Kenali Bagian Mata Secara Lebih Lengkap

2 min read

apa itu mata

Mata merupakan salah satu komponen dalam tubuh yang sangat penting keberadaannya, semua bagian mata juga memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Sebagai indera penglihatan, mata harus selalu dijaga kebersihan serta kesehatannya. Hal tersebut mengingat betapa pentingnya mata untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Tanpa adanya mata, tidak akan mampu melihat keindahan dunia beserta isinya.

Pengertian Mata

apa itu mata manusia
apa itu mata manusia (Brilio)

Mata adalah alat atau indera untuk melihat sesuatu, entah itu benda hidup ataupun benda mati. Cara kerja mata berkaitan erat dengan cahaya, yakni kondisi gelap dan terang yang dihasilkan oleh suatu objek.

Mata hampir sama seperti bagian tubuh lainnya, di dalamnya terdapat bagian-bagian yang memiliki fungsinya masing-masing.

Beberapa Jenis Penyakit Mata

penyakit mata
penyakit mata (hellosehat)

Sama seperti bagian tubuh lainnya, mata juga bisa terserang penyakit apabila tidak dijaga kesehatannya. Beberapa jenis penyakit yang bisa menyerang bagian-bagian mata adalah kelainan refraksi, konjungtivitis, pterigium, glaucoma, dan juga katarak.

Sebagian besar penyakit-penyakit yang menyerang mata tersebut disebabkan oleh faktor dari luar seperti radiasi dan cahaya berlebih yang masuk ke mata.

Bagian-bagian Mata

bagian bagian mata
bagian bagian mata (awalilmu.com)

1. Kornea

Kornea memiliki letak di lapisan terluar mata yang berupa bagian bening dan bersifat tembus pandang.  Letaknya yang berada di luar membuat bagian ini memiliki fungsi sebagai penangkap cahaya yang masuk pertama kali, sebelum akhirnya diteruskan ke dalam sel-sel mata. Selain itu, kornea juga memiliki bentuk yang cembung dan selalu basah apabila terkena air mata.

2. Pupil

Pupil merupakan lapisan kedua setelah adanya kornea, tepatnya yang berada pada bagian bola mata yang bentuknya berupa lingkaran hitam.

Pupil berperan sebagai bagian yang mengatur sedikit banyaknya cahaya yang masuk ke dalam mata. Apabila berada di dalam ruangan yang sangat terang, maka pupil akan secara otomatis mengecil dan hanya menangkap sedikit cahaya untuk dimasukkan ke dalam mata. Hal tersebut agar mata tidak terlalu silau dan tetap bisa melihat dengan jelas.

3. Iris


Iris biasa disebut sebagai pewarna. Hal tersebut karena bagian ini memang berfungsi untuk member warna pada bagian bola mata. Beberapa orang tertentu memiliki bola mata yang berbeda-beda, ada yang hitam, cokelat, hijau, dan bahkan biru, semuanya adalah berkat pengaruh dari peran iris.

4. Retina

Bagian mata yang satu ini merupakan bagian tipis yang memiliki fungsi untuk menangkap adanya bayangan benda. Lapisannya sangat tipis karena berada pada dinding paling dalam bagian mata.

Terdapat dua reseptor cahaya yang memiliki nama sel kerucut (konus) dan sel batang (basilus), kedua sel tersebut berada pada bagian depan retina, sedangkan bagian belakang tidak memilikinya.

5. Sklera

Sklera merupakan warna putih yang terdapat pada bagian dinding mata terluar. Karena letaknya yang berada di lapisan terluar, membuat sklera bertugas untuk melindungi bola mata dari adanya kerusakan, sehingga dapat mempertahankan bentuk mata yang sudah terstruktur sempurna.

6. Lensa Mata

Lensa mata merupakan bagian yang berada tepat di belakang iris. Sifatnya yang lunak dan juga transparan berfungsi untuk memfokuskan bayangan suatu benda yang didapat dari cahaya agar bisa jatuh di titik yang tepat.

7. Saraf Optik

Saraf optik merupakan bagian yang berfungsi sebagai penerus informasi yang didapatkan dari retina yang berupa visual lalu dikirimkan menuju ke otak. Optic adalah komponen yang sangat penting, sebab bagian inilah yang bisa mengidentifikasi jenis bayangan yang dilihat.

8. Koroid

Untuk bagian ini memiliki fungsi sebagai pemasok asupan nutrisi untuk sel-sel mata yang lainnya. Warna yang dimiliki keroid adalah cokelat dan bertujuan agar cahaya tidak bisa dipantulkan.

9. Titik Buta

Titik buta memiliki peran untuk membelokkan serta meneruskan berkas saraf untuk dikirim menuju otak. Pada bagian ini, tidak ada sel yang bisa menangkap cahaya sehingga apabila ada bayangan yang jatuh di titik ini tidak akan dapat terlihat.

Mata adalah anugerah yang harus selalu dijaga kebersihan serta kesehatannya, tak terkecuali juga semua bagian mata. Hal tersebut karena fungsi mata dapat berjalan lancar apabila seluruh bagiannya juga terjaga dengan baik.

Salah satu langkah dini untuk menjaga mata agar tetap sehat adalah dengan menghindarkan mata dari radiasi yang terlalu banyak. Semoga bermanfaat!

Originally posted 2019-09-17 08:48:49.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *