Contoh Proposal Usaha Makanan

Contoh proposal usaha makanan kurang lebih sama dengan proposal usaha di bidang lainnya.

Beberapa poin penting yang harus ada, adalah visi misi usaha, tujuan pendirian usaha, gambaran umum usaha yang akan dibentuk, perencanaan usaha secara detail, serta strategi pemasarannya.

Contoh proposal usaha dapat anda buat seperti format berikut:

BAB I PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Usaha di bidang makanan adalah sebuah usaha bisnis yang memiliki peluang paling besar ketimbang bisnis di bidang yang lain.

Hal in dikarenakan beberapa faktor, diataranya: makanan adalah sesuatu yang akan terus dicari orang, dan sangat memungkinkan pembeli akan kembali membeli lagi ketika ia puas dengan produk makanan yang dijual.

Hal ini tentu saja berbeda dengan usaha di bidang lain seperti fashion maupun alat-alat elektronik. Kedua, makanan juga barang yang relatif murah ketimbang produk lain.

Hanya saja, peluang bisnis ini tentu perlu dibarengi dengan kreativitas yang memadahi, karena kian waktu persaingan dalam bidang ini menjadi semakin ketat.

2. Visi dan Misi Usaha

Mengembangkan produk kuliner khas daerah dengan representasi modern untuk menarik atensi pembeli

3. Tujuan Pendirian Usaha

  • Mengenalkan produk khas daerah dengan tampilan yang lebih menarik
  • Menjalin relasi dengan pelanggan
  • Berburu pengalaman
  • Mendapatkan laba/ keuntungan

4. Gambaran Umum Usaha

Getuk merupakan makanan tradisional indonesia, yang namanya kini mulai asing di telinga anak muda. Tak heran, karena getuk masih belum banyak di jual di pasar yang luas, dalam artian bahwa gethuk sering kali hanya bisa ditemukan di pasar tradisional, yang mana anak muda zaman sekarang sangat jarang yang menginjakkan kaki di pasar tradisional. Hal ini sangat disayangkan, karena gethuk memiliki citarasa yang sangat enak.

Untuk itu, bisnis yang akan dikembangkan adalah bagaimana memasarkan gethuk sehingga dapat dijamah oleh masyarakat yang lebih luas.

BAB II PERENCANAAN

1. Strategi Produk

Untuk mendukung penjualan barang dan jasa yang ditawarkan, perlu adanya kebijaksanaan mengenai produk atau jasa yang ditawarkan. Produk yang dijual menjadi faktor paling dominan dalam menentukan sukses atau tidaknya sebuah usaha bisnis.

Hal ini menunjukkan bahwa konsumen tetap mengutamakan kualitas dari sebuah produk. selain itu, kinerja dan fitur yang inovatif juga mempengaruhi.

Maka berdasarkan konsep berpikir diatas, strategi pemasaran difokuskan pada perbaikan dan koreksi produk secara berkelanjutan. Perlu adanya komitmen kuat dalam menjaga kualitas produk dan bahkan terus meningkatkannya.

Meski demikian, hanya berfokus pada peningkatan kualitas produk saja tidak cukup. Perlu meningkatkan kualitas lain seperti misalnya meningkatkan promosi produk.

Strategi produk yang diusung, adalah dengan membuat representasi gethuk menjadi produk yang berbau anak muda. Hal ini dilakukan dengan membuat varian berbagai macam gethuk menjadi lebih modern dengan berbagai isian seperti coklat, strawberi, maupun kacang.

2. Strategi Penetapan harga

Menetapkan harga barang maupun jasa yang dijual dengan tepat adalah salah satu strategi kunci di berbagai bidang bisnis karena adanya persaingan global yang terus meningkat. Harga sangat mempengaruhi sudut pandang pembeli juga mempengaruhi kinerja keuangan. Harga selalu menjadi pertimbangan pembeli terhadap produk yang akan dibeli.

Sebenarnya ada beberapa strategi penetapan harga yang dapat diterapkan, yaitu:

  1. Menerapkan strategi penetapan harga sederhana dengan harga murah
  2. Menggunakan kebijakan harga berdasarkan biaya jasa yang diberikan pada konsumen
  3. Mengurangi biaya operasional
  4. Meyakinkan pemerintah agar lebih mengutamakan usaha dalam negeri

Mengenai harga yang ditentukan, kami menyesuaikan dengan target pasar yang kami incar, yaitu anak muda, maka penetapan harga yang dibuat adalah disesuaikan dengan kantong anak muda jaman sekarang.

3. Strategi Promosi


Strategi adalah alat untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan tujuan jangka panjang, program tindak lanjut, dan prioritas alokasi sumber daya.

Promosi adalah arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan menciptakan pertukaran dalam pemasaran. Strategi promosi menurut Moekijat (2000 : 443) adalah kegiatan perusahaan untuk mendorong penjualan dengan mengarahkan komunikasi yang meyakinkan pada para pembeli.

Sedangkan menurut Lamb, Hair, McDaniel (2001 : 146) adalah rencana untuk menggunakan elemen-elemen promosi secara optimal melalui periklanan, hubungan masyarakat, penjualan pribadi, dan promosi penjualan.

Kesimpulannya, dapat dikatakan bahwa strategi promosi adalah kegiatan yang direncanakan dengan baik untuk membujuk dan merangsang konsumen agar mau membeli produk perusahaan, sehingga tujuan untuk meningkatkan omzet dapat tercapai dengan baik.

Kami akan membuat offline store bernuansa cafe, sehingga sesuai untuk nongkrong anak muda. Selain itu, untuk memperluas pelanggan, kami juga akan membuat berbagai akun di media sosial seperti instagram, facebook, maupun twitter.

4. Strategi Distribusi/ penentuan lokasi

Proses distribusi perlu dilakukan dengan baik karena distribusi insentif memungkinkan memerlukan penetapan harga yang kompetitif ketimbang distribusi selektif atau eksekutif. Situasi penetapan harga meliputi:

  1. Menentukan bagaimana sebaiknya menetapkan harga atas produk baru
  2. Mengevaluasi kebutuhan untuk menyesuaikan harga produk
  3. Mengubah strategi penentuan modifikasi produk
  4. Menanggapi tekanan dan persaingan maupun ancaman-ancaman perang harga lainnya

Offline store yang direncanakan akan dibangun di daerah dekat kampus atau universitas, sehingga sesuai dengan target pasar yang diincar.

BAB III PEMASARAN

1. Segmentasi

Segmentasi pasar adalah suatu usaha untuk membagi pasar menjadi beberapa kelompok pembeli sesuai kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang seragam.

Kami menetapkan untuk memasarkan produk gethuk ini di daerah kampus UIN Sunan Kalijaga, karena gaya hidup mahasiswa disana, tidak terlalu mewah, dalam artian masih bisa menyesuaikan lidah produk lokal.

2. Penetapan Pasar/ Sasaran

Sasaran pasar yang dibidik adalah seluruh civitas yang ada di kampus tersebut, baik dosen, pegawai, mahasiswa, maupun masyarakat sekitar.

3. Positioning

Positioning adalah terciptanya gambaran yang cocok untuk menjadi alasan bagi konsumen atau pelanggan yang tertarik membeli produk. secara umum, masyarakat menyukai makanan manis sebagai cemilan.

BAB IV PENUTUP

1. Kesimpulan

Prospek penjualan getuk modern dalam uji kompetensi yang dilakukan di UIN Sunan Kalijaga dapat dikategorikan baik, karena didukung oleh kemudahan penyajian, juga kemudahan pencarian bahan baku, sehingga bisa menjual dengan harga yang menyesuaikan bidikan pasar. Pesaing yang menjual produk yang sama juga belum ada, sehingga prospek pasar luas.

Harapannya, getuk modern ini semakin dapat diterima oleh masyarakat luas karena mengusung produk tradisional indonesia dengan wajah baru yang menarik.

Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau dengan mutu dan rasa yang terjamin. Meski demikian, inovasi-inovasi baru harus terus dikembangkan, agar tidak tersaingi dan tersingkirkan dari pasar bisnis.

Download Contoh Proposal Usaha Makanan

Download DOC | Download PDF

Contoh proposal usaha makanan adalah tulisan ilmiah, maka satu hal yang tak boleh terlupakan, adalah daftar pustaka. Yap, kamu jangan lupa mencantumkan daftar pustaka untuk menghindari tuduhan plagiasi ya.

Sumber:

Originally posted 2020-11-26 09:41:34.


Leave a Comment

Tutup Iklan