Cara Membuat Essay dengan Mudah dan Benar

1 min read

langkah membuat teks essay

Cara Membuat Essay dapat dilakukan dengan mudah dan benar. Essay merupakan bagian dari karya tulis yang bersifat subjektif artinya, isi dari essay merupakan pemikiran penulis.

Teks essay sudah ada sejak lama sekitar 1500 yang dipelopori oleh Montaigne seorang filsuf Perancis. Essay mulai dikenalkan di Indonesia oleh HB Jassin melalui beragam tinjauan karya sastra Indonesia.

1. Mengetahui Tujuan Penulisan

tujuan membuat teks essay 1
sumber gambar: hult.edu

Cara Membuat Essay yang pertama yaitu mengetahui tujuan penulisan terlebih dahulu. Ketika kita sudah mengetahui tujuan penulisan, maka kita akan mudah dalam menemukan sebuah gagasan dan format essay yang tepat.

Salah satu jenis essay akademik yang sering digunakan yaitu essay argumentatif. Essay tersebut sering digunakan sebagai tugas sekolah maupun kuliah.

Tujuan dari essay argumentatif yaitu memberikan sudut pandang terhadap persoalan dengan penelitian atau tinjauan pustaka.

2. Membuat Kerangka Tulisan

Setelah mengetahui tujuan penulisan, buatlah kerangka tulisan dimana menjadi tempat untuk menuangkan gagasan dalam bentuk diagram maupun daftar kalimat yang singkat.

Agar dapat mengembangkan gagasan, penulis perlu membaca dan mengakses informasi. Selain buku, Anda juga dapat membaca artikel di internet yang dapat menjadi inspirasi.

3. Mengembangkan Essay Sesuai Struktur

Essay yang baik dan berkualitas yaitu memiliki struktur yang jelas sehingga pembaca dapat dengan mudah memahami isi dari essay. Struktur essay biasanya terbagi menjadi dua bagian yaitu tesis dan argumentasi.


Tesis dirangkai menjadi paragraf pertama yang berisi tentang gagasan-gagasan utama. Sedangkan argumentasi meliputi alasan dan bukti yang mendukung dari tesis. Argumentasi-argumentasi tersebut yang menjadi paragraf pengembang essay.

4. Memastikan Setiap Paragraf mempunyai Kalimat Topik

topik paragraf teks essay
sumber gambar: hartattack.com

Setelah berhasil mengembangkan essay sesuai struktur, baca kembali essay yang sudah dibuat untuk memastikan bahwa setiap paragraf mempunyai kalimat topik.

Kalimat topik merupakan kalimat yang mewakili fokus dari argumentasi yang ingin disampaikan dan menjadi informasi yang penting.

5. Memilih Kosakata yang Formal dan Objektif

Selanjutnya yaitu memilih kosakata yang formal dan objektif. Hindari pemilihan kata yang tidak baku, emosional dan memuat pendapat pribadi. Karena essay akademik harus menggunakan gaya bahasa yang formal dan objektif.

6. Menggunakan Bukti dan Contoh yang Efektif

bukti contoh teks essay
sumber gambar: Scribendi

Essay merupakan hasil dari penelitian sehingga essay yang dibuat harus memiliki bukti dan contoh yang efektif. Setiap tulisan yang ada di essay harus bisa dipertanggungjawabkan.

Argumentasi yang disertakan dengan bukti-bukti akan membuat pembaca lebih yakin dengan argumentasi Anda. Bukti-bukti tersebut dapat berupa pernyataan dari penulis akademik lain maupun para pakar yang telah dikutip dari buku maupun jurnal ilmiah.

7. Menggunakan Kata Transisi untuk Menghubungkan Gagasan

Kata transisi akan menciptakan gagasan yang telah dirangkai menjadi saling berhubungan antara satu dengan yang lain secara menyeluruh. Ada banyak pilihan kata transisi yang bisa disesuaikan dengan kalimat pada argumentasi tersebut.

Misalnya “akan tetapi” atau “di sisi lain” untuk peralihan pernyataan yang bertentangan, “oleh sebab itu” dapat digunakan sebagai penanda sebab akibat. Selain itu, kata transisi juga mengarahkan sebuah alur gagasan agar  lebih mengalir dan menarik untuk dibaca.

Cara Membuat Essay sebenarnya cukup mudah dan menghasilkan essay yang tetap sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan.

Untuk menghasilkan essay yang lebih bagus dan berkualitas, Anda harus melalui proses belajar dan kebiasaan. Kemampuan menulis akademik pun akan membantu seseorang menjadi lebih berpikir kritis dan kreatif.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *