Definisi Umum Voli

Definisi bola voli merupakan suatu cabang permainan dalam olahraga yang dapat dimainkan oleh dua buah grup yang masing masing saling berlawanan.

Masing masing grup mempunyai member sebanyak 6 orang pemain dengan jalan permainan yang bervariasi. Dalam permainan olahraga bola voli, terdapat beberapa variasi permainan dimana masing masing grup dapat diisi oleh 2 orang pemain saja.

Bola voli mempunyai suatu federasi khusus yang dinamakan Federation Internationale de Volleyball (FIVB) sebagai sebuah induk organisasi internasional dan Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) sebagai sebuah induk organisasi permainan bola voli yang ada di Indonesia.

Bola voli saat ini menjadi salah satu permainan olahraga yang banyak digemari oleh berbagai kalangan di seluruh dunia sebanding dengan sepak bola dan permainan bola basket.

Definisi Voli Menurut Ahli

Menurut seorang ahli bernama Mahfud Irsyada, pengertian bola voli adalah jenis permainan beregu yang melibatkan lebih dari satu orang pemain. sedangkan menurut Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI), bola voli adalah sebuah jenis olahraga permainan yang dapat dimainkan oleh 2 buah tim dalam lapangan yang dipisah menggunakan net berupa jaring.

Permainan bola voli bertujuan untuk melewatkan bola diatas net dengan ketinggian tertentu agar dapat jatuh tepat menyentuh lantai milik lawan dan setiap tim akan diberikan kesempatan memperoleh 3 kali pantulan untuk mengembalikan bola yang bersangkutan.

Sejarah Permainan Bola Voli

Pada awal ditemukan, bola voli disebut sebagai mintonette yang ditemukan oleh seorang pendidik dalam hal jasmaniah bernama William G. Morgan di Amerika Serikat. Olahraga Mintonette sebagai cikal bakal permainan bola voli merupakan sebuah olahraga yang mengkombinasikan beberapa permainan fisik.

Lebih tepatnya, mintonette diciptakan dengan empat macam olahraga permainan dalam sebuah sajian olahraga jenis baru, yaitu basket, baseball, tenis, dan bola tangan atau handball. Awalnya, permainan ini diciptakan untuk anggota Young Men’s Christian Association (YMCA) yang tidak muda lagi, sehingga permainan ini tidak seaktif bola basket.

Perubahanmintonette menjadi bola voli pada tahun 1896, berawal dari adanya undangan dari Dr. Luther Halsey Gulick untuk Morgan guna menampilkan permainan baru yang diciptakannya pada stadion kampus. Morgan membawa dua buah tim dimana masing-masing tim beranggotakan 5 orang.

Morgan menjelaskan bahwa permainan tersebut merupakan jenis permainan yang daat dimainkan baik di dalam maupun luar ruangan. Menurut penjelasannya tersebut, pemainan juga dapat dimainkan banyak pemain. Tidak ada batasan jumlah pemain dalam permainan bola voli tersebut. Adapun sasaran permainan bola voli adalah untuk tetap mempertahankan bola agar tetap terus dapat bergerak melewati net dari satu wilayah ke wilayah milik lawan.

Alat Bola Voli

Sarana dan prasarana yang digunakan dalam permaian bola voli diantaranya adalah :

1. Lapangan Permainan

Ukuran lapangan permainan bola voli yang umumnya digunakan adalah berukuran 9 x 18 meter dengan garis batas serang pemain belakang berjarak sekitar 3 meter dari garis tengah. sedangkan garis tepi lapangan sepanjang 5 meter keliling lapangan.

2. Bola

Bola dalam bola voli haruslah mempunyai diameter sekitar 65 hingga 67 cm dengan berat antara 260 hingga 280 gram. bola tersebut harus diisi tekanan sedemikian rupa sehingga berada dalam kisaran angka 0.30 hingga 0.325 kg per cm persegi.

3. Net

Tinggi net dalam permainan bola voli putra adalah 2,43 meter, sedangkan untuk putri berada pada ketinggian sekitar 2,24 meter.

Cara Bermain Bola Voli

Cara bermain bola voli yang pertama kali adalah membentuk tim yang terdiri dari 6 orang pemain terlebih dulu. karena bola voli adalah olahraga perlawanan, maka harus terdapat 2 tim yang beranggotakan masing masing 6 orang. Setiap tim tersebut harus berlomba untuk mencapai angka skor tertinggi sebanyak 25 terlebih dulu.

Terdapat 4 peran yang harus dimainkan oleh para pemain dalam olahraga bola voli, yaitu tosser / setter, spiker / smasher, libero, dan juga defender / pemain bertahan. Tosser atau setter atau pengumpan mempunyai tugas mengumpankan bola kepada rekan timnya dan mengatur permainan timnya. Spiker bertugas untuk memukul bola supaya jatuh tepat di daerah pertahanan milik lawan.

Libero adalah pemain bertahan yang bisa keluar masuk namun dilarang untuk men-smash ke daerah wilayah lawan seberang net.

Sedangkan defender merupakan pemain bertahan yang bertugas menerima serangan dari pihak lawan. Dalam permainan bola voli, dituntut adanya kemampuan otak yang sangat prima terutama bagi pemain yang berperan sebagai tosser karena harus mengatur jalannya permainan.

Tosser juga harus mampu mengambil keputusan dengan cepat karena dialah yang menentukan apa yang harus diperbuat dengan bola yang ada dalam penguasaannya. semuanya itu dilakukan selama sepersekian detik saja sebelum bola berada dalam kondisi jatuh ke lapangan sepanjang permainan masih berlangsung.

Aturan Permainan Voli

Aturan permainan dalam bola voli adalah :

  1. Apabila pihak lawan dapat memasukkan bola ke daerah lawannya lagi, maka tim anda akan kehilangan bola dan tim lawan akan mendapat tambahan nilai.
  2. Serve yang dilakukan oleh pemain harus melewati net serta masuk dalam daerah lawan. jika tidak, maka tim lawanlah yang akan mendapat tambahan nilai.

Sistem Pertandingan Voli

Sistem pertandingan dalam bola voli adalah setengah kompetisi yang terdiri atas 8 tim dan terbagi menjadi dua grup. Setiap tim terdiri dari 10 pemain dengan pembagian 6 orang pemain bermain di lapangan sebagai pemain inti dan 4 orang sebagai pemain cadangan. Tidak ada aturan yang membatasi jumlah pergantian pemain.

Namun, pertandingan voli ini akan langsung ditunda jika salah satu atau lebih anggota timnya sedang bermain untuk cabang olahraga yang lainnya. Jumlah pemain bola voli minimum yang ada di lapangan berjumlah 4 orang saja. Jika kurang, maka tim yang bersangkutan akan langsung dianggap kalah. Setiap pertandingan akan dilangsungkan dalam 3 babak kecuali jika dalam 2 babak pertama sudah dapat ditentukan tim mana yang akan menjadi pemenangnya.

Sistem perhitungan yang dipakai adalah 25 point. jika poin pertama seri, maka pertandingan akan ditambah 2 poin dan peserta yang pertama kali mendapatkan poin terbanyak akan memenangkan pertandingan. Jika dua tim memperoleh nilai yang sama, maka penentuan juara grup dan runner upnya dilihat dari tim mana yang berkualitas pada tiap tingkatan set yang dimainkan.

Setiap tim diwajibkan untuk saling bertukar sisi lapangan tiap babak berakhir. Kemudian, sebelum babak atau set ke-3, tim yang memperoleh nilai terendah dapat meminta untuk bertukar lapangan sesaat setelah tim lawan mencapai angka 13. Time out dalam bola voli hanya ada 1 kali per babak dan berlangsung selama 1 menit.

Teknik Dasar Voli

Beberapa teknik dasar yang setidaknya harus dikuasai oleh pemain dalam permainan bola voli diantaranya adalah teknik servis, passing, smash atau spike, bloccking atau membendung, dan kedudukan dari para pemain.

Teknik servis pada permainan bola voli di jaman sekarang bukanlah penentu awal dari suatu pertandingan, namun lebih pada adanya suatu serangan yang pertama bagi tim yang melakukan servis. servis sendiri bisa terdiri atas servis tangan atas dan servis tangan bawah.

Sedangkan servis tangan bawah dapat dibedakan lagi menjadi beberapa teknik, diantaranya adalah tennis servis, floating, dan cekis. untuk teknik passing, dapat dibagi menjadi teknik passing atas dan teknik passing bawah dengan posisi pukulan yang berbeda satu sama lain.

Sedangkan smash adalah membentuk suatu serangan berupa pukulan pada bola voli yang sangat keras saat bola berada di atas jaring atau net untuk dimasukkan ke dalam daerah milik lawan.

Guna menghasilkan pukulan smash yang baik, perhatikan titik awalan, tolakan, pukulan sekaligus pendaratan yang baik. untuk teknik bloccking adalah suatu usaha dalam membendung serangan lawan berupa smash agar bola tidak masuk ke wilayahnya dan tidak menghasilkan poin.

Cari Artikel di Sini