Info Lengkap SNMPTN

2 min read

info lengkap snmptn

Tertarik untuk mengikuti jalur SNMPTN tahun depan? Jika iya, maka ketahui syarat, biaya dan alur pendaftaran yang harus Anda persiapkan.

Bicara tentang seleksi ujian masuk perguruan tinggi, ada beberapa jalur yang bisa dipilih oleh para calon mahasiswa salah satunya adalah SNMPTN.

Mungkin sebagian dari Anda sudah tidak begitu asing dengan beberapa seleksi masuk perguruan tinggi negeri yang diselenggarakan setiap tahunnya ini.

Perlu diingat bahwa terdapat 3 jalur seleksi yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan, mulai dari SBMPTN, SNMPTN hingga Jalur Mandiri.

Sebenarnya perbedaan dari ketiga jalur tersebut terdapat pada pembiayaan, syarat pendaftaran, jadwal pelaksanaan dan pengumuman. Lalu apa itu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN? Simak ulasan lengkapnya berikut.

Apa itu SNMPTN?

apa itu snmptn
apa itu snmptn (ristek dikti)

SNMPTN atau UM SNMPTN adalah salah satu seleksi penerimaan mahasiswa baru Perguruan tinggi Negeri yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.

Seleksi Nasional Masuk perguruan Tinggi (SNMPTN) ini pertama kali diselenggarakan oleh Ditjen Dikti pada tahun 2008. Perlu diketahui, jalur seleksi SNMPTN ini terbagi menjadi dua jalur yakni SNMPTN undangan dan SNMPTN ujian tulisan.

Untuk SNMPTN Undangan ini menggunakan nilai rapor untuk mempertimbangkan apakah mahasiswa tersebut diterima atau tidak.

Namun pada tahun 2013, istilah SNMPTN Tulis diubah menjadi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) hingga tahun 2019.


Sedangkan untuk SNMPTN jalur undangan diubah menjadi SNMPT (tanpa menggunakan kata undangan). Untuk masalah biayanya sendiri, biaya UM SNMPTN tidak dipungut biaya apapun atau gratis. Biaya seluruhnya di tanggung oleh pemerintah sepenuhnya.

Karena SNMPTN merupakan jalur undangan atau menggunakan nilai report dalam pertimbangan utamanya, maka tahun 2016 dibuat kebijakan baru.

Kebijakan baru yang dibuat tersebut berkaitan dengan kriteria calon peserta yang dikatakan memiliki prestasi unggulan. Calon peserta yang dimaksud harus masuk peringkat terbaik di sekolah pada semester 3, semester, 4 dan juga semester 5. Yang mana ketentuan atau kebijakan tersebut berdasarkan dari akreditasi sekolah, sebagai berikut.

  • Akreditasi A, 75% terbaik di sekolahnya
  • Akreditasi B, 50% terbaik di sekolahnya
  • Akreditasi C, 20% terbaik di sekolahnya
  • Akreditasi lainnya, 10% terbaik di sekolahnya

Syarat UM SNMPTN

syarat masuk snmptn
syarat masuk snmptn (IDN Time)

Ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapi oleh pihak sekolah dan calon peserta ujian ketika mendaftar jalur SNMPTN tersebut. Setiap tipe ujian UM SNMPTNpasti dibebankan oleh persyaratan ini.  Berikut ini akan dijabarkan beberapa syarat UM SNMPTNyang harus dilengkapi.

1. Persyaratan Sekolah

syarat sekolah snmptn
syarat sekolah snmptn (MAN 1 Kota Kediri)

Sekolah yang siswanya berhak mengikuti seleksi jalur SNMPTN, yakni

  • SMA/MA/SMK yang memiliki NPSN
  • Mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS)

2. Persyaratan Siswa Pendaftar

syarat siswa snmptn
syarat siswa snmptn (liputan6.com)

Untuk siswa pendaftar yang berhak untuk mengikuti jalur seleksi SNMPTNadalah

  • Siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2020 yang memiliki prestasi akademik yang unggul.
  • Memiliki NISN yang sudah terdaftar di PDSS
  • Memiliki nilai rapor semester 1 sampai dengan 5 yang diisikan oleh sekolah PDSS atau memiliki nilai rapor semester 1 sampai dengan 7 bagi SMK dengan masa belajar selama empat tahun.
  • Memiliki prestasi akademik yang telah memenuhi persyaratan yang mana ditentukan oleh masing-masing PTN

Jadwal dan Alur Pendaftaran

jadwal daftar snmptn
jadwal daftar snmptn (anakUI.com)

Setelah mengetahui syarat pendaftaran, maka selanjutnya perlu mencari tahu jadwal dan juga alur pendaftarannya. Perlu diketahui bahwa jadwal pendaftaran SNMPTN setiap tahunnya berbeda-beda, oleh karena itu ada baiknya untuk selalu mengecek situs resminya.

Sedangkan untuk alur pendaftarannya sendiri yakni

  1. Pengisian dan Verifikasi PDSS (15 Januari – 8 Februari 2020)
  2. Pemeringkatan (15 Januari – 8 Februari 2020)
  3. Pengumuman hasil Pemeringkatan (20 Januari – 9 Februari 2020)
  4. Pendaftaran SNMPTN (14 – 27 Februari 2020)
  5. Pengumuman SNMPTN (4 April 2020)

Pendaftaran SNMPTN

syarat berkas snmptn
syarat berkas snmptn (tribun)

Berikut ini cara daftar SNPMTN yang perlu dicatat:

  1. Siswa menggunakan NISN dan juga password untuk login ke situs resmi SNMPTN 2020 http://web.snmptn.ac.id untuk pendaftaran
  2. Siswa mengisi form biodata, pilihan PTN, dan juga program studi, lalu meng-unggah pas foto sesuai ketentuan dan dokumen prestasi jika ada.
  3. Siswa yang mengambil program studi bidang seni dan juga olahraga harus mengunggah portfolio serta dokumen bukti keterampilan yang sudah disahkan oleh Kepala Sekolah. Unduh pedomannya di laman http://www.snmptn.ac.id.
  4. Siswa mencetak Kartu Bukti Pendaftaran untuk tanda bukti sudah mendaftar SNMPTN. Nantinya, peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok ujian untuk mempermudah seleksi.

Sebelum menentukan pilihan SNMPTN dan Program studi, ada baiknya Anda sudah mengetahui bakat dan minat Anda di mana. Demikian tadi merupakan informasi mengenai SNMPTN.

Jika Anda memerlukan informasi lebih detail, kunjungi saja situs resminya secara langsung. Semoga bermanfaat!


2 Replies to “Info Lengkap SNMPTN”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *