Ciri-ciri Proposal

Proposal adalah suatu rencana yang disajikan dalam bentuk rancangan kegiatan dalam bentuk tulisan dan ditulis secara sistematis serta jelas.

Proposal biasanya dijadikan pedoman kerja atau acuan untuk pelaksanaan kegiatan yang telah direncanakan. Proposal bisa diartikan pengajuan/mengajukan atau permohonan.

Pihak memberikan proposal untuk menawarkan ide dan gagasan kepada pihak lain supaya mendapatkan dukungan. Dukungan bisa berupa ijn, dana, persetujuan, dan lain-lain.

Ciri-ciri proposal umumnya yaitu dibuat untuk meringkas kegiatan yang akan dilakukan dan memberikan gambaran kegiatan.

Apa Saja Ciri-ciri Proposal?

Ciri-ciri proposal adalah adanya pihak yang mengajukan. Pihak yang mengajukan proposal tersebut sebagai pihak yang mengusulkan suatu kegiatan.

Berikut ciri-ciri proposal dan penjelasannya.

1. Terdapat pihak yang mengajukan dan dituju

ada pihak mengajukan dituju

Proposal dibuat oleh pihak yang mengajukan itu sendiri. Misalnya proposal penelitian, pihak yang membuat adalah tim peneliti tersebut.

Selanjutnya pihak yang dituju yaitu kepada siapa proposal tersebut dibentuk. Pada umumnya pihak yang dituju adalah pihak yang mempunyai wewenang dalam hal perizinan dan sponsor.

2. Memuat ringkasan kegiatan

ada ringkasan kegiatan

Semua proposal harus berisi ringkasan atau gambaran mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan.

Didalam proposal harus pula dijelaskan mengenai latarbelakang, tujuan, jadwal, dan teknis acaranya. Unsur-unsur tersebut harus dijelaskan secara rinci dan detail.

3. Sebagai pemberitahuan

ada pemberitahuan


Proposal mempunyai sifat yang digunakan sebagai pemberitahuan yang memuat kegiatan yang akan dilaksanakan.

Dengan adanya proposal maka orang yang dituju akan paham dan mengerti maksud serta rencana kegiatan yang akan dilaksanakan.

4. Menyesuaikan proposal dan bahasa

menyesuaikan proposal bahasa

Ciri-ciri proposal pada umumnya proposal menggunakan bahasa baku dan formal. Format penulisan harus benar dan tidak boleh ada kesalahan.

Tetapi ada proposal yang menggunakan semi atau bahkan tidak formal seperti proposal izin menggunakan gedung sekolah terkait acara reuni tahunan.

5. Struktur penulisan

struktur penulisan di proposal

Setiap proposal memiliki format dan struktur yang terkadang berbeda, contohnya saja proposal usaha dan proposal penelitian.

Proposal usaha harus menjelaskan terkait usaha apa, sedangkan penelitian harus menjelaskan terkait apa yang akan diteliti.

Tapi umumnya struktur proposal memuat latarbelakang, rumusan masalah, tujuan, teknis pelaksanaan, dan penutup.

6. Isi yang sistematis

Proposal harus disusun secara jelas, urut, dan sistematis. Penyusunan proposal harus urut, artinya harus dimulai awal hingga akhir dan tidak boleh terbalik.

7. Dapat dipertanggungjawabkan

proposal bisa dipertanggungjawabkan

Ciri-ciri proposal yaitu isinya harus bisa dipertanggungjawabkan oleh pembuat proposal. Setiap struktur proposal harus dijelaskan dengan benar dan jelas, sehingga pembaca atau pihak yang dituju tidak merasa kebingungan.

8. Mempunyai isi persuasif

isi persuasif proposal

Proposal bertujuan untuk meyakinkan pihak yang dituju agar melakukan sesuatu atas apa yang kita inginkan di waktu yang akan datang.

Nah itu dia penjelasan ciri-ciri proposal secara lengkap. Semoga bisa menjadi referensi kamu.


Leave a Comment