Definisi Umum Bahasa

Secara sederhana definisi atau pengertian bahasa adalah alat untuk menyampaikan suatu hal yang terlintas di dalam hati. Akan tetapi, lebih jauh bahasa adalah alat untuk berinteraksi atau alat berkomunikasi. Bahasa digunakan sebagai alat untuk menyampaikan gagasan, pikiran, konsep maupun perasaan.

Dalam studi sosiolinguistik, bahasa bisa dijadikan sebagai sebuah lambang dan bersifat arbitrer, berupa bunyi, produktif, beragam, dinamis dan yang paling penting adalah manusiawi.

Bahasa merupakan sebuah sistem yang berarti bahwa bahasa dibentuk oleh sejumlah komponen yang berpola tetap dan dapat dikaidahkan. Bahasa mempunyai sistem berupa lambang lambang bunyi.

Baca Juga: pengertian toleransi

Setiap lambang bahasa dapat melambangkan sesuatu yang disebut dengan makna atau konsep. Karena itulah dapat disimpulkan bahwa setiap bunyi atau perkataan memiliki suatu makna.

Pengertian Bahasa Menurut Ahli

bahasa menurut plato

bahasa menurut plato (Brewminate)

1. Plato

Menurut Plato, bahasa ialah pernyataan yang terdapat pada pikiran seseorang dengan menggunakan perantara ucapan dan juga nama beda atau sesuatu yang dapat mencerminkan ide seseorang di dalam arus udara dengan media mulut.

2. Soerjono

Sedangkan bahasa menurut Soerjono Soekanto ialah sebuah sarana perhubungan rohani yang penting dalam kehidupan bersama.

3. Ferdinand De Saussure

Ferdinand De Saussure juga turut serta memberikan pengertian bahasa sebagai suatu ciri yang membuat pembeda, hal tersebut karena dengan menggunakan bahasa setiap kelompok yang terdapat di masyarakat dapat menjadi diri sendiri sebagai suatu kesatuan yang berbeda dibandingkan kelompok lain.

Karakteristik Bahasa

Bahasa mempunyai ciri-ciri yang perlu anda ketahui, antara lain adalah :

1. Arbitrer

Bahasa bersifat arbitrer yaitu hubungan antara lambang dan yang dilambangan tidak wajib, dapat berubah dan tidak dapat dijelaskan mengenai lambang tersebut menggambarkan suatu makna.

2. Dinamis

Bahasa bersifat dinamis yaitu bahasa tidak lepas dari berbagai kemungkinan perubahan setiap saat bisa terjadi. Misalnya adalah munculnya kosakata baru dan kosakata yang lama tidak berfungsi lagi.

3. Produktif

Bahasa bersifat produktif yaitu bahasa dengan jumlah yang besar deng unsur yang terbatas.

Baca Juga: pengertian visi dan misi

4. Beragam

Bahasa bersifat beragam yaitu walaupun bahasa mempunyai kaidah yang sama akan tetapi latar belakang sosial yang berbeda dan kebiasaan yang juga berbeda sehingga menciptakan bahasa yang berbeda beda.

5. Manusiawi

Bahasa bersifat manusia yaitu bahasa sebagai alat komunikasi yang verbal hanya dimiliki oleh manusia. Makhluk hidup selain manusia tidak mempunyai bahasa. Sebagai alat komunikasi, bahasa harus dipahami oleh manusia.

Fungsi Bahasa Dalam Kehidupan Sosial

fungsi bahasa untuk komunikasi

fungsi bahasa untuk komunikasi (Universitas Ciputra Entrepreneurship Online)

Kegunaan yang paling mendasar dari bahasa adalah alat untuk menyampaikan pikiran, alat untuk berinteraksi, alat untuk menyampaikan gagasan, pikiran, perasaan maupun konsep.

Bagi ahli bahasa, konsep bahasa adalah alat yang berfungsi untuk menyampaikan pikiran yang dianggap terlalu sempit. Bahasa memiliki fungsi fungsi yang berguna, antara lain adalah :

1. Fungsi Personal

Bahasa berfungsi sebagai personal jika dilihat dari sudut penuturnya. Maksutnya adalah penutur menyatakan sikap terhadap apa yang dikatakanya. Dalam menyampaikan sebuah bahasa, tidak jarang seseorang juga memperlihatkan apakah orang tersebut sedang senang, marah maupun sedih.

2. Fungsi Direktif

Bahasa sebagai fungsi direktif apabila dilihat dari sudut pendengarnya. Fungsi direktif berguna untuk mengatur tingkah laku pendengarnya. Bahasa digunakan seseorang untuk membuat orang lain melakukan sesuatu.

3. Fungsi Fatik

Bahasa berfungsi fatik yaitu bahasa berfungsi menjalin hubungan dan juga memperlihatkan rasa persahabatan dan solidaritas antar sesama manusia.

Baca Juga: pengertian novel

4. Fungsi Referensial

Bahasa berfungsi sebagai referensial jika dilihat dari topik bahasannya. Bahasa berguna untuk membicarakan suatu peristiwa maupun suatu obje yang ada di sekeliling orang yang berbicara. Fungsi referensial mengandung paham sederhana bahwa bahasa adalah alat yang digunakan untuk menyatakan pikiran kepada orang lain.

5. Fungsi Metalinguistik

Bahasa berfungsi sebagai metalinguistik jika dilihat dari segi kode yang dapat digunakan. Bahasa sebagai metalinguistik adalah bahasa yang digunakan untuk membicarakan bahasa tersebut.

6. Fungsi Imajinatif

Bahasa berfungsi sebagai imajinatif jika dilihat dari segi amanatnya. Bahasa merupakan alat untuk menyampaikan gagasan, pikiran dan juga perasaan baik merupakan kenyataan maupun yang merupakan imajinasi atau khayalan saja.

Asal Mula Bahasa

Asal mula bahasa telah menjadi topik pembahasan para ahli hingga sekarang. Banyak teori teori yang mengungkapkan asal mula bahasa itu, akan tetapi tidak ada yang mutlak bisa dibuktikan.

Sehingga banyak teori para ahli yang bertentangan mengenai asal mula bahasa. Secara teori, asal mula bahasa dibagi menjadi 2 yaitu dalam teori tradisional dan teori modern.

Asal mula bahasa berdasarkan teori tradisional adalah :

1. Pooh Pooh Teori

Pooh pooh teori adalah sebuah teori yang dikemukakan oleh Charles Darwin di dalam buku yang berjudul Descent of Man pada tahun 1871. Menurut teori tersebut adalah bahasa manusia berasal dari suatu bentuk yang primitif, bisa berupa ekspresi emosi manusia tersebut.

2. Yo He Ho Teori

Yo he ho teori adalah sebah teori yang di tulis oleh seorang ahli yang tidak diketahui namanya. Asal mula bahasa lahir di dalam sebuah kegiatan sosial. Pada zaman dahulu, kelompok orang orang primitif bisa bekerja sama secara sosial dengan menggunakan bahasa sendiri sendiri sehingga bisa melahirkan bahasa.

Baca Juga: pengertian surat

3. Gestur Teori

Gestur teori adalah sebuah teori yang di pakai oleh suku indian di benua Amerika. Bahasa yang pertama kali digunakan adalah bahasa isyarakat untuk berkomunikasi dengan anggota sukunya dan juga berkomunikasi antar suku.

Asal mula bahasa berdasarkan pendekatan modern. Berdasarkan pendekatan modern, seseorang dilahirkan sempurna hingga perlengkapan fisik untuk bicara. Menurut ahli dari jepang yaitu Otto Jespersen terdapat persamaan perkembangan antara bahasa manusia primitif dan juga bahasa bayi.

Struktur Bahasa

struktur dalam bahasa

struktur dalam bahasa (Bilingua)

Bahasa mempunyai 4 struktur yang membentuk bahasa itu sendiri. Struktur tersebut antara lain :

1. Fonologi

Fonologi adalah berasal dari bahasa yunani yang artinya adalah bunyi dan ilmu. Fonologi dapat diatyikan menjadi tata bunyi. Fonologi merupakan bagian dari struktur bahasa yang bisa menganalisa bunyi bahasa secara umum.

2. Morfologi

Morfologi adalah tata bahasa yang membahas mengenai pembentukan kata dalam sebuah bahasa. Morfologi dapat juga disebut sebagai tata bentuk.

3. Sintaksis

Sintaksis yang berarti peraturan untuk membuat suatu kalimat. Selain itu, sintaksis berguna untuk menunjuk langsung pada suatu oeraturan atau prinsip yang dapat mencakup struktur kalimat bahasa lainnya.

Baca Juga: pengertian bahasa

4. Sematik

Sematik mempunyai arti memberikan tanda. Semantik adalah ilmu yang mempelajari mengenai makna yang terdapat dalam sebuah bahasa, representasi, kode dan lainnya.

Tata Bahasa

Tata bahasa dapat dibagi menjadi 2, antara lain :

1. Tradisional

Tata bahasa tradisional, yaitu bahasa yang mencontoh warisan tata bahasa negara barat dan mewarisi hampir semua kaidah gramatikal dari tata bahasa yunani latin. Tata bahasa Indonesia termasuk ke dalam tata bahasa tradisional.

2. Struktural

Tata bahasa struktural, yaitu bahasa yang berasal dari hasil penyelidikan bahasa bahasa tersendiri, dan terlepas dari semua macam prasangka yang bisa muncul.

Bahasa Sebagai Alat Komunikasi

Bahasa sebagai alat komunikasi adalah bahasa yang dihasilkan dari simbol bunyi, isyarat dan lain sebagainya yang disampaikan oleh seseorang dan di sampaikan ke seseorang atau sekelompok orang yang merupakan media untuk menyampaikan suatu pikiran manusia.

Originally posted 2018-01-30 10:00:01.