Teks Eksplanasi Berbagai Fenomena Nyata

3 min read

definisi teks eksplanasi

Contoh teks eksplanasi sangat dibutuhkan untuk menambah pengetahuan bagi siswa yang belum menguasai materi tersebut dari penjelasan di sekolah.

Saat ini materi tersebut dipelajari baik oleh siswa SMP maupun siswa Sma dan sederajat. Jenis teks ini dapat dikatakan lebih sulit dibandingkan dengan jenis teks lainnya.

Oleh karena itu, untuk menguasai materi teks eksplanasi ini dibutuhkan pemahaman tentang ciri, struktur dan memperbanyak contoh teks eksplanasi.

Pengertian Teks Eksplanasi

apa itu teks eksplanasi
apa itu teks eksplanasi – Lifehack

Jika dilihat dari asal katanya, eksplanasi memiliki arti penjelasan. Apa itu teks eksplanasi? Teks eksplanasi berisi tentang penjelasan mengenai bagaimana sebuah peristiwa terjadi atau hubungan antara sebab akibat dalam sebuah kejadian.

Menurut pendapat para ahli, teks eksplanasi berfungsi untuk menjelaskan berbagai fenomena sosial ataupun fenomena alam.

Sedangkan menurut Mahsun, teks eksplanasi memiliki beberapa bagian yaitu pernyataan umum, interpretasi, dan penjelasan.

Dengan pendapat tersebut, teks eksplanasi dapat dikembangkan dengan struktur yang jelas. Dalam perkembanganya, eksplanasi dapat disusun berdasar fenomena alam, budaya dan lain sebagainya.

Karena luasnya teks eksplanasi tersebut, menciptakan kesulitan dan kesalahpahaman untuk membedakan teks eksplanasi dan teks lain.

Untuk itu, dibutuhkan adanya penjelasan tentang ciri-ciri teks eksplanasi agar lebih mudah menuliskan dan menjelaskan fenomena yang akan diangkat dan dibahas.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Untuk memahami teks eksplanasi, berikut ini adalah ciri-ciri teks eksplanasi yang mudah untuk dipahami.

1. Informasi dalam teks eksplanasi adalah peristiwa yang nyata

eksplanasi fakta
eksplanasi fakta – anazun12.wordpress.com

Ciri teks eksplanasi yang paling umum adalah informasi yang dijadikan merupakan peristiwa yang nyata dan didukung dengan beberapa fakta.

Bagi penulis teks eksplanasi dapat memberikan pengertian dan penjelasan dari fenomena yang singkat. Penjelasan tersebut akan dijadikan sebagai bukti bahwa fenomena tersebut memang terjadi dan bermanfaat untuk memberikan gambaran sebab akibat bagi pembaca.

2. Teks Mengandung Unsur Ilmu Pengetahuan

Adapun ciri yang kedua adalah adanya unsur pengetahuan di dalam teks eksplanasi. Mengingat jenis teks ini membahas tentang peristiwa yang nyata, maka dalam menjelaskan sebab dan akibat peristiwa tersebut harus menggunakan dasar ilmu yang jelas.

Misalnya menjelaskan tentang kelahiran, maka akan berkaitan dengan ilmu pengetahuan alam yaitu biologi.Ilmu pengetahuan alam memmungkinkan ptema paling banyak untuk dijadikan teks eksplanasi.

Hal itu karena ilmu pengetahuan alam memiliki banyak kata ilmiah untuk dijelaskan secara lebih rinci. Selain itu. Fenomena lain yang dapat diangkat dalam teks eksplanasi adalah fenomena sosial.

3. Bersifat Informatif dan Tidak Mempengaruhi Pembaca

eksplanasi ilmu
eksplanasi ilmu – University of Bath Blogs – Bath

Ciri yang selanjutnya adalah bersifat informatif tetapi tidak mempengaruhi pembaca. Dalam teks eksplanasi, penulis dapat memberikan penjelasan tentang sebab akibat terjadinya fenomena.


Tetapi penulis harus bersifat netral dan tidak boleh mempengaruhi pembaca untuk membenci ataupun menghukum salah satu pihak. sebaiknya  penulis memberikan informasi dan membebaskan membaca untuk menyimpulkan hal-hal yang terjadi.

4. Memanfaatkan Kata Untuk Mengurutkan Kejadian

Ciri yang selanjutnya adalah menggunakan kata untuk mengurutkan kejadian seperti kemudian, lalu, setelah itu dan lain sebagainya.

Kata-kata tersebut berfungsi untuk menjelaskan urutan kejadian yang terjadi serta menginformasikan sebab akibat. Penggunaan subjek manusia sebaiknya dihindari dalam penulisan teks eksplanasi.

Dalam teks ini, pembahasan tentang manusia sebagai pelaku harus diminimalisir, terutama tentang topik kejadian alam. alasanya adalah karena fenomena yang dibahas seolah sebuah kejadian yang saintifik serta terjadi karena hubungan sebab akibat di alam.

Kaidah Bahasa Teks Eksplanasi

Kaidah kebahasaan adalah ciri bahasa teks eksplanasi dari segi pemilihan kata serta penyusunan kalimat. Berikut ini adalah beberapa karakter bahasa yang dapat dijadikan sebagai teks eksplanasi.

1. Kalimat Pasif

Kalimat pasif pada biasanya menggunakan awalan di, ter dan kata ganti predikatnya seperti tertangkap, dikejar, dipanaskan, tergerus dan lain sebagainya.

Penggunaan kalimat pasif bertujuan untuk mengurangi subjek manusia serta mengalihkan fokus atas peristiwa yang terjadi.

Kalimat ini juga berfungsi untuk menegaskan bahwa peristiwa yang terjadi merupakan ketidaksengajaan dan terjadi secara ilmiah.

2. Konjungsi Waktu dan Kausal

eksplanasi timeline
eksplanasi timeline – howstuffworks.com

Konjungsi adalah kata hubung dan kausal yaitu sebuah sebab. Konjungsi kausal biasa dipahami sebagai kata penghubung yang berfungsi untuk menyatakan sebab akibat. Adapun yang termasuk dalam konjungsi kausal yaitu jika, arena, demikian, jika dan lain sebagainya.

Sedangkan konjungsi waktu adalah kata hubung yang berhubungan dengan waktu seperti sesudah, sebelum, selesai, sehingga dan lain sebagainya.

Konjungsi kausal dan konjungsi waktu digunakan secara bergantian sesuai dengan profesi yang sukar pada teks eksplanasi.

3. Menggunakan istilah Ilmiah

Istilah ilmiah  dalam teks eksplanasi bertujuan untuk menjelaskan fenomena yang terjadi sesuai dengan disiplin ilmu yang terkait. Dalam teks eksplanasi juga diperbolehkan menggunakan bahasa asing.

Tetapi akan lebih baik jika dijelaskan dengan menggunakan bahasa Indonesia agar pembaca lebih mudah memahami informasi yang diberikan.

4. Bersifat Informatif

eksplanasi informasi
eksplanasi informasi – genifratama.com

Hal ini menjadi salah satu yang paling penting dalam teks eksplanasi. Tujuan utama dari pembuatan teks eksplanasi ini adalah untuk memberikan informasi dan penjelasan mengenai sebuah peristiwa alam atau fenomena tertentu.

Oleh karena itu, setiap kalimat yang digunakan dalam teks harus mengandung informasi bagi pembaca. Dengan adanya unsur teks eksplanasi ini, pembaca dapat menemukan informasi baru yang menambah pengetahuan.

Materi tentang pembuatan contoh  teks eksplanasi perlu diajarkan sejak anak-anak memasuki usia sekolah. Dengan begitu pada masa yang akan datang mereka lebih mampu untuk menyusun teks yang bermanfaat bagi pembaca.

Semakin banyak informasi yang dibuat dan disebarkan menggunakan teks eksplanasi, maka semakin mudah pula bagi masyarakat untuk mendapatkan ilmu baru setiap harinya.

Originally posted 2019-09-13 16:15:22.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *