Karya Tulis Ilmiah merupakan karya tulis yang dibuat untuk memecahkan suatu permasalahan yang telah dilandasi dengan teori dan metode ilmiah. Ada berbagai jenis karya tulis ilmiah sesuai dengan tingkat pendidikan Anda.

Pengertian Karya Tulis Ilmiah

Karya Tulis Ilmiah disusun berdasarkan fakta, bersifat objektif, sistematis dan logis. Definisi karya tulis ilmiah adalah sebuat karya tulis yang berisi suatu permasalahan dan diungkapkan dengan metode ilmiah sesuai dengan kaidah penulisan karya ilmiah tertentu.

Karya tulis ilmiah tidak boleh bersifat emosional dan personal. Selain itu, dalam penggunaan bahasa yaitu dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baku sesuai dengan kaidah EYD.

Untuk mendapat kelogisan, peneliti harus memiliki landasan teori  yang kuat sehingga karya tulis tidak menyimpang dari disiplin ilmu tertentu.

Tujuan utama dari penulisan Karya Tulis Ilmiah yaitu untuk memberitahukan kepada para pembaca mengenai masalah dan untuk menemukan jawaban masalah tersebut. Selain itu, karya ilmiah juga menjadi jalan untuk membuktikan kebenarannya.

Jenis Karya Tulis

Jenis-Jenis Karya Tulis Ilmiah yaitu :

1. Makalah

contoh cover makalah

contoh cover makalah

Karya ilmiah yang menyajikan suatu masalah yang pembahasannya memerlukan studi secara langsung maupun tidak langsung. Studi dilakukan dengan kajian pustaka, buku, suatu masalah, atau analisis fakta.

2. Laporan Penelitian

Karya ilmiah yang dibuat oleh seseorang yang melakukan penelitian, wawancara, pengamatan dan sebagainya.

3. Skripsi

Karya Ilmiah yang mengemukakan pendapat penulis berdasarkan observasi yang dilakukan. Karya ilmiah ini ditulis oleh mahasiswa tingkat strata 1 untuk memperoleh gelar sarjana.

4. Tesis

Karya ilmiah yang sifatnya lebih mendalam dari Skripsi. Tesis dibuat oleh mahasiswa strata 2 untuk memperoleh gelar magister

5. Disertasi

Karya ilmiah yang mengemukakan suatu dalil atau penyataan yang dapat dibuktikan. Disertasi dibuat dan disusun oleh mahasiswa strata 3 untuk memperoleh gelar doktor.

Fungsi Karya Tulis Ilmiah yaitu :

  1. Karya Tulis Ilmiah dapat menjadi suatu karya yang menjelaskan suatu hal yang sebelumnya belum atau tidak diketahui, tidak pasti, tidak jelas, menjadi jelas, pasti, dan jelas.
  2. Karya Ilmiah dapat membantu mengantisipasi kemungkinan yang akan terjadi di masa yang akan datang.
  3. Adanya karya tulis ilmiah juga berguna untuk mengmbangkan ilmu pengetahuan dan mempraktekan prosedur ilmiah bagi seorang peneliti.
  4. Karya tulis ilmiah juga mampu mengontrol, mengawasi, dan mengoreksi atas suatu hal mengenai benar tidaknya suatu pernyataan.
  5. Karya Tulis Ilmiah menjadi alat untuk mengembangkan pengetahuan sebagai bahan pustaka.

Struktur penulisan Karya Tulis Ilmiah :

  • Judul
  • Pendahuluan
  • Kerangka Teoritis
  • Metodologi Penelitian
  • Isi dan Pembahasan
  • Kesimpulan dan Saran
  • Daftar Pustaka

Tips Menulis Karya Tulis Ilmiah

1. Pahami Struktur Karya Tulis Ilmiah

struktur skripsi

struktur skripsi – slideplayer

Tips pertama yaitu memahami struktur karya tulis ilmiah yang benar. Anda juga perlu memperhatikan apa saja yang harus ada dan tidak diperbolehkan dalam karya ilmiah.

2. Menentukan Judul dan Membatasi Masalah

contoh judul skripsi

contoh judul skripsi – makalah.id

Tips selanjutnya yaitu Anda harus menentukan judul dan membatasi masalah. Sehingga isi dan pembahasan Anda tidak terlalu lebar dan isi tidak sesuai dengan judul.

3. Banyak membaca

perbanyak membaca

perbanyak membaca – tempo

Sebaiknya anda juga gemar membaca buku, terutama buku atau sumber yang berkaitan dengan karya ilmiah yang akan ditulis.

4. Menulis apa yang dipikirkan

perbanyak menulis

perbanyak menulis – hipwee

Selanjutnya yaitu menulis apa yang Anda pikiran baik dari hasil pengamatan yang dilakukan.

Ada berbagai jenis Karya Tulis Ilmiah sesuai dengan kemampuan atau pendidikan. Untuk membuat karya tulis yang bagus dan sesuai, sebaiknya perhatikan struktur dalam penulisan. Sehingga tidak ada bagian yang kurang dari karya ilmiah tersebut.