Apa itu Darah?

Peredaran Darah menjadi proses penting untuk memenuhi kebutuhan oksigen tubuh manusia. Jika dalam peredaran darah tidak berjalan normal, tentu pemenuhan kebutuhan oksigen akan mengalami gangguan dan membuat tubuh menjadi tidak sehat.

Melalui peredaran darah, tubuh akan mendapatkan zat-zat yang diperlukan dan membuang zat-zat yang tidak dibutuhkan.

Definisi Peredaran Darah

apa itu darah

apa itu darah

Peredaran Darah dalam tubuh manusia disebut dengan peredaran darah rangkap dan peredaran darah ganda. Peredaran darah rangkap sendiri dibagi menjadi dua yaitu peredaran darah kecil dan peredaran darah besar.

Peredaran kecil

Peredaran Darah Kecil Adalah peredaran darah dimulai dari bilik kanan jantung menuju ke paru-paru kemudikan kembali ke serambi kiri jantung.

Ketika darah masuk ke jantung, jantung akan mengeluarkan karbondioksida dalam bentuk udara dan menghirup kembali udara yang mengandung oksigen. Oksigen yang dihirup tersebut akan dibawa oleh vena pulmonal untuk dialirkan dari serambi kiri menuju bilik kiri.

gambar peredaran darah manusia

gambar peredaran darah manusia

Sistem peredaran darah kecil atau sering disebut peredaran darah pendek berawal dari bilik kanan jantung. Kemudian mengeluarkan darah melewati arteriol (cabang arteri pulmonal). Arteriol merupakan penghubung antara arteri pulmonal dengan paru-paru dan kapiler.

Peredaran besar

Peredaran Darah Besar Adalah peredaran darah dimulai dari bilik kiri jantung menuju ke seluruh tubuh dan kembali ke serambi kanan jantung.

Sistem peredaran darah besar atau peredaran darah panjang yang berawal dari bilik kiri mengandung oksigen untuk diberikan pada aorta.

Aorta tersebut akan mengalirkan darah menuju arteri atas dan arteri bawah. Jantung akan memompa lebih kuat untuk memberikan tekanan lebih pada darah.

Tekanan darah tersebut dibantu oleh denyutan otot arteri di sepanjang perjalanan darah pada saluran darah. Definisi Peredaran Darah Besar secara singkat yaitu dari jantung ke seluruh tubuh dan kembali lagi ke jantung.

Perbedaan Peredaran Darah Besar Dan Kecil

1. Alur Sirkulasi Darah

sirkulasi darah

sirkulasi darah (wkimedia)

Salah satu Perbedaan Peredaran Darah Besar Dan Kecil terletak pada aliran atau sirkulasi darahnya. Meskipun sirkulasi darahnya hampir mirip, tetapi ada sedikit perbedaannya.

Pada peredaran darah besar, alirannya yaitu membawa darah yang mengandung sari makanan dan oksigen. Darah dari jantung dialirkan ke seluruh tubuh dan kembali lagi menuju jantung.

Sedangkan pada peredaran darah kecil, sirkulasi darahnya lebih singkat dan pendek. Sirkulasi darah kecil, alirannya yaitu membawa darah dari jantung menuju paru-paru kemudian kembali lagi ke jantung.

2. Organ-organ yang dilewati

bagian bagian jantung

bagian bagian jantung

Perbedaan selanjutnya dapat dilihat pada organ-organ tubuh yang dilewati oleh sirkulasi peredaraan darah besar dan kecil.

Peredaraan darah besar atau panjang melewati organ jantung yang dialirkan ke seluruh tubuh. Kemudian kembali lagi ke organ jantung.

Sedangkan peredaran darah kecil melewati jantung kemudian menuju paru-paru. Dari paru-paru darah kembali lagi menuju jantung.

3. Kandungan yang dibawa

Perbedaan darah besar dan kecil terletak pada kandungan yang dibawa oleh darah tersebut. Peredaran darah besar mengedarkan darah yang mengandung oksigen dan sari-sari makanan yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Setelah diedarkan ke seluruh tubuh, kembali lagi menuju jantung dengan darah yang mengandung karbon dioksida.

Sedangkan pada peredaraan kecil atau peredaran pendek yaitu darah yang dibawa banyak mengandung karbondioksida dimana diedarkan menuju paru-paru.

Darah yang sampai di paru-paru akan diproses sehingga darah dialirkan banyak mengandung oksigen. Setelah itu darah mengandung oksigen tersebut diedarkan kembali ke jantung.

Fungsi Peredaran Darah dalam Tubuh

sistem peredaran darah

sistem peredaran darah (slidershare Riska Damanik)

Darah menjadi suatu cairan yang sangat penting bagi tubuh manusia. Fungsi peredaran darah yang paling utama yaitu menyalurkan atau mengangkut berbagai zat-zat penting yang dibutuhkan dan disebarkan ke seluruh tubuh.

Misalnya lemak, protein dan gula dari saluran pencernaan yang disebarkan ke bagian tubuh yang membutuhkan.

Selain itu, peredaran darah juga berfungsi untuk mengangkut sari-sari makanan yang berasal dari usus ke seluruh tubuh. Fungsi lain yaitu menyalurkan oksigen yang dihirup dari organ pernapasan menuju ke seluruh tubuh.

Tidak hanya oksigen saja, peredaran darah juga mengangkut karbondioksida dari seluruh tubuh ke paru-paru. Proses pernapasan tersebut dinamakan respirasi.

Peredaran darah juga berfungsi untuk membawa hormon dan sel-sel kekebalan tubuh dari tempat produksinya ke bagian-bagian tubuh yang membutuhkan dan pada sistem kekebalan tubuh.

Peredaran juga membawa zat sisa metabolisme misalnya urea dan asam urat menuju ke organ ekskresi atau pengeluaran yaitu ginjal dan usus besar.

Menjaga kestabilan temperatur pada tubuh juga menjadi fungsi peredaran darah. Sehingga suhu tubuh manusia selalu stabil yaitu berkisar 36 – 37 derajat celcius. Adanya aliran darah ternyata juga mampu membunuh kuman yang masuk ke dalam tubuh manusia.

Peredaran Darah terdiri dari dua macam yaitu peredaran kecil dan peredaran besar. Meskipun mereka sama-sama mengedarkan darah, tetapi memiliki beberapa perbedaannya.

Fungsi peredaran juga sangat banyak, sehingga jika peredaran darah terganggu tentunya akan ada beberapa organ tubuh yang juga akan terganggu.

Cari Artikel di Sini