Teks laporan hasil observasi adalah hal dasar yang harus diketahui seseorang ketika hendak membuat sebuah laporan. Laporan observasi memiliki berbagai struktur dan juga tujuan yang harus ditulis dalam sebuah laporan.

Untuk Anda yang bingung apa saja struktur yang diperlukan dalam membuat sebuah laporan, berikut ini adalah penjelasan membuat teks laporan dan struktur-strukturnya.

Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi

apa itu observasi

apa itu observasi (LinkedIn Learning)

Secara umum, teks laporan adalah salah satu jenis teks yang dikategorikan sebagai “teks faktual. Teks laporan ini masuk ke jenis tulisan yang sering disebut hampir sama dengan teks deskriptif.

Dikarenakan bentuk tulisannya yang hampir sama dengan teks deksriptif, maka tidak heran jika banyak orang yang “bingung” bagaimana membedakan teks-teks di atas.

Tetapi sebenarnya untuk membedakan antara teks deskriptif dan teks laporan itu mudah. Tujuan teks deskriptif lebih memberikan informasi deskripsi yang lebih spesifik.

Sementara ciri-ciri teks laporan memberikan deskripsi tentang objek secara umum, objek, faktual., sistematik dan ada objek.

Dengan kata lain sifat dari teks deskriptif menggambarkan objek tertentu, sedangkan sifat tekslaporan menggambarkan objek yang lebih umum.

Teks deskriptif ditulis berdasarkan pendapat dari apa yang dilihat dan dirasakan oleh penulis. Sementaraciri bahasa teks laporan hasil observasiditulis secara ilmiah berdasarkan hasil penelitian mendalam.

Dapat disimpulkan, dalam hal bahasa, bahwa fungsi teks laporan adalah tulisan yang memberikan informasi tentang suatu peristiwa atau situasi, setelah diadakannya penyelidikan dan melalui berbagai pertimbangan.

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

struktur teks observasi

struktur teks observasi (Towards Data Science)

Struktur teks laporan hasil observasi memiliki dua struktur umum:

1. Klasifikasi umum

Klasifikasi umum menyatakan semua aspek yang akan dibahas secara umum. Klasifikasi umum berusaha untuk menceritakan fenomena apa yang sedang dibahas dalam hal bagian, kualitas, kebiasaan atau perilaku.

2. Struktur generik

Struktur generik berisi tentang informasi umum dan kumpulan informasi tertentu. Informasi umum adalah bagian yang menyebutkan informasi dari objek tertulis yang dibahas secara general. Kemudian baru laporan ditulis dengan informasi spesifik dan secara terperinci.

Tujuan Teks Laporan

tujuan teks observasi

tujuan teks observasi – linkedin.com

Setiap teks harus memiliki tujuan mengapa teks tersebut haruslah ditulis. Tujuan sosial dari tujuan teks laporan observasi adalah menyajikan informasi tentang sesuatu yang umumnya menggambarkan seluruh kelas benda, baik alam dan sebagainya.

Dapat disimpulkan, bahwa tujuan teks laporan adalah untuk menyampaikan informasi observasi melalui analisis sistematis.

Informasi yang dijelaskan dalam teks laporan biasanya bersifat umum, baik alami atau buatan seperti mamalia, planet, batu, tanaman, negara bagian, budaya, transportasi, dan sebagainya.

Jadi jika disimpulkan tujuan teks laporan hasil observasi adalah:

  1. Untuk menggambarkan sesuatu secara umum.
  2. Untuk menyajikan informasi tentang (sesuatu), sebagaimana adanya.
  3. Untuk menggambarkan cara segala sesuatu .

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

contoh laporan observasi

contoh laporan observasi = haikudeck.com

Untuk memberikan Anda sebuah gambaran mengenai bagaimana cara menyusun teks laporan hasil observasi, berikut ini adalah contoh teks laporan hasil observasi.

Pepaya adalah sebuah tanaman yang mendapatkan makanan seperti kebanyakan tanaman lain, melalui fotosintesis.

Pepaya merupakan tanaman  yang membuat makanannya sendiri menggunakan matahari dan air. Ketika suatu organisme dapat membuat makanannya sendiri, maka tanaman itu disebut autotrophic atau makan sendiri.

Fotosintesis terjadi pada sel khusus yang disebut kloroplas yang biasanya terletak di daun tanaman. Dikarenakan pepaya daunnya sangat luas dan besar, maka daun ini memberikan area permukaan yang lebih besar untuk terjadinya fotosintesis.

Daunnya juga memiliki pigmen di dalamnya yang disebut klorofil sehingga membantu menyerap sinar matahari dan itulah yang memberi warna hijau daun.

Salah satu produk akhir fotosintesis adalah gula yang disebut glukosa. Inilah yang digunakan dan disimpan oleh pabrik untuk energi.

Pepaya juga termasuk dalam kategori tanaman yang disebut tanaman vaskular. Tanaman pepaya memiliki jaringan khusus yang membantu mengangkut air dan nutrisi ke atas dan ke bawah tanaman.

Floem memindahkan nutrisi dan gula dari daun ke bawah ke akar dan bagian tanaman yang tumbuh lainnya.  Xylem membantu memindahkan air dari akar ke daun untuk digunakan dalam fotosintesis.

Untuk Anda yang masih bingung bagaimana membuat teks laporan hasil observasi, maka struktur dan contoh di atas bisa menjadi referensi Anda.