Pengertian Bahari

Sudah tahu, apa itu pengertian bahari? Mungkin kebanyakan orang sudah pernah mendengar kata bahari atau bahkan malah sering mengucapkannya seperti dalam wisata bahari. Apa sih yang muncul di benak Anda ketika mendengar kata bahari tersebut?

Lalu sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan bahari itu? Nah, untuk yang belum tahu tidak perlu khawatir, artikel di bawah ini akan menjelaskan mengenai pengertian bahari lengkap dengan definisi para ahli hingga jenis-jenisnya. Langsung disimak informasinya berikut ini.

Pengertian Khusus Bahari

Pengertian bahari secara khusus yaitu memiliki arti dahulu kala, tua sekali, kuno (contoh : zaman bahari = zaman dahulu kala).

Selain itu, bahari juga sering diartikan sebagai indah, mengenai laut, elok sekali, bahari atau yang dilindungi.

Sedangkan kebaharian memiliki makna segala sesuatu yang berhubungan dengan kelautan atau laut. Akan tetapi, sebenarnya bahari adalah nama lain dari kata laut itu sendiri.

Pengertian Bahari Secara Umum

Bahari biasanya diartikan sebagai kelautan yang merupakan sebagai suatu ilmu yang mengkaji tentang berbagai biota dan makhluk hidup di laut.

Biota laut tersebut nantinya akan dimanfaatkan menjadi usaha perikanan. Kelautan berasal dari kata laut yang memiliki arti hamparan air asin dalam jumlah yang luas atau banyak menggenangi serta membagi daratan atas benua (pulau).

Sedangkan bahari atau kelautan secara umum dapat diartikan kegiatan di wilayah laut yang mencakup dasar laut dan tanah di bawahnya. Termasuk juga permukaan laut dan kolam air, termasuk juga dengan wilayah pesisir serta pulau-pulau kecil.

Manfaat Laut Bagi Kehidupan Manusia

manfaat bahari

Membahas mengenai kata laut, perlu untuk diketahui bahwa hamparan air asin yang luas tersebut mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan makhluk hidup, termasuk manusia.

Beberapa manfaat diantaranya tidak pernah terpikirkan oleh manusia bahwa peranannya sangatlah penting bagi kehidupan. Apa saja manfaatnya? Langsung cek di bawah ini.

1. Penghasil Oksigen

Oksigen merupakan gas yang sangat dibutuhkan oleh manusia guna bernafas, tanpa zat ini maka akan mati.

Banyak para ahli yang sepakat bahwa 70% oksigen yang ada di bumi merupakan hasil dari laut. Zat tersebut dihasilkan oleh berbagai macam tumbuhan laut yang mempunyai klorofil seperti ganggang dan fitoplankton.

2. Mengurangi Efek Rumah Kaca dan Pemanasan Global


Manfaat laut bagi kehidupan manusia yang kedua ini hasilnya tidak terlihat wujudnya namun hasilnya dapat dirasakan.

Efek rumah kaca dapat menyebabkan pemanasan global yang mengakibatkan suhu permukaan bumi meningkat. Hal tersebut terjadi akibat banyaknya gas rumah kaca seperti metana, ozon, karbondioksida dan masih banyak lagi lainnya.

Adanya tumbuhan ganggang dan fitoplankton di laut yang dapat berfotosintesis dapat mengurangi efek rumah kaca serta pemanasan global.

Sebab organisme laut tersebut menyerap karbondioksida untuk melakukan fotosintesis dan kemudian akan melepaskan oksigen untuk manusia bernafas.

3. Sumber Pangan

Kelautan berkaitan dengan laut dan atau kegiatan di wilayah laut serta berbagai biota dan makhluk hidup di laut. Berbagai makhluk hidup laut seperti ikan, cumi-cumi, udang, rumput laut dan lain sebagainya.

Tumbuhan maupun hewan yang ada di laut mengandung banyak protein yang dapat dijadikan sebagai sumber pangan yang sangat penting bagi manusia. Kelautan juga menjadi sumber penghidupan bagi para pelayan.

4. Jalur Transportasi

transportasi laut

Laut dapat dijadikan sebagai jalur transportasi dengan menggunakan kapal laut. Dengan kapal laut maka dapat dijadikan sebagai cara yang paling mudah serta murah untuk mengangkut bahan pokok dan barang-barang lainnya.

Daya angkutnya pun dapat dibuat beragam mulai dari 1 hingga 2 orang sampai ribuan orang serta ratusan ribu ton barang-barang.

5. Tempat Rekreasi

Pasti ada yang sudah tidak asing lagi dengan wisata bahari, bukan? Wisata bahari adalah sebuah wisata yang tempatnya itu didominasi oleh perairan serta kelautan.

Wisata bahari ini sebagai kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga ekosistem alam berupa pantai dan lautan.

Jika Anda merasa capek dan jenuh karena kerja seharian penuh, dengan melakukan wisata bahari bisa menjadi penyegar pikiran. Pasti akan sangat menyenangkan, apalagi pergi bersama teman, keluarga dan orang-orang tersayang.

Nah bagi anda yang ingin mengetahui informasi tentang tempat wisata terbaru bisa kunjungi website https://sikidang.com.

Itulah pengertian bahari secara khusus dan umum hingga manfaat yang diberikan oleh laut bagi kehidupan manusia. Dengan menyimak sedikit ulasan di atas, semakin menambah wawasan Anda tentang pengertian bahari beserta manfaatnya yang begitu besar untuk kehidupan.


Leave a Comment