Contoh surat izin pastinya banyak sekali dibutuhkan untuk membuat surat izin sebenarnya dalam dunia nyata. Dalam keadaan tertentu, pastinya kita membutuhkan untuk tidak masuk sejenak dalam kesibukan kita.

Entah itu kuliah, kerja, maupun sekolah. Alasan tidak masuk tersebut bisa berbagai macam hal, bisa karena sakit, bisa karena ada acara keluarga atau karena hal-hal lain yang sifatnya mendesak dan tidak bisa ditinggal.

Surat izin ini sangat penting sekali, di dunia pendidikan apabila seseorang terlalu banyak bolos atau alpha, maka orang tersebut bisa-bisa tidak boleh mengikuti ujian.

Hasilnya nilai akan jeblok, kemungkinan terburuk lainnya adalah harus mengulang mata kuliah di semester selanjutnya atau bahkan tidak naik kelas bagi seorang siswa.

Bagi pekerja, apabila membolos atau tidak masuk, maka akan diberlakukan sistem potong gaji. Hal tersebut pastinya adalah dampak buruk yang tidak diinginkan oleh Anda bukan?

Pada kesempatan kali ini, akan dibahas mengenai cara membuat surat izin yang baik dan sopan. Namun sebelum meminta izin untuk tidak masuk, ada baiknya Anda meyakinkan diri Anda apakah Anda memang sebaiknya tidak masuk atau Anda hanya sedang malas untuk masuk saja.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Surat Izin

Ada banyak sekali hal yang harus diperhatikan sebelum membuat surat izin. Mulai dari kaidah bahasa yang digunakan, tanda baca dan lain sebagainya. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam menulis surat izin.

1. Perhatikan kaidah bahasa yang digunakan

Contoh surat permohonan izin

Contoh surat permohonan izin

Dalam menulis surat izin, bahasa yang harus digunakan adalah bahasa Indonesia baku yang baik dan benar. Anda tidak mungkin menulis surat izin menggunakan bahasa yang slengekan apalagi yang terkesan tidak formal.

Surat izin ini akan Anda tujukan kepada dosen, kepada HRD maupun kepada guru Anda yang posisinya jauh lebih tinggi dari Anda. Oleh karena itu, Anda harus menggunakan bahasa Indonesia demi kesopanan dan keformalan pesan.

2. Gunakan kata sapa yang tepat

contoh surat izin tidak masuk kerja

contoh surat izin tidak masuk kerja

Awalan kata sapa dalam memulai sebuah surat izin adalah YTH (yang terhormat) kemudian dilanjutkan dengan nama yang dituju. Penulisan yang salah adalah Kepada yang Terhormat.

Hal ini mungkin terlihat sepele, namun sebenarnya hal semacam ini mencerminkan profesionalitas Anda. Jika masih ragu-ragu dengan penulisan yang terhormat dan lain sebagainya, Anda bisa melihat contoh surat izin kerja di Internet.

3. Tuliskan alasan tidak masuk secara jelas

contoh surat izin sakit

contoh surat izin sakit

Hal ini sifatnya adalah wajib, sebab tidak mungkin Anda melampirkan surat izin jika alasannya tidak jelas. Alasan selain jelas juga harus masuk akal.

4. Lampirkan surat keterangan dokter bila sakit

contoh surat izin tidak masuk sekolah

contoh surat izin tidak masuk sekolah

Jika alasan Anda tidak masuk kerja atau kuliah adalah karena Anda sakit, maka Anda harus melampirkan surat keterangan sakit resmi dari dokter yang telah memeriksa Anda.

Di dunia perkuliahan atau sekolah, surat keterangan dokter ini bisa disusulkan beberapa hari kemudian. Namun di dunia kerja, surat keterangan dokter ini kadang harus ada sebagai bukti nyata kalau Anda memang benar-benar sakit.

Oleh karena itu, jika Anda merasa sakit, maka Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter. Jangan menunda memeriksakan diri, sebab hal itu malah akan mengganggu pekerjaan Anda jika sakit semakin parah dan semakin lama dalam proses penyembuhan.

5. Tuliskan jangka waktu tidak masuk dan tepati jadwal tersebut

contoh surat izin sekolah

contoh surat izin sekolah

Melampirkan surat surat izin tidak masuk kuliah bukan berarti setelahnya Anda bebas tidak masuk sampai berhari-hari apalagi berminggu-minggu.

Misalnya saja, keperluan Anda 3 hari, maka Anda harus menuliskan 3 hari di dalam surat izin Anda. Jika ternyata Anda tidak masuk melebihi 3 hari dari yang tertulis di surat izin Anda, maka Anda akan terhitung absen atau alpha.

6. Surat izin sebaiknya di tulis tangan bagi siswa dan mahasiswa

Contoh surat izin kuliah

Contoh surat izin kuliah

Hal ini supaya membuktikan bahwa yang bersangkutan sendirilah yang menulis surat izin tersebut. Sementara itu, bagi pekerja, surat izin tidak masalah jika memang harus diketik.

Contoh Surat Izin

Surat Izin Sekolah Karena Sakit

Berikut ini adalah contoh surat izin tidak masuk sekolah dari orang tua murid karena sakit

Yogyakarta, 19 Maret 2018

Yth.

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI-B

SMKN 2 Pasar Minggu

 

Dengan hormat,

Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari :

 

Nama   : Mahendra Datta

Siswa   : Kelas XI-A. SMAN 1 Yogyakarta

Alamat : Jl. Wahid Hasyim No. 19, Yogyakarta

 

Ingin memberitahukan bahwa pada hari ini Kamis 19 Maret 2018 anak saya yang telah disebutkan di atas tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa, dikarenakan sakit. Dengan datangnya surat ini, kami memohon kepada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI-A agar memberikan izin.

 

Demikian yang dapat kami sampaikan. Kurang dan lebihnya kami harap maklum. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih banyak.

 

Hormat Kami

Orang Tua / Wali Murid

Rijal Janggara

Surat Izin Sekolah ada Acara Keluarga

Sementara itu, ini adalah contoh surat izin tidak masuk sekolah karena ada acara keluarga.

Depok 12 Mei 2018

Yth.

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI IPA

SMA Negeri 2 Depok

 

Dengan hormat,

Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari :

 

Nama   : Riana Ferania

Siswa   : Kelas XI IPA. SMA Negeri 2 Depok

Alamat : Jl. Jendra Miftah No. 11 Depok

 

Ingin memberitahukan bahwa pada, Senin 17 Mei 2018 besok anak kami tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa, dikarenakan ada acara keluarga yang tidak dapat anak kami tinggalkan. Dengan datangnya surat ini ini kami memohon untuk pada Bapak/Ibu Guru Wali kelas XI IPA agar memberikan izin.

 

Demikian surat izin saya buat. Atas pemberian izin dan perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih banyak.

 

Hormat kami,

Orang tua / Wali murid

Rolland La Uda

Surat Izin Kerja

Di bawah ini adalah contoh surat izin tidak masuk kerja.

Yogyakarta, 4 Januari 2018

 

Hal    : Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja

Yang terhormat,

Kepala Bagian Personalia

Angkasa Jaya

Jalan Padi Kapas No. 8 Yogyakarta

 

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama Lengkap            :  Bayu Sedana

Alamat                         :  Jalan Timoho Km 8 Caturtunggal No 15 Yogyakarta

Jabatan                        : Staff Akuntansi PT. Angkasa Pura

 

Dengan datangnya surat ini saya memberitahukan bahwa pada hari Kamis, 5 Januari saya tidak dapat masuk kerja seperti biasanya dikarenakan ada kepentingan keluarga yang sangat mendesak.

Demikian surat izin saya sampaikan dengan sebenar-benarnya. Atas perhatiannya saya  ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

Bayu Sedana

 

Itulah tadi beberapa contoh surat izin yang bisa Anda jadikan sebagai referensi untuk menulis surat izin demi keperluan Anda sendiri.

Tulislah surat izin dengan sebenar-benarnya agar Anda tidak terbawa dengan kebiasan berbohong. Komunikasikan juga pada HRD dan teman kantor minimal satu hari sebelumnya bahwa keesokan hari Anda berencana untuk tidak masuk kerja.