Pengertian Minyak Bumi

Minyak bumi adalah salah satu kebutuhan manusia yang tidak bisa dielakkan kehadirannya. Sepanjang sejarah manusia, energi telah menjadi kunci utama standar sebuah kehidupan.

Untuk bertahan hidup di era agraria, orang membakar kayu untuk kehangatan dan memasak. Selain digunakan sebagai bahan bangunan, kayu tetap menjadi bahan bakar global utama selama berabad-abad.

Hingga kemudian minyak bumi kemudian hadir dan menggantikan peran kayu bakar pada zaman itu. Seperti apakah sejarah hadirnya minyak bumi di dunia? Bagaimana proses penyulingan minyak itu sendiri? Cari tahu ulasannya di bawah ini.

Definisi Minyak Bumi

Kata minyak bumi (secara harfiah “minyak batu” dari bahasa Latin petra, “batu” atau “batu,” dan oleum, “minyak”) pertama kali digunakan pada tahun 1556 dalam risalah yang diterbitkan oleh ahli mineral Jerman Georg Bauer, yang dikenal sebagai Georgius Agricola.

Minyak bumi adalah campuran kompleks hidrokarbon yang terjadi di bumi dalam bentuk cair, gas, atau padat.

Minyak bumi juga disebut dengan minyak mentah, tetapi, sebagai istilah teknis, minyak bumi juga mencakup gas alam dan bentuk kental atau padat yang dikenal sebagai bitumen, yang ditemukan di pasir tar.

Fase cair dan gas dari minyak bumi merupakan yang paling penting dari bahan bakar fosil primer.

Minyak bumi sendiri adalah istilah luas yang mengelompokkan kombinasi cairan dan gas organik yang terbentuk setelah kerogen dipanaskan dan dikompresi dalam jangka waktu yang lama.

Campuran ini bisa sangat kompleks, tetapi komponen gas utama dari minyak bumi adalah gas alam yang sebagian besar metana – sedangkan komponen cairan utama adalah minyak mentah .

Minyak mentah itu sendiri adalah campuran hidrokarbon dan minyak bumi yang kompleks, sehingga komposisi minyak bumi yang tepat tidak pernah sama.

Bahan bakar sekunder seperti bensin , minyak tanah , minyak pemanas , dan bahan bakar diesel semuanya termasuk dalam definisi “minyak bumi”.

Minyak bumi memerangkap energi , pertama berasal dari Matahari , yang ditangkap oleh plankton fotosintesis di lautan purba. Sama seperti batu bara , minyak bumi adalah jenis bahan bakar fosil . Sebagian besar minyak bumi dikumpulkan melalui pengeboran minyak .

Setelah minyak bumi telah dibor untuk oleh minyak ,  pompa digunakan untuk memulihkan bahan bakar. Setelah dipulihkan, minyak bumi harus dipisahkan menjadi beberapa komponen yang berbeda untuk digunakan. Metode utama pemisahan dan pemurnian minyak bumi adalah distilasi fraksional.

Minyak bumi juga dikenal sebagai minyak mentah, bahan bakar fosil yang terbentuk dari sisa-sisa organisme laut purba.  Jutaan tahun yang lalu, ganggang dan tanaman hidup di laut dangkal. Setelah sekarat dan tenggelam ke dasar laut, bahan organik dicampur dengan sedimen lain dan dikubur.

Selama jutaan tahun di bawah tekanan tinggi dan suhu tinggi, sisa-sisa organisme ini berubah menjadi apa yang dikenal sekarang sebagai bahan bakar fosil.

Batubara , gas alam , dan minyak bumi adalah semua bahan bakar fosil yang terbentuk di bawah kondisi yang sama.

Saat ini, minyak bumi ditemukan di reservoir bawah tanah yang luas di mana laut purba berada. Reservoir minyak bumi dapat ditemukan di bawah tanah atau dasar laut. Minyak mentah mereka diekstraksi dengan mesin bor raksasa.


Minyak mentah biasanya hitam atau coklat tua, tetapi bisa juga kekuningan, kemerahan, cokelat, atau bahkan kehijauan. Variasi dalam warna menunjukkan komposisi kimia yang berbeda dari pasokan minyak mentah yang berbeda.

Minyak bumi yang memiliki sedikit logam atau belerang, misalnya, cenderung lebih ringan (kadang-kadang hampir jernih).

Ada sejumlah besar minyak bumi yang ditemukan di bawah permukaan bumi. Bahkan minyak bumi juga bisa ditemukan jauh di bawah sumur terdalam yang dikembangkan untuk mengekstraknya.

Namun, minyak bumi, seperti batu bara dan gas alam, adalah sumber energi yang tidak terbarukan. Butuh jutaan tahun untuk terbentuk, dan ketika diekstraksi dan dikonsumsi, tidak ada cara bagi manusia untuk menggantinya.

Persediaan minyak akan habis dan produksinya yang tertinggi. Beberapa ahli memperkirakan minyak akan sangat dibutuhkan dan mencapai puncak krisisnya setelah 2050. Untuk itulah mengapa penting sekiranya menemukan alternatif untuk minyak bumi sangat dengan penggunaan energi global.

Proses Pembentukan Minyak Bumi

Secara singkat, berikut proses pembentukan minyak bumi:

  • Jasad renik ->
  • Terbawa air dan lumpur ->
  • Mengendap di laut ->
  • Diproses jutaan tahun ->
  • Berubah bentuk jadi bintik dan gelembung minyak + gas ->
  • Batuan kedap ->
  • Jadi gas dan minyak alam

Asal Usul Minyak Bumi

Teori anorganik tentang asal-usul minyak bumi menyatakan bahwa hidrogen dan karbon bersatu di bawah suhu dan tekanan yang besar, jauh di bawah permukaan bumi dan membentuk minyak dan gas.

Minyak dan gas kemudian meresap melalui batuan berpori untuk disimpan di berbagai perangkap bawah tanah alami.

Sementara teori organik adalah yang paling diterima secara luas. Menurut teori organic proses terjadinya minyak bumi  dan gas berasal dari sisa-sisa tumbuhan dan hewan prasejarah. Sisa-sisa tanaman telah diubah menjadi batu bara dan hewan menjadi minyak dan gas.

Sisa-sisa ini ditempatkan di laut dan daratan bersama dengan pasir dan celah, lumpur dan mineral lainnya. Saat batu dan celah mengendap, lapisan demi lapisan menumpuk di sungai, di sepanjang garis pantai dan di bawah laut.

Pergeseran geologis mengakibatkan beberapa lapisan ini terkubur jauh di dalam bumi. Seiring waktu, lapisan bahan organik ditekan di bawah lapisan sedimen di atasnya.

Peningkatan tekanan dan suhu mengubah lumpur, pasir, celah menjadi batu dan bahan organik dalam minyak bumi. Namun kedua teori mengenai asal-usul adanya minyak bumi ini juga masih menjadi perdebatan.

Proses Pengeboran Minyak Bumi

Secara singkat, ada enam proses pengeboran minyak bumi. Yaitu:

  1. Seismic: proses pencarian tempat yang mengandung minyak atau gas bumi
  2. Drilling and well construction: yaitu proses pengeboran dengan rig
  3. Well logging: proses pemetaan lapisan tanah serta mengecek kandungan yang ada di dalamnya
  4. Well testing: menembak lokasi yang mengandung minyak, dan dialirkan ke dalam tempat yang bertekanan lebih rendah
  5. Well completion: proses instalasi sumur, sebelum siap digunakan
  6. Production: tahap akhir, yaitu memproduksi minyak mentah jadi bahan olahan (bensin, aspal, dll).

Komponen

Berikut setidaknya enam komponen minyak bumi:

  1. Aspal
  2. Parafin
  3. Pelumas
  4. Minyak Tanah
  5. Bensin / bensin
  6. Gas minyak bumi

Kelebihan

Setidaknya ada enam kelebihan minyak bumi, yaitu:

  1. Minyak Sangat Mudah Diekstraksi
  2. Bahan Bakar Berkepadatan Tinggi
  3. Minyak Bumi Dapat Diangkut Dalam Jarak Jauh
  4. Menyediakan Bahan Bakar Yang Bekerja Dengan Banyak Infrastruktur
  5. Dapat Digunakan Dalam Berbagai Cara
  6. Minyak Bumi Menyediakan Sumber Daya Energi Yang Stabil

Kekurangan

Selain kelebihan, berikut kekurangan minyak bumi dibanding energi lain:

  1. Gas Yang Berbahaya Bagi Lingkungan
  2. Minyak Bumi Adalah Sumber Daya Yang Terbatas
  3. Proses Perbaikan Minyak Bumi Bisa Beracun
  4. Minyak Bumi Bisa Menciptakan Dampak Suhu Tinggi
  5. Transportasi Minyak Bumi Tidak 100% Aman
  6. Komoditas Yang Dieksploitasi Untuk Tujuan Politik

Seperti itulah paparan mengenai minyak bumi yang bisa juga digunakan untuk bahan dalam membuat makalah tentang minyak bumi. Semoga bermanfaat.

Originally posted 2019-05-05 21:27:23.


2 thoughts on “Pengertian Minyak Bumi”

  1. Hai kak 🙂
    Isi Artikelnya bermanfaat banget, ijin copas ya kak, buat materi bikin makalah
    Bahasanya bakalan aku rubah dikit, biar enggak sama banget, boleh enggak kak?
    Terimakasih

    Reply
  2. Hai kak, isi artikelnya lengkap dan bermanfaat…
    Ijin copas ya kak, untuk tambahan materi pembuatan makalah tentang minyak bumi
    Boleh engga kak? Terima kasih

    Reply

Leave a Comment

Tutup Iklan