Pengertian Negara Berkembang Dan Maju

8 min read

Apa pengertian dari negara berkembang sebenarnya? Pasti sebagian besar sudah sering mendengar istilah negara maju dan berkembang ketika masih Sekolah Dasar. Sebenarnya jika ditelusuri lebih jauh tidak ada pengertian paten secara internasional negara berkembang. Namun umumnya pengertian negara berkembang ini didasarkan pada kondisi ekonomi, teknologi dan juga taraf hidup dalam sebuah negara.

Berbicara tentang negara maju dan negara berkembang, jika dilihat dari konteks ekonomi internasional, dapat diartikan sebagai pengelompokan negara-negara yang ada di seluruh  dunia. Penggolongan yang dilakukan tersebut didasarkan pada kesejahteraan dan kualitas hidup dari rakyatnya.

Negara maju merupakan negara yang mana rakyat atau warganya memiliki tingkat kemakmuran yang tinggi. Sedangkan untuk negara berkembang memiliki tingkat kemakmuran atau kesejahteraan yang bisa dikatakan sedang.

Untuk mengetahui lebih lengkap tentang negara berkembang dan maju, berikut akan disajikan beberapa ulasan tentang negara maju dan berkembang. Langsung saja inilah beberapa ulasannya.

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan diatas bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengategorikan sebuah negara. Agar tidak salah dalam mengartikan, tidak ada salahnya untuk mempelajari pengertian sebenarnya dari negara maju dan berkembang itu sendiri. Langsung saja berikut beberapa pengertian negara maju dan berkembang yang umum dipakai.

Definisi Negara Maju

Secara umum pengertian negara maju yaitu sebuah negara yang mana setiap rakyatnya menikmati standar hidup yang relatif tinggi. Selain itu mereka juga menikmati berbagai teknologi yang tinggi dan juga canggih serta kondisi ekonomi yang merata.

Kebanyakan negara maju memiliki tingkat GDP per kapita yang tinggi dibandingkan dengan negara berkembang. Namun tidak semuanya, karena beberapa negara mencapai GDP tinggi dengan mengeksploitasi sumber daya alam yang dimiliki.

Beberapa contoh negara yang masuk dalam kategori negara maju yaitu Jepang, Amerika Serikat, Jerman, Korea Selatan, Cina, dan masih banyak lagi. Beberapa negara yang maju tersebut mengembang sektor industrinya untuk meningkatkan pendapatan rakyatnya.

Definisi Negara Berkembang

Berbeda dengan pengertian dari negara maju diatas, pengertian negara berkembang ini relatif berbanding terbaik dengan kondisi di negara maju. Di negara berkembang umumnya rata-rata pendapat penduduknya masih tergolong sangat rendah. Selain itu sektor yang paling di tekanan di sini adalah memanfaatkan sumber daya alam untuk mencukupi kebutuhan dan diri sendiri. Teknologi yang digunakan untuk aktivitas sehari-hari juga masih sangat tradisional.

Definisi Negara Berkembang Menurut Ahli

Tidak hanya itu saja, kemampuan dalam membeli pelayanan kesehatan seperti obat-obatan masih sangatlah rendah. Beberapa contoh negara negara berkembang seperti Indonesia, Thailand, India, Vietnam dan masih banyak lagi. Sedangkan beberapa pengertian negara berkembang menurut ahli yang juga menguatkan pengertian diatas, yaitu

1. Maluyu S.P. Hasibuan

Negara berkembang merupakan sebuah negara yang mana struktur ekonominya sama sekali belum berkembang sebagaimana yang telah direncanakan. Negara yang masuk dalam kategori negara berkembang belum mampu memanfaatkan semua faktor produksi yang dimiliki. Sehingga tidak heran jika tingkat kesejahteraan dan kemakmuran negara yang satu ini masih sangatlah rendah.

2. Ragnar Nurkse

Negara berkembang adalah sebuah negara yang bisa dikatakan sedang membangun jika dibandingkan dengan negara-negara yang maju. Umumnya negara yang masuk dalam kategori berkembang memiliki sedikit modal dibandingkan dengan jumlah penduduk dan sumber daya alam yang dimiliki.

3. Harvey Leibenstein

Negara berkembang adalah suatu negara yang mana sumber-sumber ekonomi, penduduk, teknologi, dan lain sebagainya dapat berubah. Meski begitu pendapatan per kapita nya dalam setahun masih dalam kondisi stabil.

Indikator Negara Maju Dan Berkembang

Seperti yang diketahui bahwa ada indikator yang digunakan untuk menentukan sebuah negara masuk dalam kategori negara berkembang atau maju. Berikut beberapa indikator negara berkembang dan maju, antara lain.

1. Pendapatan Per kapita

Perlu diketahui pendapatan per kapita merupakan salah satu indikator terpenting dalam mengukur kesejahteraan dan kualitas hidup rakyat dalam suatu negara. Sebuah negara masuk dalam kategori maju apabila pendapatannya tinggi. Namun perlu diperhatikan, meskipun pendapatan perkapita tinggi hal tersebut bukan menjadi penentu kemakmuran suatu negara. Jadi pendapatan per kapita yang tinggi ini bukan jadi patokan utama.

2. Tingkat Pengangguran

Indikator selanjutnya yang juga membedakan antara negara maju dan berkembang adalah seberapa besar tingkat pengangguran di negara tersebut. Umumnya di negara maju tingkat pengangguran nya sangatlah rendah. Hal tersebut berbanding terbalik dengan negara berkembang yang mana tingkat pengangguran nya cukuplah tinggi.

3. Jumlah Penduduk Miskin

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengukur tingkat kesejahteraan rakyat dalam sebuah negara yaitu dilihat dari angka kemiskinannya. Sebuah negara yang dikatakan makmur atau sejahtera umumnya jumlah rakyat yang hidup miskin sangatlah rendah.

3. Angka Kematian Bayi Dan Ibu Melahirkan

Salah satu ciri yang membedakan antara negara maju dan berkembang adalah angka kematian bayi da ibu melahirkan. Umumnya di negara maju tingkat atau angka kematian bayi dan ibu melahirkan cukup rendah. Hal tersebut bisa terjadi karena penduduk di negara maju mampu membelikan makanan yang bergizi. Selain itu di negara maju juga mampu memberikan pelayanan kesehatan yang yang mencukupi.

Tentu saja hal tersebut berbeda dengan negara berkembang yang tidak mampu membeli makanan yang bergizi dan pelayanan kesehatan yang mencukupi. Hal tersebut terjadi karena rakyatnya mendapatkan pendapatan yang rendah setiap bulannya.

4. Angka Melek Huruf

Satu lagi indikator yang umum dipakai dalam mengukur negara maju dan berkembang adalah melihat dari angka melek hurufnya. Seperti yang diketahui bahwa angka melek huruf menunjukkan jumlah penduduk yang dapat membaca dan menulis dalam sebuah negara. Sebuah negara bisa dikatakan maju apabila angka melek hurufnya tinggi atau angka buta huruf rendah. Hal tersebut berbanding terbalik dengan negara berkembang.

Selain 4 indikator yang disebutkan sebelumnya, masih ada beberapa indikator lain yang digunakan untuk menentukan sebuah negara maju atau berkembang. Beberapa indikator tersebut antara lain taraf pendidikan, usia hidup yang diharapkan, jaminan kesehatan dan masih banyak lagi.

Ciri-Ciri Negara Maju Dan Berkembang

Sebuah negara dikatakan maju atau berkembang ketika memiliki ciri-ciri tertentu. Selain indikator yang bisa dipakai patokan, umumnya di negara maju juga memiliki ciri-ciri tersendiri. Apa saja ciri-cirinya? berikut ulasan lengkapnya

Karakteristik Negara Maju

  1. Sektor pertanian termasuk peternakan, dan juga perikanan digunakan untuk industrialisasi, dijual dan diekspor.
  2. Kegiatan ekonomi yang dilakukan sudah menggunakan sarana dan prasarana yang modern dan canggih sehingga lebih efektif dan efisien.
  3. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat menunjang sektor industrialisasi sehingga dapat berjalan secara cepat.
  4. Pendapatan rata penduduknya tinggi
  5. Pendidikan dan keterampilan penduduk tinggi
  6. Angka harapan hidup tinggi
  7. Tidak tergantung dengan sumber daya alamnya

 Karakteristik Negara Berkembang

  1. Sektor pertanian dan juga peternakan hanya mampu mencukupi kebutuhan keluarga dan diri sendiri.
  2. Aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat masih menggunakan sarana dan prasarana yang tradisional.
  3. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi masih sangat rendah atau lamban.
  4. Pendapatan rata-rata relatif rendah
  5. Sifat penduduk yang masih ketergantungan atau kurang mandiri.
  6. Sangat tergantung dengan sumber daya alamnya
  7. Tingkat pertumbuhan penduduknya tinggi
  8. Angka harapan hidup yang masih rendah

Ada banyak sekali di dunia negara yang masuk dalam kategori negara maju dan juga berkembang. Bagi yang belum tahu, langsung saja berikut beberapa contoh negara maju dan berkembang di dunia.

Contoh Negara Maju

1. Jepang

Tahukah Anda bahwa negara Jepang merupakan salah satu negara maju yang ada di benua Asia. Jepang sendiri terletak di kawasan Asia Timur tepatnya di sebelah timur daratan Semenanjung korea.

Jika dilihat secara astronomi negara ini berada di antara 30oLU – 46oLU dan 128o BT – 179oBT. Luas dari negara Jepang sendiri sekitar 377.837 km2.. Beberapa kemajuan yang dimiliki oleh negara Jepang yaitu kemajuan di bidang pertanian dan bidang perikanan dan peternakan. Selain itu Jepang juga maju dalam bidang industri.

2. Belanda

Contoh negara maju selanjutnya adalah negara Belanda. Seperti yang diketahui bahwa negara Belanda ini memiliki standar pendidikan yang tinggi dan sangat baik. Karena bagusnya standar pendidikan di negara ini tidak heran jika belanda selalu dijadikan standar literasi bagi negara-negara lain di dunia.

Selain itu jika dilihat dari segi ekonomi, masyarakat di negara Belanda memiliki kondisi ekonomi yang sangat stabil. Karena kesejahteraan dan kemakmuran masyarakatnya tersebut, tidak heran jika Belanda masuk dalam kategori negara termaju di dunia.

3. Amerika Serikat

Satu lagi contoh negara maju yang mungkin sudah banyak diketahui. Sudah bukan rahasia umum lagi jika negara Amerika Serikat merupakan salah satu negara yang masuk dalam kategori negara maju di dunia. Amerika Serikat sendiri merupakan sebuah negara yang terletak di kawasan benua Amerika Utara.


Sama halnya dengan Jepang, negara Amerika Serikat juga memiliki kemajuan dalam berbagai bidang. Beberapa bidang tersebut seperti bidang pertanian, peternakan dan perikanan, pertambangan, dan perindustrian. Karena masuk dalam kategori negara maju, masyarakat di negara Amerika Serikat ini cenderung sangat sejahtera dan makmur.

Contoh Negara Berkembang

1. Brasil

Brasil merupakan salah satu negara berkembang di Amerika tepatnya di wilayah Amerika Selatan. Negara yang memiliki luas mencapai 8.547.404 km2 ini umumnya mayoritas penduduknya masih tinggal di daerah pedesaan. Dengan kondisi perekonomian yang masih tradisional tersebut, tingkat pendapatan masyarakat Brasil sendiri masih tergolong rendah.

Sebenarnya jika dilihat dari bidang perekonomian, Brasil terus menunjukkan peningkatan pendapatan per kapita hampir di setiap tahunnya. Pendapatan yang didapat tersebut disupport oleh kegiatan perekonomian Negara Brasil dari berbagai macam sektor. Sektor tersebut seperti pertanian, kehutanan, perikanan, pertambangan, perindustrian dan juga perdagangan.

2. Mesir

Mesir merupakan salah negara berkembang di Afrika yang memiliki tingkat pendapatan cukup rendah. Bagi yang belum tahu, Mesir adalah negara terbesar yang ada di wilayah Afrika utara tepatnya di antara 22oLU – 32oLU dan 25oBT – 36oBT., Mesir memiliki luas sekitar 997.739 km2yang mana wilayah tersebut didominasi gurun yang tidak layak dijadikan tempat tinggal.

Karena kondisi tersebutlah banyak penduduknya yang memusatkan diri di wilayah lembah sungai Nil. Dengan kondisi sebagian besar gurun tersebut, banyak penduduknya yang memilih untuk hidup nomaden sehingga membuat kondisi perekonomian yang tidak stabil. Meski memiliki banyak cadangan devisa, pendapatan per kapita penduduknya hanya mencapai 1.350 US dollar saja.

3. Indonesia

Seperti yang diketahui Indonesia merupakan salah satu negara berkembang di Asia. Negara Indonesia sendiri berada di kawasan asia tenggara. Negara yang terdiri dari beberapa pulau ini memiliki tingkat pendapatan rata-rata yang masih terbilang cukup rendah. Perlu diketahui perekonomian Indonesia beberapa tahun terakhir memang kurang begitu stabil.

Namun meski begitu pemerintah Indonesia selalu berusaha untuk membuat sebuah kebijakan yang dapat mengurangi kemiskinan. Salah satu kebijakan yang sekarang ini sudah diterapkan adalah kebijakan subsidi silang. Subsidi silang tersebut diterapkan pada harga BBM yang mana pemerintah membuat harga minyak tanah lebih rendah dibanding bensin.

4. Tonga

Tonga merupakan salah satu negara berkembang di australia atau oceania. Tonga sendiri merupakan sebuah negara yang berbentuk kerajaan yang terletak di Samudera Pasifik bagian selatan. Perlu diketahui, Tonga adalah sebuah negara kepulauan yang terdiri dari 177 pulau yang mana hanya 6 pulau saja yang dihuni.Wilayahnya sendiri terbentang lebih dari 5000 mil dari garis utara dan selatan.

Meski tergolong negara berkembang, Tonga juga memiliki hasil bumi yang diunggulkan. Hasil dari sektor pertanian yang diunggulkan seperti kelapa dan pisang.

5. Albania

Satu lagi negara berkembang di Eropa yang perlu diketahui adalah Albania. Albania sendiri berbatasan dengan Montenegro dan Serbia. Alasan Albania disebut sebagai negara berkembang yaitu karena jumlah penduduknya yang mencapai 3.600.000 jiwa. Sedangkan untuk jumlah pendapatan per kapitanya sekitar $4.937.

Masalah Ekonomi Negara Berkembang

Indonesia merupakan salah satu negara berkembang. sama halnya dengan negara berkembang pada umumnya, Indonesia juga menjadi beberapa masalah di negara berkembang pada umumnya. Berikut ini beberapa masalah ekonomi yang sering menjadi kendala pada negara berkembang.

1. Kemiskinan

Kemiskinan merupakan masalah ekonomi yang selalu muncul di negara-negara berkembang. Namun perlu diketahui bahwa masing-masing negara memiliki ukuran batas kemiskinan yang tidaklah sama. Indonesia sendiri, masalah kemiskinan ini sudah coba untuk ditanggulangi oleh pemerintah Indonesia. Dari tahun ke tahun pemerintah Indonesia selalu berusaha untuk menurunkan kemiskinan dan persentase penduduk miskin.

Salah satu cara yang dipilih pemerintah Indonesia untuk mengatasi masalah kemiskinan yaitu penerapan subsidi silang dengan menetapkan harga BBM. Kebijakan yang dipilih pemerintah tersebut yaitu dengan mengatur harga bensin yang lebih tinggi dibandingkan dengan minyak tanah.

2. Pengangguran

Seperti yang diketahui, pengangguran merupakan salah satu masalah yang selalu dihadapi oleh negara berkembang di dunia. Umumnya masalah pengangguran ini timbul karena adanya ketimpangan antara jumlah angkatan kerja dengan jumlah lapangan kerja yang tersedia. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Perlu diketahui bahwa ketimpangan tersebut bisa terjadi karena adanya masa transisi.

3. Kekurangan Modal

Kekurangan modal menjadi masalah selanjutnya yang hampir dihadapi semua negara berkembang di dunia. Perlu diketahui bawah kekurangan modal dalam sebuah negara tidak hanya menghambat percepatan pembangunan. Tetapi juga menyebabkan kesulitan negara tersebut lari dari masalah kemiskinan. Perkembangan zaman yang semakin berkembang akan membuat sebuah negara membutuhkan modal yang besar untuk membangun negaranya.

4. Ketidakmerataan Hasil Pembangunan

Satu lagi masalah ekonomi yang juga dihadapi negara berkembang adalah masalah ketidakmerataan hasil pembangunan. Ketidakmerataan atau ketimpangan tersebut terjadi karena kondisi perekonomian yang cenderung tidak stabil. Selain itu ketimpangan tersebut juga disebabkan oleh sistem ekonomi yang terlalu terpusat pada negara sehingga potensi daerah kurang diperhatikan.

Perbedaan Negara Maju Dan Berkembang

Ada beberapa perbedaan negara maju dan berkembang yang dapat anda ketahui. Perbedaan tersebut dapat anda jadikan acuan untuk mengetahui apa perbedaan dari keduanya. Berikut adalah perbedaannya.

1. Tingkat kemakmuran

Jika dilihat dari tingkat kemakmuran, negara maju lebih makmur dan sejahtera hidupnya. Tidak seperti negara berkembang yang masih mulai melakukan kegiatan peningkatan negara di berbagai sektor. Perbedaan dari keduanya terlihat mencolok jika membahas dari segi industri. Negara maju memiliki sektor industri yang tinggi dan produksinya pun sudah sangat canggih. Bandingkan dengan negara berkembang yang masih memerlukan bantuan mesin dari luar negeri untuk melakukan kegiatan industri.

2. Jumlah pendapatan per kapita

Jumlah pendapatan per kapita dapat dibedakan dari maju tidaknya suatu negara itu. Jika negara itu masuk dalam kategori maju, dapat dikatakan bahwa nilai pendapatan per kapita nya sangatlah besar. Tidak seperti negara berkembang yang masih berjuang di belakang negara maju.

3. Tingkat buta huruf

Negara maju memiliki arti bahwa tidak hanya tatanan negaranya saja yang maju, melainkan sumber daya manusianya juga. Sumber daya manusia yang mengalami buta huruf pada negara maju cenderung lebih sedikit dibandingkan negara berkembang. Hal ini tentu disebabkan oleh faktor lingkungan dan fasilitas di wilayah negara tersebut.

4. Segi Infrastruktur

Jika dilihat dari segi infrastruktur, sudah jelas bahwa negara maju berada di posisi yang paling depan. Tingkat kesehatan dan keamanan di negara maju selalu diperhatikan. Itu mengapa, rakyat tidak perlu risau lagi dengan kericuhan karena penjagaan di negara itu sangatlah ketat. Sedangkan, di negara berkembang, pemerintah masih berupaya untuk memperbaiki infrastruktur negaranya menjadi lebih tertata lagi.

5. Sektor pendapatan

Jika di negara maju sektor pendapatan yang cukup tinggi adalah dalam sektor industri. Sangat berbeda dengan negara berkembang yang cenderung memperoleh pendapatan dari sektor jasa. Bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan negara maju sudah memiliki teknologi yang canggih dan inisiatif di bidang industri.

6. Penggunaan Sumber daya

Biasanya, kenyataan yang umum terjadi di lapangan adalah bahwa sumber daya baik alam maupun manusia merupakan aset bagi negara maju. Mereka akan memproduksi sumber daya dari apa yang ia peroleh dari negara berkembang. Sedangkan, di negara maju, sumber daya hanya bisa dimanfaatkan saja, tidak untuk diproduksi secara masal.

7. Tingkat kelahiran dan kematian

Berbicara mengenai tingkat kelahiran dan kematian setiap tahunnya, negara maju hanya memiliki tingkat yang rendah. Dibandingkan dengan negara berkembang, tingkat kelahiran dan kematiannya cukup tinggi. Hal ini dikarenakan ada banyak rakyat yang masih belum terpenuhi kebutuhannya.

8. Standar hidup

Standar hidup masyarakat di negara maju cenderung lebih modern dan terbuka. Tentu, hal ini juga disebabkan oleh perkembangan zaman yang cukup pesat dengan era digital nya. Tidak seperti negara maju yang sebagian dari rakyatnya adalah moderat.

Untuk mengetahui lebih detail lagi tentang negara maju dan berkembang Anda juga bisa melihat nya melalui peta dunia negara maju dan berkembang.

Melalui peta tersebut Anda bisa melihat mana saja negara yang masuk dalam kategori negara berkembang dan negara maju. Itulah beberapa informasi seputar negara berkembang mulai dari ciri-ciri, perbedaan hingga contohnya. Semoga informasi diatas bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang negara berkembang.

Originally posted 2019-05-05 20:47:07.


Pengertian Badan Usaha

admin-yusron
9 min read

Pendapatan Nasional

admin-yusron
4 min read

Pengertian Pemasaran

admin-yusron
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *