupakan data yang diperoleh at a poin of time guna memberikan gambaran tentang sebuah kegiatan dan keadaan dalam kurun waktu tertentu, contohnya adalah data penelitian yang mengguankan sebuah kuesioner diisi oleh responden.

2. Time Series

Data berkala atau time series data merupakan data yang memang dikumpulkan dari waktu ke waktu guna melihat langsung bentuk perkembangan dari sebuah kejadian dan juga kegiatan dalam kurun waktu tertentu, contohnya adalah data sensus penduduk di Indonesia.

Originally posted 2018-06-22 09:34:55.