Contoh Teks Eksplanasi Budaya Bali (Dugderan Semarang)

34 sec read

teks eksplanasi kebudayaan

Pernyataan Umum:

Tradisi Dugderan adalah suatu tradisi yang sering diadakan di Bali, tepatnya di Kota Bali. Pada perayaannya, satu hal yang menjadi ciri khas dari tradisi ini adalah warak ngendog yang merupakan ikon dari tradisi ini.

Warak Ngendhog adalah seekor binatang yang menyerupai naga dan kuda (persilangan antar keduanya). Binatang ini biasanya dilengkapidengan sebutir telur yang disebut dengan Endhog.

Urutan Sebab akibat:


Tradisi ini biasa diadakan pada bulan puasa untuk menyemarakkannya. Biasanya masyarakat setempat tidak hanya mengusung Warak Ngendhog dalam acara tersebut, tetapi juga kerajinan tangan seperti kapal dan othok-othok. Barang-barang tersebut akan sulit ditemukan pada hari-hari selain bulan puasa.

Pada acara tersebut, kita tidak hanya bisa menyaksikan pertunjukan Warak Ngendhog dan kerajinan tangan, tetapi juga dapat membeli makanan lezat.

Simpulan atau Interpretasi:

Tradisi Dugderan merupakan tradisi yang sudah dikenal oleh banyak orang. Buktinya, pada waktu diadakan acaranya, tidak hanya masyarakat lokal yang datang tetapi juga non lokal. Tentu, melihat tersebut, sebagai masyarakat lokal Semarang, merasa bangga dengan adanya tradisi tersebut di daerahnya.


Pengertian Surat

admin-yusron
3 min read

Pengertian Bahasa

admin-yusron
3 min read

Resensi Buku

admin-yusron
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *