Penjelasan Lengkap Jaringan Tumbuhan

2 min read

penjelasan lengkap tumbuhan

Jaringan Tumbuhan merupakan kumpulan dari beberapa sel yang ada pada tumbuhan atau tanaman. Jaringan-jaringan saling bekerja sama satu dengan yang lainnya hingga membentuk organ. Jaringan tersebut mampu memberikan dukungan struktural pada tanaman atau tumbuhan.

Pengertian Jaringan Tumbuhan

apa itu jaringan tumbuhan
apa itu jaringan tumbuhan

Jaringan Tumbuhan berbeda dengan jaringan hewan. Jaringan Pada Tumbuhan Adalah sel – sel yang mempunyai tujuan sama untuk membentuk energi pada tumbuhan.

Jaringan ini juga dapat dijabarkan sekelompok sel yang dikhususkan untuk melakukan fungsi spesifik pada tubuh tumbuhan.

Jaringan tumbuhan mengandung pigmen fotosintetik. Misalnya klorofil untuk menghasilkan gula sederhana di dalam sel. Sel – sel tumbuhan terdiri dari dinding sel selulosa dan beberapa vakuola yang akan membantu tanaman untuk tumbuh.

Macam- Macam Jaringan Tumbuhan

Berikut ini adalah jenis-jenis jaringan permanen tumbuhan :

1. Jaringan Meristem

jaringan maristem tumbuhan
jaringan maristem tumbuhan

Salah satu Macam-Macam Jaringan tumbuhan yaitu jaringan meristem. Jaringan ini merupakan jaringan yang memiliki sel-sel aktif membelah diri.

Jaringan Meristem berada di ujung batang dan ujung akar. Asal pembentukan jaringan terbagi menjadi tiga yaitu promeristem, meristem primer dan meristem sekunder.

Ciri – ciri jaringan meristem yaitu aktif membelah dan mengalami diferensiasi, berukuran kecil dan dinding tipis. Jaringan Meristem mengandung banyak sitoplasma, nukleus dan vakuola. Selain itu, jaringan ini berbentuk kuboid atau prismatik.

2. Jaringan Penyokong

jaringan penyokong
jaringan penyokong (Pelajaran.Co.Id)

Jaringan Penyokong berfungsi untuk penguat, penyokong, dan penunjang tubuh tumbuhan. Ciri-ciri dari jaringan penyokong atau jaringan mekanik yaitu yaitu memiliki dinding tebal dan terdapat beberapa zat. Seperti pektin, selulosa dan semi selulosa.

3. Jaringan Dasar

jaringan parenkim
jaringan parenkim

Jaringan dasar atau jaringan parenkin yaitu berfungsi untuk mengisi ruang antarjaringan. Jaringan parenkin yang memiliki vakuola besar dan dinding sel tipis ini juga berguna sebagai pertukaran gas.

Seluruh bagian tubuh tanaman terdapat jaringan dasar, seperti batang, akar, dan daun. Ciri-ciri jaringan parenkin yaitu terletak dekat inti dari dasar sel, berbentuk banyak segi dan memiliki banyak ruang antara sel satu dengan yang lainnya.

4. Jaringan Pengangkut

jaringan pengangkut
jaringan pengangkut (ContohSoal.co.id)

Jaringan Pengangkut atau pembuluh yaitu jaringan yang berguna untuk proses pengangkutan zat yang ada di dalam tumbuhan dan proses fotosintesis. Jaringan pengangkut terdiri dari pembuluh xilem dan floem.

5. Jaringan pelindung

jaringan epidermis
jaringan epidermis

Jaringan Pelindung atau Epidermis yang terletak pada lapisan paling luar berfungsi untuk melindungi permukaan tumbuhan.


Selain itu, epidermis juga berfungsi untuk mencegah penguapan berlebih dan dengan membentuk lapisan lilin anti air. Pelindung tersusun atas sel-sel yang menutup seluruh permukaan.

Ciri-ciri epidermis yaitu mempunyai bentuk persegi panjang, berklorofil dan terdiri dari sel-sel yang hidup. Selain itu, struktur epidermis lebih rapat dan tidak memiliki ruang untuk sel lain.

Jaringan epidermis mengalami penebalan dinding tetapi luar dindingnya tetap tipis.

Perbedaan Jaringan Tumbuhan dengan Hewan

tabel perbedaan sel hewan tumbuhan
tabel perbedaan sel hewan tumbuhan (safi-tri.blogspot.com)

1. Sel

Melihat dari sel jaringan, jaringan tumbuhan terdiri dari sel-sel hidup dan tidak hidup. Sedangkan jaringan hewan hanya memiliki sel-sel hidup saja.

2. Fase

Jaringan tumbuhan berada pada fase diam atau fase stasioner, sedangkan pada jaringan hewan berada dalam fase lokomotif.

3. Jenis

Jaringan tumbuhan terdiri dari tiga jenis yaitu epidermal, tanah dan vaskular. Sedangkan jaringan hewan terbagi menjadi empat jenis yaitu epitel, ikat, otot dan saraf.

4. Energi

Jaringan tumbuhan membutuhkan sedikit energi sedangkan jaringan hewan membutuhkan energi yang tinggi atau banyak.

5. Nutrisi

Nutrisi pada jaringan tumbuhan sebagian besar dapat menghasilkan makanan mereka sendiri dengan cara fotosintesis. Sedangkan pada jaringan hewan, mereka memiliki mode nutrisi heterotrofik dan membutuhkan asupan atau makanan dari luar.

6. Diferensiasi

Sebagian besar jaringan tumbuhan dapat membedakan satu jaringan ke jaringan yang lain. Sedangkan sebagian besar jaringan hewan tidak mampu membedakan satu jaringan dengan jaringan yang lainnya.

7. Pertumbuhan

Sebagian besar jaringan tumbuhan mempunyai pertumbuhan tanpa batas sedangkan jaringan hewan memiliki pertumbuhan yang terbatas.

8. Peran

Sebagian besar jaringan tumbuhan berperan untuk memberikan dukungan mekanis pada tumbuhan. Sedangkan jaringan hewan berperan untuk mendukung berbagai gerakan yang dilakukan oleh hewan tersebut.

Demikian sedikit ulasan mengenai pengertian, macam-macam dan perbedaan dari Jaringan Tumbuhan.  Jaringan pada tumbuhan terdiri dari lima macam yaitu meristem, penyokong, dasar, pengangkut dan pelindung.

Meskipun sama-sama jaringan, tetapi antara jaringan tumbuhan dan hewan ada perbedaan dan keunggulannya masing-masing.

Originally posted 2019-09-19 11:08:08.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *