Pengertian Komunikasi

Definisi Umum Komunikasi

Pengertian komunikasi merupakan proses pengiriman dan penerimaan berbagai informasi ataupun pesan antara dua individu atau lebih secara mudah, efektif dan efisien.

Definisi Komunikasi Menurut KBBI

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) disebutkan bahwa Komunikasi merupakan pengiriman atau penerimaan berita dan pesan dari dua orang atau lebih agar pesan tersebut dapat dipahami dengan mudah.

Komunikasi sering juga disebut sebagai suatu usaha yang dilakukan guna membangun serta mempertahankan hubungan interpersonal.

Adapun definisi komunikasi menurut ahli, Lexicographer menyebutkan bahwa komunikasi merupakan upaya yang bertujuan untuk mencapai kebersamaan. Jika dua orang sedang melakukan komunikasi, maka memiliki pemahaman yang sama antara pengirim dan penerima menjadi tujuan dari komunikasi itu sendiri.

Baca juga : Pengertian Puisi Menurut Ahli, Jenis-Jenis dan Kelebihan Kekurangannya

Interpersonal Communications merupakan sebuah proses pertukaran informasi atau pemindahan pengertian antara dua individu atau lebih dalam kelompok kecil. Sedangkan Organization Communicationsadalah sebuah proses penyampaian pesan secara sistematis untuk memberikan informasi dan memindahkan pengetahuan kepada anggota organisasi.

Fungsi Komunikasi dalam Kehidupan Sehari-hari

Dilihat dari definisi komunikasi, ia akan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh setiap individu atau kelompok dalam mengambil keputusan dengan meneruskan berita untuk menilai pilihan yang akan dibutuhkan.

Jika difungsikan sebagai kendali, komunikasi berperan untuk mengendalikan tingkah laku manusia atau anggota organisasi dengan menggunakan beberapa cara yang harus dipatuhi setiap pihak. selain itu, komunikasi juga dapat difungsikan sebagai motivasi yaitu untuk berbagai penjelasan yang dilakukan oleh seorang motivator.

Tujuan Berkomunikasi bagi Manusia

Setiap individu memiliki beberapa tujuan tersendiri dalam melakukan komunikasi. Yang pertama adalah komunikasi dilakukan untuk mempermudah proses penyampaian dari pengirim ke penerima. Oleh kerananya, komunikator harus menjelaskan pesan utama atau berita utama dengan sedetail mungkin. Selanjutnya, komunikasi juga bertujuan untuk mempermudah seseorang dalam memahami berita.

Setiap individu akan memahami individu yang lain memggunakan kemampuan mendengarkan apa yang sedang orang lain bacakan. Agar pendapat kita dapat diterima oleh orang lain, komunikasi secara persuasif merupakan cara yang digunakan agar gagasan kita dapat diterima oleh orang lain.

Syarat-syarat Dalam Komunikasi

Syarat yang pertama dalam berkomunikasi adalah source yaitu sumber. Maksudnya adalah sumber atau bahan dasar yang memperkuat pesan yang akan disampaikan seperti orang, lembaga, buku dan lain sebagainya. Syarat kedua adalah komunikator yaitu pelaku yang menyampaikan pesan baik melalui berbicara, menulis secara individu ataupun kelompok.

Baca juga : Pengertian Majas, Fungsi, dan Jenis-Jenis Majas

Selanjutnya adalah komunikan atau penerima pesan dalam sebuah komunikasi yang berbentuk seseorang ataupun keolmpok organisasi. Pesan yang disampaikan serta saluran apa yang digunakan juga menjadi syarat berkomunikasi yang tidak bisa terlewatkan.

Model Komunikasi Menurut Pakar

a. Model S-R (Stimulus-Respon)

Dalam pengertian komunikasi, model s-R ini menjadi model komunikasi yang paling dasar dan dipengaruhi oleh disiplin ilmu Psikologi yang beraliran behavioristik.

Model ini menunjukkan bahwa komunikasi sebagai aksi reaksi yang sangat sederhana. Contohnya adalah ketika seorang laki-laki berkedip kepada wanita sehingga membuatnya tersipu, maka pola tersebut sudah termasuk dalam model stimulus respon.

b. Model Aristoteles

Jenis ini menjadi model komunikasi yang paling klasik dan sering disebut sebagai model retoris. Dalam hal ini komunikasi akan terjadi ketika seorang pembicara mengkomunikasikan kepada khalayak dalam rangka mengubah sikap pendengar.

Dalam model ini, biasanya pembicara akan mengungkapkan tiga unsur dalam proses komunikasi yaitu pembicara, pendengar dan pesan yang disampaikan.

c. Model Lasswell

Model ini adalah ungkapan verbal yang memiliki tiga fungsi komunikasi yaitu pengawasan lingkungan dan kolerasi berbagi yang terpisah dalam tatanan masyarakat.


Pendapat ini juga menyatakan bahwa setiap komunikasi tidak selalu berjalan dua arah. Komunikasi masda dinyatakan sebagai salah satu model komunikasi yang hanya berjalan satu arah dan dapat digunakan untuk menyampaikan pesan.

Media dalam Komunikasi

Media merupakan sarana yang digunakan sebagai perantara dalam menyampaikan pesan dari pengirim ke penerima. Beberapa ahli juga berpendapat bahwa dalam sebuah komunikasi, media yang paling dominan dalam berkomunikasi yaitu panca indera manusia dari mata hingga telinga.

Adapun pesan yang sudah diterima oleh panca indera akan diproses dalam pikiran untuk menentukan sikapnya terhadap sesuatu sebelum melakukan tindakan. Media yang digunakan juga terbagi menjadi beberapa bagian.

Dalam media antar pribadi, media yang paling tepat untuk digunakan adalah kurir, surat ataupun telepon. Sedangkan dalam media kelompok, media yang paling tepat untuk digunakan adalah rapat, seminar, ataupun konferensi. Rapat biasanya  digunakan untuk membahas berbagai hal yagn sifatnya penting yang dilakukan dalam suatu organisasi.

Baca juga : Pengertian Pendidikan Menurut Ahli & KBBI, Jenis dan Kelebihan Kekurangan

Seminar merupakan media komunikasi yang dilakukan dalam sebuah kelompok dengan jumlah anggota yang besar. Sedangkan konferensi merupakan media komunikasi untuk anggota atau pengurus organisasi tertentu.

Sedangkan dalam media publik merupakan media komunikasi yang dihadiri oleh pengunjung dalam jumlah besar seperi rapat akbar dan sejenisnya. Selanjutnya adalah media masa yang merupakan khalayak besar tanpa perlu menngetahui keberadaan mereka seperti surat kabar, televisi, radio dan lain sebagainya.

Dan yang terakhir adalh penerima yaitu pihak yang menjadi sasaran utama dalam penyampaian pesan. Penerima pesanini dapat berupa individu, kelompok, partai ataupun negara.

Jenis-Jenis Komunikasi

Ada banyak macam komunikasi, antara lain:

a. Komunikasi Lisan

Komunikasi lisan merupakan pemberian makna komunikasi yang terjadi secara langsung serta tidak memiliki batas atau jarak. Contoh dalam komunikasi lisan ini adalah rapat, wawancara, atau dua orang yang sednag melakukan percakapan.

b. Komunikasi tertulis

Komunikasi ini sangat marak dalam komunikasi masa kini melalui media sosial. Contoh lain yang menggunakan media ini adalah naskah, gambar dengan berbgai tulisan, ataupun spanduk yang biasa digunakan untuk menyampaikan sesuatu. Dalam  komunikasi tertulis ini, sebaiknya anda mempertimbangkan tujuan komunikasi tersebut dilakukan. Selain itu, anda juga harus mempertimbangkan apakah tullisan tersebut dapat dipahami atau tidak.

c. Komunikasi Menurut Maksud Komunikasi

Dalam berkomunikasi harus terdapat komunikator. Setiap pemberi informasi harus mempertimbangkan untuk apa pesan tersebut disampaikan. Apakah untuk berpidato, memberi saran, ceramah, wawancara dan lain sebagaiya. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa komunikator merupakan faktor terpenting dalam proses komunikasi.

d. Komunikasi Berdasarkan Ruang Lingkup

Yang pertama adalah komunikasi internal dimana komunikasi ini terjadi dalam lingkup organisasi dan terjadi antara individu dengan kelompok tersebut. komunikasi ini terbagi atas tiga jenis yaitu komunikasi vertikal yang terjadi dalam bentuk atasan kebawahan. Kemudian komunikasi horizontal adalah komunikasi yang bersifat sejajar.

Dan yang terakhir adalah komunikasi diagonal yang biasanya terjadi dalam lingkup kantor atau perusahaan. Selanjutnya adalah Komunikasi Eksternal yang terjadi antara organisasi dengan organisasi atau organisasi dengan masyarakat dalam berbagi bentuk seperti pameran, konferensi pres dan lain-lain.

Komunikasi Menurut Aliran Informasi

Dalam komunikasi ini, ada beberapa arah penyampaian yang harus diketahui. Nah arah informasi atau penyampaian inilah yang menentukan macam atau jenis komunikasi yang terjadi.

Yang pertama adalah komunikasi satu arah, dimana informasi hanya berasal dari satu pihak saja. Umumnya, komunikasi ini terjadi dalam keadaan darurat atau karena sistem yang digunakan dalam organisasi tersebut, seperti informasi dari guru terhadap murid dan lain sebagainya.

Baca juga : Pengertian Manajemen Menurut Ahli, Jenis, Fungsi, Contoh

Selanjutnya adalah komunikasi dua arah, dimana dalam komunikasi ini teradi timbal balik dankduanya terlibat dalam memberikan informasi atau respon terhadap lawan bicara. Selain itu, terdapat juga komunikasi ke atas dan ke bawah.  Arti Komunikasi keatas terjadi dari bawahan kepada atasan dan sebaliknya untuk komunikasi ke bawah.

Beberapa hal diatas merupakan pengertian komunikasi dan berbagai hal penjungangsperti syarat, ubsur dan tujuan komunikasi yang harus anda ketahui. Yang pastim tujuan utama dari diadakanya komunikasi adalah untuk menyampaikan berbagai pesan dai pengirim kepada penerima.

Originally posted 2018-08-04 14:12:39.

Leave a Comment