Tujuan Proposal

Tujuan Proposal adalah rancangan kegiatan yang dituangkan dalam bentuk tulisan dan dijelaskan secara terperincidengan berbagai maksud tertentu.

Dapat diartikan bahwa proposal itu adalah tulisan yang sengaja dibuat untuk menjelaskan suatu rencana kegiatan.

Proposal dibuat biasanya untuk menyampaikan sesuatu yang dapat diterima untuk mengadakan sebuah kegiatan.

Tujuan proposal umumnya dibentuk yaitu untuk memperoleh ijin dan dukungan dari suatu pihak. Berikut tujuan proposal dan penjelasannya.

1. Menyampaikan rencana kegiatan

Tujuan proposal yang satu ini harus ada di setiap proposal agar pihak yang dituju mengetahui kegiatan apa yang akan diadakan.

2. Menjelaskan kegiatan

Didalam proposal harus memuat agenda serta acara yang akan diadakan oleh pihak tertentu. Sehingga para pembaca dapat pemahaman tentang tujuan kegiatan lebih jelas.

3. Mendapat dukungan dari pihak terkait

Dukungan yang dimaksud dapat bisa berupa dana, ijin, maupun sponsor. Biasanya sudah dituliskan dan terdapat jumlah dana yang dibutuhkan untuk melakukan kegiatan tersebut.

Tidak lupa dituliskan juga untuk alokasi dananya, sehingga jelas untuk apa sajakah dana yang berhasil terkumpul nanti. Pemberian ijin terhdapa suatu kegiatan memang menjadi tujuan inti pembuatan proposal.

4. Penawaran kerja sama

Dukungan bisa berupa kerjasama atau sponsor. Dengan adanya kerjasama itulah maka kegiatan dapat berlangsung secara optimal dengan sukses tanpa adanya hambatan.

5. Memberi gambaran acara


Tujuan proposal ini agar semua panitia ataupun pihak yang di tuju supaya jelas, biasanya ditulis secara garis besarnya saja.

6. Melakukan tender

Bisa digunakan sebagai melakukan tender / lelang pada proyek-proyek swasta maupun program pemerintah

Tujuan proposal dibagi menjadi 2 yaitu tujuan umum dan khusus. Tujuan umum yaitu tujuan yang secara keseluruhan mengapa melakukan kegiatan tersebut.

Tujuan khusus yaitu penjelasan secara rinci dari masing-masing tujuan kegiatan yang telah dijabarkan.

Semua harus dijelaskan baik mengenai variabel independen ataupun variabel dependen serta gabungan dari kedua variabel itu.

Proposal biasanya dibuat ketika seorang individu/ kelompok orang yang akan melakukan sebuah kegiatan dan berhubungan dengan orang lain.

Bagian tujuan ini berisi maksud atau manfaat yang akan didapatkan jika acara itu berlangsung. Biasanya tujuan ditulis minimal satu poin bahkan bisa lebih dari itu.

Pada setiap poin tujuan yang telah dituliskan harus dijelaskan secara jelas dan rapih. Poin pertama harus berisi tujuan yang paling penting terlebih dahulu, lalu dilanjutkan lainnya.

Melalui proposal yang telah dibuat maka diharapkan agar pihak yang dituju mendapatkan informasi mengenai rencana yang kamu buat.

Sehingga pihak penerima proposal dapat memberikan izin terhadap pelaksanaan kegiatan yang telah disusun dan direncanakan.

Demikian tulisan singkat dan padat mengenai tujuan proposal berikut penjelasannya. Semoga kamu bisa memahaminya, Terima kasih.


Leave a Comment